skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Merek Samsung di Kota Bogor)

*Rania Rizqika Maharani  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50139, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50139, Indonesia
Bulan Prabawani  -  Department of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50139, Indonesia
Open Access Copyright 2024 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Abstract: One clear evidence of progress in information technology is the popularity of smartphones which is supported by the emergence of various brands, one of which is Samsung. The decline in Samsung's market share shows intense market competition.One important factor for a company to win in the market competition is to produce high-quality products at a reasonable price so that consumers keep satisfied and loyal. This research aims to understand the influence of product quality and price on consumer loyalty through consumer satisfaction among Samsung smartphone users in Bogor. This research uses an explanatory approach with a sample size of 100 respondents. The sampling technique used is non-probability sampling with purposive sampling method. The data collected is processed using SmartPLS SEM 3.2.9 software. The results show that both product quality and price have a positive and significant influence on consumer satisfaction. Additionally, both product quality and price have a positive and significant influence on consumer loyalty. Furthermore, consumer satisfaction also has a positive and significant influence on consumer loyalty. The research also found that there is an influence between product quality and price on consumer loyalty through consumer satisfaction with partial mediation. The suggestion from this research is that Samsung needs to pay attention to the quality of its products and the pricing strategy to ensure that consumers feel that the offered price aligns with what is provided.

Keywords:; consumer loyalty; consumer satisfaction; product quality

Abstraksi: Salah satu bukti nyata dari kemajuan teknologi informasi adalah kepopuleran smartphone yang didukung dengan munculnya berbagai macam merek, salah satu diantarnya Samsung. Permasalahan penurunan market share yang dialami Samsung menunjukkan ketatnya persaingan pasar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar adalah menghasilkan produk berkualitas dengan harga yang sebanding sehingga konsumen merasa puas dan mempertahankan loyalitas mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada pengguna smartphone Samsung di Kota Bogor. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan software SmartPLS SEM 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk maupun harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk maupun harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas produk maupun harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen dengan mediasi parsial. Saran dalam penelitian ini adalah Samsung perlu memperhatikan kualitas produk dan harga yang ditawarkannya agar konsumen merasa bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan apa yang diberikan.

Kata Kunci: kepuasan konsumen; kualitas produk; loyalitas konsumen

Fulltext View|Download
Keywords: kepuasan konsumen; kualitas produk; loyalitas konsumen

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.