skip to main content

Pengaruh Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon (Studi Pada Konsumen Lipstik Revlon Di Kota Semarang)

*Revalina Tri Ajrina  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Revlon is one of the cosmetics companies that produce lipstick and is listed as the first foreign cosmetic brand in Indonesia. Revlon's lipstick has decreased in sales for the past few years as well as in the Top Brand Index. The demand of Revlon lipstick are declining due to many factors, quality is not good as claims by Revlon and there are negative reviews discussed which are included in negative word of mouth activities This research aims to determine the effect of quality product and word of mouth on purchase decision of Revlon’s Lipstick. The type of the research is explanatory research and the sampling techniques used are a nonprobability sampling, and purposive sampling. The technique of taking respondent is accidental sampling, the samples are 96 respondents who had made a purchase and were still using Revlon’s lipstick in the past 1 year and obtained product information from word of mouth. The data analysis technique is quantitative with validity, reliability, correlation coefficient, determination coefficient, simple and multiple regression, significance of t and F test. The results show that quality product and word of mouth variables have an effect on purchase decisions Revlon’s Lipstick. The variable correlation coefficient of quality product and word of mouth on purchase decisions have a strong enough relation. The company should increase word of mouth by providing communication media that are easily accessible and pay attention to develop product quality.

Revlon merupakan salah satu perusahaan kosmetik yang memproduksi lipstik dan tercatat sebagai merek kosmetik asing yang pertama masuk ke Indonesia. Lipstik Revlon mengalami penurunan penjualan setiap tahunnya dan penurunan pada Top Brand Index. Peminat dari lipstik Revlon yang semakin menurun dikarenakan banyak faktor, salah satunya kualitas yang tidak sesuai dengan klaim yang ditawarkan dan terdapat ulasan negatif yang dibicarakan yang termasuk ke dalam kegiatan word of mouth yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk lipstik Revlon di kota Semarang. Tipe penelitian adalah explanatory research dan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Tipe pengambilan responden menggunakan accidental sampling, sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang pernah melakukan pembelian dan masih menggunakan produk lipstik Revlon dalam 1 tahun terakhir dan memperoleh informasi produk dari word of mouth. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, signifikasi, uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas produk dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien korelasi variabel kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian memiliki hubungan kuat. Perusahaan hendaknya meningkatkan word of mouth dengan menyediakan media komunikasi yang mudah diakses dan memperhatikan upaya pengembangan kualitas produk.

Fulltext View|Download
Keywords: Keputusan Pembelian; Kualitas Produk; Word of Mouth

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.