skip to main content

PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REMPEYEK PENITURI (Studi pada Konsumen di Kabupaten Dairi)

*Andreas Sola Gratia Tambunan  -  Department of Business Administration FISIP Undip, Jl. Prof Sudarto, Tembalang,SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50139, Indonesia
Sari Listyorini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Andreas Sola Gratia Tambunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Dalam melakukan bisnis kuliner, pihak perusahaan akan selalu mementingkan kualitas pada produk dengan diikuti harga yang baik untuk menghindari kerugian dalam suatu perusahaan. Rempeyek Penituri merupakan salah satu usaha kuliner yang melakukan penetapan harga berdasarkan kualitas dan kuantitas dalam pembuatan rempeyek. Rempeyek Penituri sendiri berdiri sejak tahun 2014, akan tetapi di tahun 2019 perusahaan Rempeyek Penituri tidak beroperasi. Hal itu dikarenakan suasana dukacita yang dialami pemilik Rempeyek Penituri atas kepergian suaminya pada akhir tahun 2018. Berdasarkan data penjualan Rempeyek Penituri diketahui bahwa rasio trend dari 2014 hingga 2018 tidak konsisten dalam penjualan, namun pada tahun 2020 hingga 2022 rasio trend penjualan selalu meningkat. Hal tersebut terjadi karena konsumen memperhatikan kualitas dari suatu produk serta harga terhadap keputusan konsumen untuk membeli. Pendekatan kuantitatif dipilih sebagai teknik analisis dengan hasil penyebaran kuesioner sebagai sumber data primer penelitian. Populasi penelitian merupakan kosumen Rempeyek Penituri sejumlah 100 responden.  Teknik analisis dilakukan dengan pengujian validitas dan reliabilitas, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana dan berganda, uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Maka saran yang diberikan adalah perlu upaya peningkatan keputusan konsumen untuk membeli Rempeyek Penituri dilakukan dengan mempertimbangkan kualitas produk dan harga.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.