Jurnal Ilmu Perpustakaan skip to main content

PENILAIAN PENGUNJUNG TERHADAP LAYANAN ARSIP STATIS DI BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

*Kano Kureta Hendro  -  Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tri Maryanto A.A  -  , Indonesia
Agustinus Supriyono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penilaian pengunjung terhadap petugas layanan di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, mengetahui penilaian pengunjung terhadap layanan arsip statis arsip di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, mengetahui penilaian pengunjung terhadap fasilitas layanan yang diberikan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Menurut Supardi, “Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan penelitian yang menekankan pada pengujian teori – teori melalui pengukuran variabel – variabel penelitian dengan angka kemudian dilakukan analisis. Pengunjung sebagai populasi dan sampel.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah penilaian pengunjung terhadap petugas layanan dibagi menjadi dua, yaitu sikap dan cara berinteraksi petugas layanan cukup ramah dan kinerja petugas layanan kurang baik. Penilaian pengunjung terhadap layanan arsip statis dibagi menjadi empat, yaitu penilaian pengunjung terhadap prosedur layanan informasi arsip sangat sesuai, biaya retribusi sangat murah, layanan kunjungan kurang sesuai, kelengkapan koleksi arsip cukup sesuai. Penilaian pengunjung terhadap fasilitas layanan dibagi menjadi dua, yaitu penyediaan fasilitas layanan sangat memadai dan sarana dan prasarana cukup maksimal. Simpulan yang didapat bahwa penilaian pengunjung terhadap layanan arsip statis di Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sangat baik dengan presentase 60%.
Fulltext View|Download
Keywords: Petugas Layanan; Layanan Arsip Statis; Fasilitas Layanan; Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah
Article Info
Section: Articles
Language : EN

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.