skip to main content

The Influence of Brand Image and Product Quality on Purchasing Decisions for Supermi Products in Semarang City

*Maylinda Nurulia  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dinalestari Purbawati  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sendhang Nurseto  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Supermi merupakan pelopor mi instan di Indonesia yang mengalami penurunan Top Brand Index dari 2018 hingga 2022. Salah satu hal yang mendasari perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk adalah persepsi konsumen terhadap citra dari suatu merek dan tingkatan kualitas produk guna memenuhi kebutuhan konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Supermi di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden yang merupakan konsumen Supermi di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik Non-probability dan purposive sampling serta diolah menggunakan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.

Supermi is a pioneer of instant noodles in Indonesia, which experienced a decline in the Top Brand Index from 2018 to 2022. One of the things that underlies consumer behavior in purchasing products is consumer perception of the image of a brand and the level of product quality to meet consumer needs. Based on these problems, the purpose of this study was to determine the effect of brand image and product quality on Supermi purchasing decisions in Semarang City. The number of samples used is 100 respondents who are Supermi consumers in the city of Semarang. This type of research is explanatory research with non-probability and purposive sampling techniques and is processed using SPSS version 21.0. The results showed that brand image had a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality had a positive and significant effect on purchasing decisions. The research results also show that there is a significant influence between brand image and product quality together on purchasing decisions.

Fulltext View|Download
Keywords: Citra Merek; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.