skip to main content

PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA DI JAKARTA)

*Salmaa Ardina Saksono  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50139, Indonesia
Sari Listyorini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Ngatno Ngatno  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Salmaa Ardina Saksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya temuan nilai rata-rata pengunjung bulanan Tokopedia tahun 2021 – 2023 yang terus mengalami penurunan. Selain itu, hasil Top Brand Index tahun 2019 – 2023 yang dimiliki Tokopedia juga mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Penurunan nilai pengunjung dan Top Brand Index Tokopedia berpengaruh kepada kegiatan penjualan Tokopedia. Penurunan kegiatan penjualan Tokopedia kemungkinan besar akan menyebabkan turunnya pula minat beli konsumen. Penelitian ini bertipe eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel content marketing dan brand ambassador terhadap purchase intention yang dilakukan oleh konsumen generasi Z Tokopedia di Kota Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode penelitian accidental sampling dan purposive sampling. Uji coba instrumen dan hipotesis dilakukan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara content marketing terhadap purchase intention, brand ambassador terhadap purchase intention, serta content marketing dan brand ambassador secara bersama-sama terhadap purchase intention. Peneliti menyarankan Tokopedia agar memperhatikan dan meningkatkan content marketing yang dibuat dan brand ambassador yang ditunjuk sehingga minat beli produk dan jasa yang ditawarkan Tokopedia dapat mengalami peningkatan.

Fulltext View|Download
Keywords: Content Marketing; Brand Ambassador; Purchase Intention

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.