skip to main content

Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pelanggan IM3 Ooredoo di FISIP Undip)

*Hartika Intan Wulandari  -  Diponegoro University, Indonesia
Widiartanto Widiartanto  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract: This study aims to decide the effect of dissatisfaction and variety seeking on brand switching of IM3 Ooredoo’s customers. The population used is all IM3 Ooredoo customers at the Faculty of Social and Political Sciences Diponegoro University, while the sample is 100 IM3 Ooredoo customers who switch brands to other brands using non probability sampling techniques. The result of the study show that dissatisfaction and variety seeking affect brand switching both partially and simultaneously, and have a posstive effect on brand switching, where dissatisfaction has a greater influence on brand switching compared to the need to find variation. The correlation coefficient of dissatisfaction variables and variety seeking on brand switching have a significant relationship. Some recommendations added based on those result. It is recommended that IM3 Ooredoo should improve the quality of the products offered, the quality of service in receiving customer complaints so that if there are complaints form customer it resolved quickly, besides that it is necessary to focus on ild and new customer satisfaction which expected to keep up with old and attractive customers and interest form new user.

 

Keywords: Dissatisfaction; Variety Seeking; Brand Switching.

 

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan IM3 Ooredoo di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Diponegoro, sedangkan sampelnya adalah 100 pelanggan IM3 Ooredoo yang berpindah merek ke merek lain dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif terhadap perpindahan merek baik secara parsial maupun simultan, dimana ketidakpuasan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perpindahan merek dibandingkan dengan kebutuhan mencari variasi. Koefisien korelasi variabel ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek memiliki hubungan signifikan. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya IM3 Ooredoo meningkat kualitas dari produk yang ditawarkan, kualitas pelayanan dalam menerima pengaduan pelanggan sehingga jika terdapat keluhan dari pelanggan akan teratasi dengan cepat, selain itu perlu memfokuskan terhadap kepuasan pelanggan lama maupun baru yang diharapkan bisa mempertahakan pelanggan lama dan menarik minat dari pengguna baru.

 

Kata Kunci: Ketidakpuasan; Kebutuhan Mencari Variasi; Perpindahan Merek.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Turnitin
Subject
Type Research Instrument
  Download (1MB)    Indexing metadata
Keywords: Dissatisfaction; Variety Seeking; Brand Switching.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.