BibTex Citation Data :
@article{JIAB37271, author = {Reydha Mayo and Hari Nugraha and Saryadi Saryadi}, title = {Pengaruh E-Promotion dan E-Word of Mouth terhadap Keputusan Penggunaan (Studi pada Pengguna Aplikasi DANA di Kota Semarang)}, journal = {Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis}, volume = {12}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {E-Promotion; E-Word of Mouth; Keputusan Penggunaan}, abstract = { Pembayaran non tunai di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun, terutama paska pandemic untuk meminimalisir sentuhan fisik antara penjual dan pembeli. Terdapat beberapa pilihan pembayaran secara non tunai yang disediakan oleh perusahaan e-money. Salah satunya adalah DANA. Berdasarkan data, tingkat penggunaan DANA di Kota Semarang tampaknya masih rendah, jika dibandingkan dengan produk e-money lainnya. Promosi yang dilakukan aplikasi DANA secara daring atau e-promotion masih jarang ditemui. Hal ini mengakibatkan keputusan penggunaan aplikasi DANA masih rendah, karena calon pengguna sulit menemukan iklan DANA secara daring. Masih ditemukan pula sejumlah keluhan yang disampaikan pelanggan secara daring di media sosial, sehingga hal ini menjadi pertimbangan yang negatif bagi calon pengguna DANA lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa e-word of mouth DANA masih rendah sehingga mengakibatkan keputusan penggunaan DANA di Kota Semarang masih rendah. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa e-promotion dan e-WOM yang belum maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-promotion dan e-WOM terhadap keputusan penggunaan aplikasi DANA. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan kriteria pernah melakukan transaksi menggunakan aplikasi DANA. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 21.0 for Windows dengan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji T dan uji F). Hasil dalam penelitian ini adalah e-promotion secara parsial berpengaruh positif sebesar (0,286) dan signifikan t-hitung (5,985) dan koefisien determinasi 47,3%. E-WOM secara parsial berpengaruh positif sebesar (0,292) dan siginikan sebesar t-hitung (9,778) dan koefisien determinasi 59,3%. E-promotion dan e-WOM secara simultan berpengaruh positif yaitu sebesar 0,775 dan juga berpengaruh signifikan sebesar F-hitung (275,583). Agar penggunaan aplikasi DANA di Kota Semarang meningkat, maka DANA harus memperbaiki e-promotion yang sudah dilakukan dan meningkatkan e-WOM secara positif, agar menjadi pertimbangan positif bagi calon pengguna aplikasi DANA. Non-cash payments in Indonesia is growing rapidly, especially since the pandemic to minimize physical touch between sellers and buyers. T here are several non-cash payment options provided by e-money companies. One of them is DANA . Based on the data, the use of DANA in Semarang City seems to be still low when compared to other e-money products. Online promotion by DANA or e-promotion are still rare. As a result, the decision to use the DANA application is still low, because it is difficult for potential users to find DANA advertisements online. There are also a number of complaints submitted by customers on social media, so this is a negative consideration for other potential DANA users. This shows that DANA's e-word of mouth is still low, resulting in the decision to use DANA in Semarang City is still low. These two things show that e-promotion and e-WOM have not been maximized. The research aims to determine the effect of e-promotion and e-WOM on the decision to use the DANA application. The type of research used was explanatory research, a sample of 100 respondents were taken with the criteria of having made transactions using the DANA application. The sampling technique used is non-probability sampling and data collection techniques using a questionnaire. The analytical tool used is SPSS 21.0 for Windows with validity tests, reliability tests, coefficient of determination, simple and multiple regression analysis, and significance tests (T test and F test). The results in this study were that e-promotion partially had a positive effect of (0.286) and significant tcount (5.985) and a coefficient of determination of 47.3%. E-WOM partially has a positive effect of (0.292) and a significant t-count (9.778) and a coefficient of determination of 59.3%. E-promotion and e-WOM simultaneously have a positive effect of 0.775 and also have a significant effect of F-count (275.583). In order to increase the use of the DANA application in Semarang City, DANA must improve the e-promotion that has been carried out and improve e-WOM in a positive way, so that it becomes a positive consideration for potential users of the DANA application. }, issn = {2746-1297}, pages = {184--194} doi = {10.14710/jiab.2023.37271}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/37271} }
Refworks Citation Data :
Pembayaran non tunai di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun, terutama paska pandemic untuk meminimalisir sentuhan fisik antara penjual dan pembeli. Terdapat beberapa pilihan pembayaran secara non tunai yang disediakan oleh perusahaan e-money. Salah satunya adalah DANA. Berdasarkan data, tingkat penggunaan DANA di Kota Semarang tampaknya masih rendah, jika dibandingkan dengan produk e-money lainnya. Promosi yang dilakukan aplikasi DANA secara daring atau e-promotion masih jarang ditemui. Hal ini mengakibatkan keputusan penggunaan aplikasi DANA masih rendah, karena calon pengguna sulit menemukan iklan DANA secara daring. Masih ditemukan pula sejumlah keluhan yang disampaikan pelanggan secara daring di media sosial, sehingga hal ini menjadi pertimbangan yang negatif bagi calon pengguna DANA lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa e-word of mouth DANA masih rendah sehingga mengakibatkan keputusan penggunaan DANA di Kota Semarang masih rendah. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa e-promotion dan e-WOM yang belum maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-promotion dan e-WOM terhadap keputusan penggunaan aplikasi DANA. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan kriteria pernah melakukan transaksi menggunakan aplikasi DANA. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 21.0 for Windows dengan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, dan uji signifikansi (uji T dan uji F). Hasil dalam penelitian ini adalah e-promotion secara parsial berpengaruh positif sebesar (0,286) dan signifikan t-hitung (5,985) dan koefisien determinasi 47,3%. E-WOM secara parsial berpengaruh positif sebesar (0,292) dan siginikan sebesar t-hitung (9,778) dan koefisien determinasi 59,3%. E-promotion dan e-WOM secara simultan berpengaruh positif yaitu sebesar 0,775 dan juga berpengaruh signifikan sebesar F-hitung (275,583). Agar penggunaan aplikasi DANA di Kota Semarang meningkat, maka DANA harus memperbaiki e-promotion yang sudah dilakukan dan meningkatkan e-WOM secara positif, agar menjadi pertimbangan positif bagi calon pengguna aplikasi DANA.
Non-cash payments in Indonesia is growing rapidly, especially since the pandemic to minimize physical touch between sellers and buyers. There are several non-cash payment options provided by e-money companies. One of them is DANA. Based on the data, the use of DANA in Semarang City seems to be still low when compared to other e-money products.Online promotion by DANA or e-promotion are still rare. As a result, the decision to use the DANA application is still low, because it is difficult for potential users to find DANA advertisements online. There are also a number of complaints submitted by customers on social media, so this is a negative consideration for other potential DANA users. This shows that DANA's e-word of mouth is still low, resulting in the decision to use DANA in Semarang City is still low. These two things show that e-promotion and e-WOM have not been maximized. The research aims to determine the effect of e-promotion and e-WOM on the decision to use the DANA application. The type of research used was explanatory research, a sample of 100 respondents were taken with the criteria of having made transactions using the DANA application. The sampling technique used is non-probability sampling and data collection techniques using a questionnaire. The analytical tool used is SPSS 21.0 for Windows with validity tests, reliability tests, coefficient of determination, simple and multiple regression analysis, and significance tests (T test and F test). The results in this study were that e-promotion partially had a positive effect of (0.286) and significant tcount (5.985) and a coefficient of determination of 47.3%. E-WOM partially has a positive effect of (0.292) and a significant t-count (9.778) and a coefficient of determination of 59.3%. E-promotion and e-WOM simultaneously have a positive effect of 0.775 and also have a significant effect of F-count (275.583). In order to increase the use of the DANA application in Semarang City, DANA must improve the e-promotion that has been carried out and improve e-WOM in a positive way, so that it becomes a positive consideration for potential users of the DANA application.
Article Metrics:
Last update: