skip to main content

PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU BEAR BRAND DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN GENERASI Z DI KOTA SEMARANG

Harya Lintang Wangsadipa  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sudharto Prawata Hadi  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
*Sendhang Nurseto  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Harya Lintang Wangsadipa, Sudharto Prawata Hadi, Sendhang Nurseto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Susu Bear Brand yang telah lama dikenal di Indonesia memiliki persepsi dan kepercayaan positif dari konsumen. Namun, data penjualan dari distributor CV Gemilang Abadi Timur menunjukkan penurunan signifikan dari Oktober 2023 hingga Juni 2024, diduga akibat perubahan persepsi dan kepercayaan terhadap produk tersebut di kalangan generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada konsumen generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini bersifat eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 100 responden yang dipilih menggunakan quota sampling dengan pendekatan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan. Citra merek dan kepercayaan merek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli Penelitian ini menyarankan agar susu Bear Brand melakukan evaluasi rutin, memperkuat persepsi positif konsumen, meningkatkan kepercayaan melalui komunikasi dan keterlibatan aktif, serta mengembangkan inovasi produk dan pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Fulltext View|Download
Keywords: citra merek; kepercayaan merek; keputusan pembelian; minat beli

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.