skip to main content

Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Sidomulyo Di Kabupaten Jember

Ari Ahmad Tamami  -  Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37, Kampus Bumi Tegalboto, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Indonesia 68121, Indonesia
*Yuslinda Dwi Handini  -  Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37, Kampus Bumi Tegalboto, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Indonesia 68121, Indonesia
Hari Karyadi  -  Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37, Kampus Bumi Tegalboto, Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Indonesia 68121, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Abstract: Tourism is one of the potentials to improve the economy in the regions, one of which is in Jember district. Jember has a variety of tourism in it, one of which is the Tourism Village (Deswita) Sidomulyo is a tourist village based on educational, natural and cultural tourism. Competition in the tourism industry over time is getting tighter, requiring Deswita Sidomulyo to carry out its marketing strategy through social media marketing (SMM). SMM is a marketing strategy using social media as its means. Brand image is needed in a tourist destination. Brand image is the consumer's perception of a brand. A positive brand image of tourism can influence tourists' visiting decisions. This study examines the influence of SMM and brand image on visiting decisions to Sidomulyo Tourism Village in Jember Regency. This research uses a quantitative approach. The population in this study were all visitors to Deswita Sidomulyo. The sampling technique used purposive sampling, with a sample of 130 respondents. This study distributes questionnaires directly to visitors and then analyzed using multiple linear regression. The results of this study indicate that SMM and brand image simultaneously influence visiting decisions. Partially, SMM affects visiting decisions, brand image affects visiting decisions.

Keywords: social media marketing; brand image; visiting decision

Abstraksi: Pariwisata menjadi salah satu potensi untuk meningkatkan perekonomian didaerah-daerah salah satunya di kabupaten Jember. Jember memiliki beragam wisata didalamnya, salah satunya yaitu Desa Wisata (Deswita) Sidomulyo merupakan desa wisata berbasis wisata edukasi, alam dan budaya. Persaingan dalam industri pariwisata seiring waktu semakin ketat, mengharuskan Deswita Sidomulyo melakukan strategi pemasarannya melalui social media marketing (SMM). SMM merupakan strategi pemasaran menggunakan media sosial sebagai sarananya. Brand image dibutuhkan pada suatu destinasi wisata. Brand image merupakan persepsi konsumen pada suatu merek. Brand image yang positif dari wisata dapat mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian ini menguji pengaruh SMM dan brand image terhadap keputusan berkunjung ke Desa Wisata Sidomulyo di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Deswita Sidomulyo. Teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel berjumlah 130 responden. Penelitian ini menyebarkan kuesioner secara langsung kepada pengunjung dan selanjutnya di analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan SMM dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung. Secara pasrsial SMM berpengaruh terhadap keputusan berkunjung, brand image berpengaruh terhadap keputusan berkujung.

Kata kunci: social media marketing; brand image; keputusan berkunjung.

Fulltext View|Download
Keywords: social media marketing; brand image; keputusan berkunjung

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.