BibTex Citation Data :
@article{JIRUD38440, author = {Ashabil Al Ghafiqi}, title = {GASTRODIPLOMASI: STRATEGI INDONESIA DALAM MEMBANGUN NATION BRANDING DI KANCAH INTERNASIONAL}, journal = {Journal of International Relations Diponegoro}, volume = {9}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {Indonesia, Kuliner; Gastrodiplomasi; Nation Branding; Diaspora}, abstract = { Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah keadaan dunia internasional yang semakin kompleks telah menyebabkan perlu adanya improvisasi dalam berdiplomasi antar negara. Salah satu cara yang dewasa ini dapat dilakukan adalah gastrodiplomacy . Sebuah seni diplomasi yang memanfaatkan budaya kuliner negara untuk digunakan sebagai alat peningkatan citra negara ( nation branding ). Masalah yang muncul : Bagaimana strategi gastrodiplomasi Indonesia dalam membangun nation branding di kancah internasional? Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai potensi kuliner yang dapat dimanfaatkan oleh Negara Indonesia dalam rangka meningkatkan citra negara. Selain itu, untuk menganalisis pengaplikasian strategi nation branding yang dapat dilakukan Indonesia untuk meningkatkan citra negara dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi yang kemudian diperdalam dengan menggunakan konsep nation branding dan selanjutnya dianalisis menggunakan S.W.O.T. Hasil penelitian ini menunjukkan Negara Indonesia telah menjalankan berbagai strategi yang di dalamnya mengandung unsur-unsur dari dimensi nation branding . Gatrodiplomasi sendiri dilaksanakan karena dirasa menjadi strategi yang cocok untuk mengenalkan budaya Bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Dalam keberjalanan gastrodiplomasi, Indonesia sudah melakukan berbagai strategi gastrodiplomasi di mana terdapat unsur-unsur nation branding yang terkandung di dalam keberjalanan strategi Indonesia. Disarankan adanya penelitian-penelitian lanjutan mengenai bagaimana strategi-strategi lain dalam meningkatkan nation branding suatu negara dan bagaimana pengaruh dari nation branding itu sendiri. }, issn = {3063-2684}, pages = {140--152} doi = {10.14710/jirud.v9i2.38440}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jihi/article/view/38440} }
Refworks Citation Data :
Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah keadaan dunia internasional yang semakin kompleks telah menyebabkan perlu adanya improvisasi dalam berdiplomasi antar negara. Salah satu cara yang dewasa ini dapat dilakukan adalah gastrodiplomacy. Sebuah seni diplomasi yang memanfaatkan budaya kuliner negara untuk digunakan sebagai alat peningkatan citra negara (nation branding). Masalah yang muncul : Bagaimana strategi gastrodiplomasi Indonesia dalam membangun nation branding di kancah internasional? Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai potensi kuliner yang dapat dimanfaatkan oleh Negara Indonesia dalam rangka meningkatkan citra negara. Selain itu, untuk menganalisis pengaplikasian strategi nation branding yang dapat dilakukan Indonesia untuk meningkatkan citra negara dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan konsep gastrodiplomasi yang kemudian diperdalam dengan menggunakan konsep nation branding dan selanjutnya dianalisis menggunakan S.W.O.T. Hasil penelitian ini menunjukkan Negara Indonesia telah menjalankan berbagai strategi yang di dalamnya mengandung unsur-unsur dari dimensi nation branding. Gatrodiplomasi sendiri dilaksanakan karena dirasa menjadi strategi yang cocok untuk mengenalkan budaya Bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Dalam keberjalanan gastrodiplomasi, Indonesia sudah melakukan berbagai strategi gastrodiplomasi di mana terdapat unsur-unsur nation branding yang terkandung di dalam keberjalanan strategi Indonesia. Disarankan adanya penelitian-penelitian lanjutan mengenai bagaimana strategi-strategi lain dalam meningkatkan nation branding suatu negara dan bagaimana pengaruh dari nation branding itu sendiri.
Article Metrics:
Last update: