skip to main content

THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, AND PACKAGING ON PURCHASE DECISION (Study on Consumers of Vania Bakery Products in Semarang City)

*Umi Merdekawati  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Dinalestari Purbawati  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Vania Bakery merupakan salah satu toko roti di Kota Semarang yang memproduksi berbagai macam jenis roti. Berdasarkan data yang ada, diketahui bahwa omzet penjualan produk Vania Bakery mengalami penurunan selama tiga tahun berturut-turut, dimulai pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2021. Hal ini diduga disebabkan oleh rendahnya citra merek, kualitas produk, dan kemasan produk Vania Bakery, sehingga mengakibatkan rendahnya keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling melalui pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk, dan kemasan secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran dari penelitian ini adalah Vania Bakery perlu memperluas informasi terkait produk melalui web dan aplikasi media sosial, membuka gerai sendiri dengan mencari lokasi yang strategis, melakukan inovasi jenis dan rasa produk, serta membuat kemasan yang menarik.


Vania Bakery is one of the bakeries in Semarang City that produces various types of bread. Based on existing data, it is known that the sales turnover of Vania Bakery products has decreased for three consecutive years, starting in 2019 to 2021. This is thought to be caused by the low brand image, product quality, and packaging of Vania Bakery products, resulting in low purchasing decisions made by consumers. This study uses explanatory research type with a sample size of 100 respondents. The sampling technique used is nonprobability sampling through a purposive sampling approach. The data collection techniques used in this study were interviews, questionnaires, and literature studies. The results showed that brand image, product quality, and packaging partially and simultaneously had a positive and significant effect on purchase decisions. The suggestion of this research is that Vania Bakery needs to expand product-related information through the web and social media applications, open its own outlets by finding strategic locations, innovating product types and flavors, and making attractive packaging.

Fulltext View|Download
Keywords: citra merek; kualitas produk; kemasan; dan keputusan pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.