skip to main content

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Penggunaan E-Commerce Shopee

*Wyanet Jolieane Renggowati  -  Department of Business Administartion, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Department of Business Administartion, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Business Administartion, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Perdagangan saat ini dapat dilakukan secara online melalui ¬e-commerce. Saat ini sudah banyak perusahaan e-commerce yang menjalankan bisnisnya di Indonesia dan salah satu yang terbesar, yaitu Shopee. Shopee Indonesia mengalami penurunan jumlah pengunjung dan tergeser oleh kompetitor e-commerce lainnya, karena adanya ulasan bernilai negatif dan keluhan dari pengguna mengenai penggunaan aplikasi e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan kemudahan penggunaan aplikasi Shopee terhadap keputusan penggunaan e-commerce Shopee. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan statistik dengan bantuan IBM SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Secara simultan E-WOM dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan. Semakin baik E-WOM dan kemudahan penggunaan maka semakin tinggi keputusan penggunaan e-commerce Shopee. Saran dalam penelitian ini adalah agar Shopee dapat menyelesaikan keluhan yang disampaikan oleh penggunanya melalui media online dengan tanggap, Shopee juga dapat dapat melakukan pembaruan fitur yang diimbangi dengan dibuatnya prosedur penggunaan aplikasi, sehingga akan semakin dapat mempermudah penggunanya dalam menggunakan aplikasi e-commerce Shopee.

Trade can now be done online through e-commerce. Currently, many e-commerce companies are doing business in Indonesia and one of the biggest is Shopee. Shopee Indonesia experienced a decrease in the number of visitors and was displaced by other e-commerce competitors, due to negative reviews and complaints from users regarding the use of the Shopee e-commerce application. This study aims to determine the influence of E-WOM and the ease of use of the Shopee application on the decision to use Shopee e-commerce. This research type is explanatory research. The sampling technique used non-probability sampling technique with purposive sampling. The number of samples taken was 100 respondents who were Shopee users. This study uses statistics with the help of IBM SPSS version 26. The results show that E-WOM has a positive and significant effect on usage decisions. Ease of use has a positive and significant effect on usage decisions. Simultaneously E-WOM and ease of use have a positive and significant effect on usage decisions. The better E-WOM and ease of use, the higher the decision to use Shopee e-commerce. The suggestion in this study is that Shopee can resolve complaints submitted by its users through online media responsively, Shopee can also update features that are offset by making procedures for using the application, so that it will make it easier for users to use the Shopee e-commerce application.

Fulltext View|Download
Keywords: electronic word of mouth (e-wom); kemudahan penggunaan; keputusan penggunaan.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.