skip to main content

Pengaruh Celebrity Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah Di Kota Semarang)

*Laela Simanjuntak  -  Universitas Dipongoro, Indonesia
Apriatni Endang Prihatini  -  Universitas Dipongoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract

Wardah is one of the local cosmetic products produced by PT. Paragon Technology and Innovation, established in 1985 by Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc and Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. In 2018 and 2019 Wardah outlets in Semarang has descreased. The decline outlets an indication that Wardah has declined in Semarang. Type of this research is explanatory research and non-probability sampling techniques and purposive sampling method. Data collection was carried by distributing questionnaires and conducting interviews consumers at Wardah outlets in Semarang City. The sample used was 100 respondents. This sudy uses quantitative and qualitative analysis with validity, reliability, correlation coefficient, determination, simple and multiple regression and the significance t and F test. Celebrity brand ambassador and brand image the both variable have positive. However celebrity brand ambassador together does not have effect significantly. In this study, brand image has greater effect on purchasing decisions. The independent variables cannot said very good, because there are negative perceptions from respondents. Therefore needed to pay attention deeper assessment to choose celebrity as brand ambassador in terms physical, skill and achievement. Improve the right marketing strategy, increasing consumer confidence so that consumers sure make Wardah the first choice and sure recommend Wardah to others.

 

Wardah merupakan salah satu produk kosmetik lokal yang diproduksi oleh PT. Paragon Technology and Innovation, berdiri pada tahun 1985 oleh Drs. H. Subakat Hadi, M.Sc dan Dra. Hj. Nurhayati Subakat, Apt. Pada tahun 2018 dan 2019 outlet Wardah di Kota Semarang mengalami penurunan. Penurunan tersebut menjadi sebuah indikasi telah terjadi penurunan permintaan Wardah di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara kepada konsumen di outlet Wardah di Kota Semarang. Sampel yang digunakan 100 responden. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan berganda, serta signifikansi uji t dan F. Variabel celebrity brand ambassador dan brand image keduanya bersama-sama mempunyai pengaruh positif. Akan tetapi variabel celebrity brand ambassador secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini variabel brand image mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan pembelian. Kedua variabel independen belum dinyatakan sangat baik, karena terdapat persepsi negatif responden. Oleh karena itu perlu pengakajian mendalam menetapkan celebrity brand ambassador dari segi fisik, skill maupun prestasi, meningkatkan strategi pemasaran serta meningkatkan kepercayaan sehingga konsumen yakin menjadikan Wardah sebagai pilihan utama dan merekomendasikan Wardah ke orang lain.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Celebrity Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.