skip to main content

Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati)

*Fipit Alam Pratama Widian Sari  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Naili Farida  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

The development of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Central Java Province has increased every year. The increase in number was certainly driven by several parties because MSMEs functioned as absorbing labor and promoting community welfare. As one type of MSMEs in Pati Regency, Kuningan Juwana SMESs has produced various brass products which are expected to be able to innovate products so that they are not inferior to increasingly fierce competition and can market their products to the full. The purpose of this study was to determine the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on marketing performance through product innovation. The number of samples is 53 respondents with a sampling technique using purposive sampling technique. This type of research is explanatory research. This research uses the software tools SmartPLS 3.2.8 for Windows. The results showed that market orientation had a positive and significant effect on marketing performance, entrepreneurial orientation had a negative and not significant effect on marketing performance. In addition, market orientation has a negative and not significant effect on product innovation while entrepreneurial orientation has a positive and significant effect on product innovation.

 

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Tengah setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah tersebut tentunya didorong oleh beberapa pihak dikarenakan UMKM berfungsi sebagai penyerap tenaga kerja dan pendorong kesejahteraan masyarakat. Sebagai salah satu jenis UMKM di Kabupaten Pati, UMKM Kuningan Juwana telah menghasilkan berbagai produk kuningan yang diharapkan mampu melakukan inovasi produk sehingga tidak kalah dengan pesaingan yang semakin ketat dan dapat memasarkan produknya secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Jumlah sampel yaitu 53 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.2.8 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, orientasi pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap inovasi produk sedangkan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk.

Fulltext View|Download
Keywords: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan; Inovasi Produk; Kinerja Pemasaran

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.