skip to main content

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAAN PENUMPANG KAPAL PT. PELNI SEMARANG MELALUI KEPUTUSAN PENGGUNAAN (Studi pada KM. Egon Semarang-Kumai)

*Novia Ardianti  -  Depertement of Business administration, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Wida yanto  -  , Indonesia
Open Access Copyright 2021 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract: Transportation is an aspect of advertising that has numerous influences. One of the modes of shipping in Indonesia is the vessel. PT Pelni (PT Pelni) is a passenger shipping company of Indonesia that spans across Indonesian archipelago and the national cargo. KM Egon is one of the vessels belong to PT. Pelni operates from Semarang-Kumai. This type of research is explanatory research, using a questionnaire as a method of data collection. The research method used is the Non Probability Sampling technique with Purposive Sampling and Accidental Sampling methods. Samples collected were 100 KM, passenger respondents. Egon Pelni Semarang-Kumai was chosen based on consideration. The study used a Partial Least Square analysis technique, which is estimated with the WarpPLS 6.0 program. The results of the analysis by WarpPLS showed that the test results of the direct effect on the research model are positive and significant on the effect of Service Quality on Passenger Satisfaction. The effect of Prices on Passenger Satisfaction showed negative and significant results, the effect of Service Quality on Decision of Use showed positive and significant results, Prices for Use Decisions showed negative and significant results, and the effect of Use Decisions on Passenger Satisfaction shows positive and significant results. Test the indirect effect on the research model that is the effect of Service Quality on Passenger Satisfaction through the Decision of Use shows positive and significant results, the effect of Prices on Passenger Satisfaction through the Decision of Use shows negative and significant results. Suggestions for PT. Pelni is based on the lowest recapitulation value are improving service quality, providing adequate facilities, and improving the quantity and quality of officers to work based on the SOP.

Keywords: Service Quality, Price, Purchase Decision,Customer Satisfactions, Pelni

 

Abstrak: Transportasi merupakan aspek perekonomian yang memiliki pengaruh yang sangat besar. Moda transportasi laut di Indonesia salah satunya kapal. PT Pelni (PT Pelni) merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. KM. Egon merupakan salah satu kapal milik PT.Pelni yang beroperasi dari Semarang-Kumai. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai meteode pengumpulan data. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden penumpang KM. Egon Pelni Semarang-Kumai yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 6.0. Hasil analisis dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung pada model penelitian yaitu pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang menunjukkan hasil positif dan signifikan, pengaruh Harga terhadap Kepuasan Penumpang menunjukan hasil negatif dan signifikan, pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan menunjukan hasil positif dan signifikan, Harga terhadap Keputusan Penggunaan menunjukan hasil negatif dan signifikan, dan pengaruh Keputusan Peggunaan terhadap Kepuasan Penumpang menunjukan hasil positif dan signifikan. Uji pengaruh tidak langsung pada model penelitian yaitu pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang melalui Keputusan Penggunaan menunjukkan hasil positif dan signifikan, pengaruh Harga terhadap Kepuasan Penumpang melalui Keputusan Penggunaan menunjukan hasil negatif dan signifikan. Saran kepada pihak PT. Pelni berdasarkan nilai rekapitulasi terendah yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu mengevaluasi kualitas pelayanan, menyediakan fasilitas yang memadai, serta terus meningkatkan kuantitas dan kualitas petugas agar bekerja sesuai SOP.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Penggunaan, Kepuasaan Penumpang, Pelni

Fulltext View|Download
Keywords: Service Quality; Price,; Purchase Decision; Customer Satisfactions; Pelni

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.