BibTex Citation Data :
@article{JIAB45202, author = {Syakrina Dwi Rahma Ainisa}, title = {ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRILAKU KONSUMTIF PELANGGAN SHOPEE: PERAN MEDIA PEMBAYARAN CASHLESS, GAYA HIDUP, DAN HARGA}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {14}, number = {1}, year = {2025}, keywords = {E-commerce; Shopee; Pembayaran Cashless; Gaya Hidup; Harga}, abstract = {Abstract: E-commerce is the process of buying and selling various products electronically, whether between buyers and sellers or between companies, using computers as transaction tools. In Indonesia, online business has undergone development and modification with innovations, including various payment media options on each platform. This study focuses on analyzing the influence of cashless payment media, lifestyle, and price factors on the consumptive behavior of Shopee users. The data used is primary data collected through questionnaires distributed to 165 respondents and processed using Stata software version 17. The data analysis techniques used include multivariate regression modeling and classical assumption tests. The results show that cashless payment media and lifestyle significantly influence consumptive behavior simultaneously with a probability of 0.000. Meanwhile, price, with a significance level of 0.547, shows a positive but not significant influence on consumptive behavior, with an R-Square of 28.54% on consumptive behavior. Keywords: E-commerce; Shopee; Assets; Cashless Payment; Lifestyle; Price Abstraksi: E-commerce, adalah proses jual-beli berbagai produk yang dilakukan secara elektronik, baik antara pembeli dan penjual, maupun antar perusahaan melalui komputer sebagai alat transaksi. Di Indonesia, bisnis online mengalami perkembangan dan modifikasi dengan adanya inovasi, termasuk berbagai pilihan media pembayaran yang berbeda di setiap platform.Dalam penelitian ini, fokus ditujukan pada analisis pengaruh faktor media pembayaran Cashless, gaya hidup, dan harga terhadap perilaku konsumtif pengguna Shopee. Data yang digunakan yaitu data primer menggunakan instrumen seperti kuesioner untuk merumuskan pertanyaan yang kemudian disebar kepada responden dengan sampel sebanyak 165 responden dan diolah melalui software Stata versi 17 dengan teknik analisis data yang digunakan meliputi pemodelan regresi multivariat dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembayaran Cashless, gaya hidup berpengaruh signifikan secara simultan dengan probabilitas 0,000. Sementara itu, harga dengan tingkat signifikansi 0,547 menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif dan R-Square sebesar 28,54% terhadap prilaku konsumtif. Kata Kunci: E-commerce; Shopee; Pembayaran Cashless; Gaya Hidup; Harga}, issn = {2746-1297}, pages = {213--226} doi = {10.14710/jiab.2025.45202}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/45202} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update: