skip to main content

Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Merek Uniqlo (Studi pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang)

*Syita Salwa Kusuma  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Andi Wijayanto  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sari Listyorini  -  Department of Business Administration, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Open Access Copyright 2022 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Indonesia is a country whose population continues to grow, with a growing middle class, and a lifestyle that tends to be consumptive and increasing awareness of using products made at home and abroad. brands that are well-known to not well-known today and have spread everywhere. Brands continue to innovate to meet the needs and desires of their consumers. Consumers have the freedom to choose the fulfilment of the style of dress with a variety of product offerings and many. So that they also get more choices of quality, price and brand image that suit their needs. This study has a purpose, namely to determine the effect of brand image, product quality and price on purchasing decisions. This type of research is an explanatory with non-probability sampling technique and sampling of 100 consumers who have bought Uniqlo at DP Mall Semarang is done online (online) by distributing questionnaires using Google Forms through social media. The analysis method uses SPSS 26 for Windows. The results showed that the brand image, product quality and price tested simultaneously had significant results and had an effect on purchasing decisions. Partially, brand image has a positive and significant influence on purchasing decisions. Product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions. Price has a positive and significant influence on purchasing decisions.


Indonesia merupakan negara yang jumlah populasimya terus bertambah, dengan jumlah kelas menengah yang terus tumbuh, serta gaya hidup yang cenderung konsumtif dan kesadaran menggunakan produk buatan dalam maupun luar negeri yang semakin meningkat. Brand pakaian yang terkenal sampai tidak terkenal pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali dan sudah tersebar dimana-mana. Brand-brand terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Konsumen memiliki leluasa dalam memilih pemenuhan gaya berpakaian dengan tawaran produk yang beragam dan banyak. Sehingga juga memperoleh lebih banyak pilihan kualitas, harga dan citra merek yang sesuai kebutuhan. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui Pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Tipe penelitian ini adalah tipe explanatory dengan Teknik non-probability sampling dan pengambilan sampel 100 konsumen yang pernah membeli Uniqlo di DP Mall Semarang dilakukan secara daring (online) dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form melalui media sosial. Metode analisis menggunakan SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, kualitas produk dan harga diuji secara simultan memiliki hasil signifikan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Fulltext View|Download
Keywords: Brand Image; Harga; Keputusan Pembelian; Kualitas Produk

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.