BibTex Citation Data :
@article{JIAB45814, author = {Salmaa Saksono and Sari Listyorini and Ngatno Ngatno}, title = {PENGARUH CONTENT MARKETING DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA APLIKASI TOKOPEDIA (STUDI PADA GENERASI Z PENGGUNA TOKOPEDIA DI JAKARTA)}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {Content Marketing; Brand Ambassador; Purchase Intention}, abstract = { Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya temuan nilai rata-rata pengunjung bulanan Tokopedia tahun 2021 – 2023 yang terus mengalami penurunan. Selain itu, hasil Top Brand Index tahun 2019 – 2023 yang dimiliki Tokopedia juga mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Penurunan nilai pengunjung dan Top Brand Index Tokopedia berpengaruh kepada kegiatan penjualan Tokopedia. Penurunan kegiatan penjualan Tokopedia kemungkinan besar akan menyebabkan turunnya pula minat beli konsumen. Penelitian ini bertipe eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel content marketing dan brand ambassador terhadap purchase intention yang dilakukan oleh konsumen generasi Z Tokopedia di Kota Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode penelitian accidental sampling dan purposive sampling. Uji coba instrumen dan hipotesis dilakukan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara content marketing terhadap purchase intention, brand ambassador terhadap purchase intention, serta content marketing dan brand ambassador secara bersama-sama terhadap purchase intention. Peneliti menyarankan Tokopedia agar memperhatikan dan meningkatkan content marketing yang dibuat dan brand ambassador yang ditunjuk sehingga minat beli produk dan jasa yang ditawarkan Tokopedia dapat mengalami peningkatan. }, issn = {2746-1297}, pages = {644--652} doi = {10.14710/jiab.2025.45814}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/45814} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya temuan nilai rata-rata pengunjung bulanan Tokopedia tahun 2021 – 2023 yang terus mengalami penurunan. Selain itu, hasil Top Brand Index tahun 2019 – 2023 yang dimiliki Tokopedia juga mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Penurunan nilai pengunjung dan Top Brand Index Tokopedia berpengaruh kepada kegiatan penjualan Tokopedia. Penurunan kegiatan penjualan Tokopedia kemungkinan besar akan menyebabkan turunnya pula minat beli konsumen. Penelitian ini bertipe eksplanatori yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besaran pengaruh variabel content marketing dan brand ambassador terhadap purchase intention yang dilakukan oleh konsumen generasi Z Tokopedia di Kota Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode penelitian accidental sampling dan purposive sampling. Uji coba instrumen dan hipotesis dilakukan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara content marketing terhadap purchase intention, brand ambassador terhadap purchase intention, serta content marketing dan brand ambassador secara bersama-sama terhadap purchase intention. Peneliti menyarankan Tokopedia agar memperhatikan dan meningkatkan content marketing yang dibuat dan brand ambassador yang ditunjuk sehingga minat beli produk dan jasa yang ditawarkan Tokopedia dapat mengalami peningkatan.
Article Metrics:
Last update: