skip to main content

Pengaruh Website Quality dan E-WOM terhadap E-Repurchase Intention melalui E-Trust (Studi Kasus pada Konsumen Akhir Tokopedia di Kota Wonosobo)

*Renata Abilia Pangestika  -  Departement of Business Administration, Diponegoro University, Jl. Prof.Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Naili Farida  -  Departement of Business Administration, Diponegoro University, Jl. Prof.Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Bulan Prabawani  -  Departement of Business Administration, Diponegoro University, Jl. Prof.Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50139., Indonesia
Open Access Copyright 2022 The Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel website quality dan e-wom terhadap e-repurchase intention melalui variabel e-trust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen akhir Tokopedia di Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian berjumlah 100 dan diambil dengan teknik non probability sampling yang berjenis purposive sampling. Tipe penelitian menggunakan tipe explanatory research. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 26 for Windows untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, uji linier berganda, uji t dan uji f, serta analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel website quality tidak berpengaruh terhadap variabel e-repurchase intention. Melalui variabel lain diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel website quality, e-wom, dan e-trust terhadap e-repurchase intention. Dihasilkan pengaruh tidak langsung, dimana website quality dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap e-repurchase intention melalui variabel e-trust. Dihasilkan pula pengaruh langsung pada variabel e-wom terhadap e-repurchase inention tanpa melalui variabel e-trust.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel website quality dan e-wom terhadap e-repurchase intention melalui variabel e-trust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen akhir Tokopedia di Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Sampel dalam penelitian berjumlah 100 dan diambil dengan teknik non probability sampling yang berjenis purposive sampling. Tipe penelitian menggunakan tipe explanatory research. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 26 for Windows untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier sederhana, uji linier berganda, uji t dan uji f, serta analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel website quality tidak berpengaruh terhadap variabel e-repurchase intention. Melalui variabel lain diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel website quality, e-wom, dan e-trust terhadap e-repurchase intention. Dihasilkan pengaruh tidak langsung, dimana website quality dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap e-repurchase intention melalui variabel e-trust. Dihasilkan pula pengaruh langsung pada variabel e-wom terhadap e-repurchase inention tanpa melalui variabel e-trust
Fulltext View|Download
Keywords: e-repurchase intention; e-trust; e-wom; website quality
Funding: Universitas Diponegoro

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.