skip to main content

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA SEMARANG)

*Joshua Joshua  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro,Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro,Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia
Ilham Ainuddin  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro,Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Joshua Joshua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh kepercayaan dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Shopee di Kota Semarang. Data menunjukkan adanya kecenderungan penurunan pengguna Shopee pada kuartal 1 2021, kuartal 2 2022, dan kuartal 4 2022 sehingga mengakibatkan penurunan pendapatan Shopee pada kuartal 1 2022 yang dapat dipengaruhi oleh menurunnya kepercayaan dan kemudahan penggunaan aplikasi Shopee. Penurunan ini ditandai oleh data komplain konsumen Shopee yang mengeluhkan produk-produk Shopee yang tidak sesuai dengan kemauan konsumen dan tampilan aplikasi Shopee yang dianggap kurang memudahkan konsumen dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling kepada 97 responden konsumen Shopee di Kota Semarang. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemudahan penggunaan aplikasi mempengaruhi keputusan pembelian pada Shopee di Kota Semarang serta memiliki korelasi yang sangat kuat pada masing-masing variabel tersebut terhadap keputusan pembelian. Variabel kepercayaan dan kemudahan penggunaan aplikasi mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Shopee di Kota Semarang dan memiliki korelasi yang sangat kuat. Saran yang diperoleh dari penelitian ini adalah Shopee perlu memperbaiki deskripsi produk agar konsumen mendapatkan produk yang sesuai, memudahkan penggunaan aplikasi Shopee agar konsumen tidak beralih ke pesaingnya, memperbaiki informasi pengiriman produk yang jelas dan Shopee perlu memperbaiki proses transaksi pembelian agar lebih mudah bagi konsumen, dengan upaya-upaya tersebut diharapkan akan memperbaiki kepercayaan dan kemudahan penggunaan aplikasi dari Shopee yang kemudian akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen Shopee di Kota Semarang.

Fulltext View|Download
Keywords: Trust;Ease of Use of Application;Purchase Decision

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.