skip to main content

Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia

*Farah Annisa Salma  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, S.H., Tembalang, Kota Semarang Kode pos 50275, Indonesia
Saryadi Saryadi  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, S.H., Tembalang, Kota Semarang Kode pos 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Departement of Business Administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, S.H., Tembalang, Kota Semarang Kode pos 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Technology and information have developed today. This is marked by the many conveniences that can be obtained only by relying on technology. This is due to the effects of globalization, namely internet technology that makes it easier for people to carry out their daily activities anytime and anywhere. One of the other benefits of the internet is that it makes it easier for consumers to shop via online. It is easier for consumers to shop through the marketplace, one of which is Tokopedia. Tokopedia was ranked first in the "most monthly e-commerce website visitors" in 2021, which in the previous year was ranked second. This study aims to determine the effect of promotion and trust on purchasing decisions on e- commerce Tokopedia. This type of research is an explanatory type with a sampling technique using Non-Probability Sampling and sampling is done online by distributing questionnaires using Google Forms. The results showed that promotion and trust were tested partially, promotion has a positive and significant effect on purchasing decisions and the trust variable has a positive and significant influence on purchasing decisions. Simultaneously, the research has the result that the promotion variable had no significant effect on purchasing decisions, the trust variable had a significant influence on purchasing decisions where the trust variable had the greatest influence. Based on these results, it is recommended that the promotions carried out by Tokopedia can be improved better and shorten the duration of the promotion so that consumers are more interested in making purchasing decisions at Tokopedia.


Teknologi dan informasi telah berkembang dewasa ini. Hal ini ditandai dengan banyaknya kemudahan yang didapat hanya dengan mengandalkan teknologi. Ini disebabkan karena adanya efek globalisasi, yaitu teknologi internet yang memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari kapan saja dan di mana saja. Salah satu manfaat internet lainnya adalah memberikan memudahkan konsumen dalam berbelanja via online. Konsumen dimudahkan dalam berbelanja melalui marketplace, salah satunya adalah Tokopedia. Tokopedia menduduki peringkat pertama pada “pengunjung situs bulanan e-commerce terbanyak” di tahun 2021 yang mana di tahun sebelumnya berada di peringkat kedua. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara promosi dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada ecommerce Tokopedia. Tipe penelitian ini adalah tipe eksplanatori dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dan pengambilan sampel dilakukan secara daring (online) dengan menyebar kuesioner menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kepercayaan yang diuji secara parsial, variabel promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan variabel kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, penelitian memiliki hasil bahwa variabel promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel kepercayaan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dimana variabel kepercayaan memiliki pengaruh paling besar. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar promosi yang dilakukan Tokopedia dapat ditingkatkan lebih baik dan lebih mempersingkat durasi promosi agar konsumen lebih tertarik untuk membuat keputusan pembelian di Tokopedia.

Fulltext View|Download
Keywords: Kepercayaan; Keputusan Pembelian; Promosi; Tokopedia

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.