skip to main content

Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Rainbow Creative Semarang)

*Fahmi Firdaus Rufliansah  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Agus Hermani Daryanto Seno  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Abstract: The purpose of this research is to examine the effect of price and1 product quality on customer satisfaction. Based on rainbow creative turnover revenue in 2015 to 2018, it always experienced a decline in turnover. The type of research used is explanatory research type with a sample size of 100 respondents. Data collection using a questionnaire with Likert scale measurement. Data analysis methods used are validity and reliability, correlation coefficient (R), regression test, coefficient of determination, significance of the t test and F test with the application of SPSS 20.0. The results showed a positive and significant effect between price and product quality on consumer satisfaction partially or simultaneously. The variable price has an effect of 20.2% while the quality of the product has a significant influence that is equal to 55.8%. Companies need to pay attention to competitor prices and offer consumers cheap prices compared to competitors. Product quality can be improved again by the way companies must pay attention to the durability of their products, provide good materials so that their products can last long after being received by consumers. Companies must pay attention to the color and cover design of their products, provide attractive colors and cover designs, which are desired by consumers.

 

Keywords: Price; Product quality; Consumer Satisfaction

 

Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh antara harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan data pendapatan omzet rainbow creative pada tahun 2015 sampai tahun 2018 selalu mengalami penurunan omzet. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe eksplanatory research dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sekala pengukuran likert. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, koefisien korelasi (R), uji regresi, koefisien determinasi, signifikansi uji t dan uji F dengan aplikasi SPSS 20.0 Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun simultan. Variabel harga memiliki pengaruh 20,2% sedangkan kualitas produk memiliki pengaruh yang cukup besar yaitu sebesar 55,8%. Perusahaan perlu memperhatikan harga pesaing dan menawarkan konsumen harga yang murah di bandingkan pesaing.Kualitas produk dapat ditingkatkan lagi dengan cara perusahaan harus memperhatikan ketahanan produknya, memberikan bahan yang baik agar produknya dapat bertahan lama setelah di terima oleh konsumen. Perusahaan harus memperhatikan warna dan design cover produknya, memberikan warna dan design cover yang menarik, yang diinginkan oleh konsumen

 

Kata kunci: Harga, Kualitas produk, Kepuasan Konsumen

Fulltext View|Download
Keywords: Price; Product quality; Consumer Satisfaction

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.