skip to main content

PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PADA KONSUMEN NYCTOPHILY COFFEE SEMARANG)

*Fauzan Iskandar  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Budiatmo  -  , Indonesia
Ilham Ainuddin  -  , Indonesia
Open Access Copyright 2025 Fauzan Iskandar, Agung Budiatmo, Ilham Ainuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Nyctophily Coffee Semarang. Berdasarkan data yang peroleh, terjadinya jumlah omzet penjualan Nyctophily Coffee Semarang selama lima tahun terakhir mengalami fluktuasi dan tidak tercapainya target pejualan selama empat tahun terakhir yang dapat dipengaruhi oleh adanya penurunan pada keputusan pembelian menjadi fenomena pada promosi dan kualitas pelayanan yang mengakibatkan permasalahan-permasalahan tersebut.

Tipe penelitian ini adalah eksplanatori menggunakan teknik sampel non-probabilita dengan metode accidental sampling dan purposive sampling serta sampel berjumlah 100 responden. Data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS (Statistical Package for Social Science) untuk Windows versi 27 yang digunakan untuk analisis uji asumsi klasik, uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji t, dan uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian secara parsial serta berkorelasi kuat pada kedua variabel secara masing-masing tersebut terhadap keputusan pembelian. Adapun hasil secara simultan, variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian serta berkorelasi kuat pada kedua variabel secara bersamaan tersebut terhadap keputusan pembelian.

Saran dari penelitian ini adalah Nyctophily Coffee Semarang dapat meningkatkan efektivitas dan manfaat promosi dengan melakukan berbagai pertimbangan bentuk promosi yang dapat memaksimalkan promosi itu sendiri yang ditujukan untuk konsumen. Selain itu, Nyctophily Coffee Semarang dapat mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan berbagai pertimbangan bentuk kualitas pelayanan yang dapat mencapai ekspektasi konsumen.

Fulltext View|Download
Keywords: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.