BibTex Citation Data :
@article{JIAB46265, author = {Muhammad Fuadi and Edy Wahyudi and Wheny Kristianto}, title = {ANALISIS STRATEGI BERSAING PADA KONVEKSI (STUDI KASUS TOKO COKRO SERAGAM BANYUWANGI)}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Di Banyuwangi, khususnya Kecamatan Genteng, persaingan usaha konveksi cukup ketat. Toko Cokro Seragam merupakan pelaku usaha dibidang ini yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan strategi bersaing yang diterapkan oleh Toko Cokro Seragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Toko Cokro Seragam telah menerapkan strategi bersaing distinctive competence dan competitive advantage , yaitu pada keahlian tenaga kerja perusahaan mengandalkan tenaga kerja berpengalaman untuk menjaga kualitas produk. Kemampuan sumber daya yang dimiliki sudah mumpuni namun pada sistem operasional perusahaan masih konvensional. Strategi keunggulan biaya dilakukan melalui efisiensi produksi dan pengelolaan bahan baku secara optimal, meskipun masih terdapat kendala dalam akses modal. Diferensiasi produk dicapai melalui kualitas produk yang unggul, pelayanan yang personal, serta penjualan produk lain diluar produksi sendiri, namun terbatas dalam promosi dan penjualan online. Strategi fokus pada produksi seragam sekolah memungkinkan pengembangan keahlian mendalam, namun memerlukan diversifikasi untuk meminimalisir risiko. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meskipun Toko Cokro Seragam memiliki kekuatan dalam hal kualitas produk dan loyalitas pelanggan, terdapat kebutuhan untuk adopsi teknologi, diversifikasi produk, dan ekspansi pasar untuk meningkatkan posisi kompetitif di industri.}, issn = {2746-1297}, pages = {910--918} doi = {10.14710/jiab.2025.46265}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/46265} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update: