skip to main content

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Suminar Ngawi)

*Alif Harbian Putra  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro,JL. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Alif Harbian Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Perkembangan persaingan bisnis di Indonesia merupakan salah satu fenomena yang menarik terutama dengan adanya globalisasi di bidang ekonomi. Tidak terkecuali usaha dalam bidang kuliner. Keputusan pembelian merupakan salah satu kunci untuk dapat meningkatkan penjualan produk di Rumah Makan. Ada banyak faktor dalam meningkatkan keputusan pembelian, yaitu kualitas produk yang ditawarkan oleh Rumah Makan harus mempunyai kualitas yang baik, selain kualitas produk Rumah Makan juga harus mempertimbangkan kualitas pelayanan, jika pelayanan semakin baik akan mempengaruhi pertimbangan pelanggan untuk melakukan keputusan pembelian atas produk ditawarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan melalui keputusan pembelian pada konsumen Rumah Makan Suminar Ngawi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan tipe penelitian explanatory research dan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Metode analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda,  uji signifikansi (uji t dan uji F) dengan menggunakan program SPSS for windows version 21,0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kualitas produk sebesar 67% menyatakan baik. Kategori kualitas pelayanan diketahui sebesar 71% menyatakan sangat baik. Keputusan pembelian diketahui sebesar 44% yang menyatakan sangat baik. Dari hasil analisi data diketahui bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk melakukan penelitian ulang secara lebih dalam seperti meningkatkan jumlah sampel, perluasan populasi penelitian, serta mempertimbangkan variabel-variabel lain yang juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.