skip to main content

Pengaruh Viral Marketing Melalui Media Sosial (Instagram dan Tiktok) dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bittersweet by Najla (Studi kasus pada pengguna media sosial Instagram dan Tiktok di Kota Jakarta Timur)

*Bernadheta Murni Kusuma Pratiwi  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang,Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang,Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Hari Susanta Nugraha  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang,Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2023 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Bittersweet by Najla merupakan salah satu bisnis yang cukup memanfaatkan teknologi internet menggunakan platform media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produknya.  Namun,  di tengah persaingan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran, kemungkinan bahwa upaya adanya viral marketing dan kepercayaan konsumen belum tentu dapat membuat konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Hal tersebut diduga dikarenakan  audiens hanya melihat konten dan promosi Bittersweet by Najla saja namun belum pernah sampai melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Bittersweet by Najla. Tipe penelitian ini merupakan penelitian Explanatory Research dengan  teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, metode purposive sampling dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen Bittersweet by Najla di Kota Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form kepada responden. Analisis data diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji signifikansi, dan diuji menggunakan SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel viral marketing dan kepercayaan kosumen masing-masing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keptusan pembelian. Bittersweey by Najla disarankan untuk tetap meningkatkan  kreatifitas dan berinovasi dalam membuat sebuah konten dalam memasarkan produk supaya konsumen lebih tertarik lagi untuk mencaritahu dan membericarakan produk tersebut, memperhatikan lebih teliti lagi setiap informasi, kualitas dan kecepatan tanggapan yang akan diberikan kepada konsumen agar terciptanya kepercayaan, hubungan penjual dan konsumen akan terus terjaga dengan baik demi kelancaran berjalannya bisnis.

Bittersweet by Najla is a business that simply takes advantage of internet technology platform social media as a tool to promote their products. However, in the midst of competition in the use of social media as a marketing medium, it is likely that the efforts of viral marketing and consumer trust are not necessarily able to make consumers make purchasing decisions for a product. This is thought to be because the audience has only seen the content and promotion of Bittersweet by Najla but has never made a purchase. This study aims to determine the effect Viral Marketing and Consumer Confidence in Purchasing Decisions at Bittersweet by Najla. This type of research is research Explanatory Research with the sampling technique using non-probability sampling, method purposive sampling and the number of samples in this study were 100 consumers of Bittersweet by Najla in East Jakarta City. Data was collected by distributing questionnaires via Google form to respondents. Data analysis was processed through validity test, reliability test, correlation coefficient, simple and multiple regression analysis, coefficient of determination, significance test, and tested using SPSS version 24. The results of this study indicate that the variable viral marketing and consumer trust each have a significant and positive influence on purchasing decisions. Bittersweet by Najla is advised to continue to increase creativity and innovate in creating content in marketing products so that consumers are even more interested in finding out and discussing these products, pay more careful attention to any information, quality and speed of response that will be given to consumers in order to create trust, relationships sellers and consumers will continue to be well maintained for the smooth running of the business.

Fulltext View|Download
Keywords: Viral Marketing; Kepercayaan Konsumen; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.