skip to main content

PENGARUH NPM, ROE, DER, DAN PER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN BIG CAP SEKTOR BARANG KONSUMEN PRIMER DI BEI PERIODE 2019-2022

*Puguh Inawan Putra  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dinalestari Purbawati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2025 Puguh Inawan Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh NPM, ROE, DER, dan PER terhadap harga saham pada perusahaan big cap sektor barang konsumen primer di BEI periode 2019-2022. Sampel penelitian yang digunakan yakni empat belas perusahaan big cap sektor barang konsumen primer yang terdiri dari AALI, AMRT, CPIN, GGRM, GOOD, HMSP, ICBP, INDF, JPFA, MLBI, MYOR, SSMS, ULTJ, UNVR. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial NPM (X1) dan ROE (X2) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham (Y), sementara DER (X3) dan PER (X4) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap Harga Saham (Y). Secara simultan, NPM, ROE, DER, dan PER memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham.
Fulltext View|Download
Keywords: NPM, ROE, DER, PER, Harga Saham, Sektor Konsumen Primer, BEI

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.