skip to main content

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN APOTEK KIMIA FARMA DI KOTA SEMARANG

*Muhammad Aqil Fahriza  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro., Indonesia
Agung Budiatmo  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro., Indonesia
Apriatni E Prihatini  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro., Indonesia
Open Access Copyright 2025 Muhammad Aqil Fahriza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma Kota Semarang. Penurunan data penjualan selama 5 tahun terakhir yang dapat disebabkan oleh menurunnya kualitas pelayanan dan citra merek, yang juga ditandai dengan peningkatan jumlah komplain konsumen serta penurunan Top Brand Index Apotek Kimia Farma dalam periode yang sama. Penelitian eksplanatori ini menggunakan dengan teknik non-probability sampling melalui metode accidental dan purposive sampling terhadap 96 responden konsumen Apotek Kimia Farma di Kota Semarang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji validitas dan reliabilitas, analisis koefisien korelasi dan determinasi, analisis regresi linier sederhana dan berganda, serta uji t dan uji F. Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra merek memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, baik secara individu maupun bersama-sama. Saran dari penelitian ini adalah Apotek Kimia Farma di Kota Semarang perlu meningkatkan kualitas SDM pelayanan untuk memberikan respons yang cepat, tepat, dan penuh perhatian, serta melakukan edukasi product knowledge kepada karyawan. Selain itu, upaya penciptaan nilai tambah yang dapat membedakan Apotek Kimia Farma dari pesaing juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan citra merek, yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Apotek Kimia Farma Kota Semarang.
Fulltext View|Download
Keywords: Brand Image;Purchase Decision; Service Quality

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.