skip to main content

PENGARUH LIVE STREAMING COMMERCE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan Kosmetik Barenbliss melalui live streaming Shopee)

*Destia Putri Mawarizki  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. dr. Antonius Suroyo, Universitas Diponegoro, Kampus Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kode Pos 50275, Indonesia
Reni Shinta Dewi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Apriatni E Prihatini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Destia Putri Mawarizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Semakin pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak pula brand yang menciptakan bank inovasi baru, termasuk dari industri kosmetik. Tren yang saat ini digandrungi adalah K-Beauty dan brand yang banyak diminati yaitu Barenbliss. Saat ini, pemasaran online melalui live streaming commerce memberikan kesempatan bagus pada brand guna mengembangkan bisnisnya, serta konsumen yang selalu meninjau online customer review yang ada, membuat hal tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara live streaming commerce dan online customer review terhadap purchase decision melalui trust sebagai variabel moderasi pada pelanggan kosmetik Barenbliss. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 105 responden pengguna produk Barenbliss. Analisis data dalam penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming commerce memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision, online customer review memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel purchase decision, trust memoderasi pengaruh antara live streaming commerce terhadap purchase decision secara signifikan, serta trust juga memoderasi pengaruh antara online customer review terhadap purchase decision secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Barenbliss disarankan untuk menambah operator, meningkatkan interaksi atau menjawab ulasan konsumen disertakan solusi, dan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga mampu menarik minat pembelian.

Kata Kunci: live streaming commerce; online customer review; keputusan pembelian; purchase decision

Fulltext View|Download
Keywords: Kata Kunci: live streaming commerce; online customer review; keputusan pembelian; purchase decision

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.