BibTex Citation Data :
@article{JIAB45755, author = {Destia Mawarizki and Reni Dewi and Apriatni Prihatini}, title = {PENGARUH LIVE STREAMING COMMERCE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan Kosmetik Barenbliss melalui live streaming Shopee)}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {Kata Kunci: live streaming commerce; online customer review; keputusan pembelian; purchase decision}, abstract = { Semakin pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak pula brand yang menciptakan bank inovasi baru, termasuk dari industri kosmetik. Tren yang saat ini digandrungi adalah K-Beauty dan brand yang banyak diminati yaitu Barenbliss. Saat ini, pemasaran online melalui live streaming commerce memberikan kesempatan bagus pada brand guna mengembangkan bisnisnya, serta konsumen yang selalu meninjau online customer review yang ada, membuat hal tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara live streaming commerce dan online customer review terhadap purchase decision melalui trust sebagai variabel moderasi pada pelanggan kosmetik Barenbliss. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 105 responden pengguna produk Barenbliss. Analisis data dalam penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming commerce memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision, online customer review memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel purchase decision, trust memoderasi pengaruh antara live streaming commerce terhadap purchase decision secara signifikan, serta trust juga memoderasi pengaruh antara online customer review terhadap purchase decision secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Barenbliss disarankan untuk menambah operator, meningkatkan interaksi atau menjawab ulasan konsumen disertakan solusi, dan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mampu menarik minat pembelian. Kata Kunci: live streaming commerce; online customer review; keputusan pembelian; purchase decision }, issn = {2746-1297}, pages = {598--609} doi = {10.14710/jiab.2025.45755}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/45755} }
Refworks Citation Data :
Semakin pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak pula brand yang menciptakan bank inovasi baru, termasuk dari industri kosmetik. Tren yang saat ini digandrungi adalah K-Beauty dan brand yang banyak diminati yaitu Barenbliss. Saat ini, pemasaran online melalui live streaming commerce memberikan kesempatan bagus pada brand guna mengembangkan bisnisnya, serta konsumen yang selalu meninjau online customer review yang ada, membuat hal tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara live streaming commerce dan online customer review terhadap purchase decision melalui trust sebagai variabel moderasi pada pelanggan kosmetik Barenbliss. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 105 responden pengguna produk Barenbliss. Analisis data dalam penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming commerce memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision, online customer review memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel purchase decision, trust memoderasi pengaruh antara live streaming commerce terhadap purchase decision secara signifikan, serta trust juga memoderasi pengaruh antara online customer review terhadap purchase decision secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Barenbliss disarankan untuk menambah operator, meningkatkan interaksi atau menjawab ulasan konsumen disertakan solusi, dan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mampu menarik minat pembelian.
Kata Kunci: live streaming commerce; online customer review; keputusan pembelian; purchase decision
Article Metrics:
Last update: