skip to main content

Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang)

*Cindy Mega Puspita  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Agung Budiatmo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis

Citation Format:
Abstract
This study discusses the price and quality of products against purchases with buying interest as a variable that intervenes in Wolter Chicken Wolter Monginsidi in Semarang City. This type of research is explanatory research. Sampling uses a purposive sampling technique with incidental sampling of 100 respondents who are consumers who have made a purchase of Rocket Chicken Wolter Monginsidi products in the city of Semarang. Data collection techniques using questionnaires, interviews, and literature study. This research uses qualitative and quantitative analysis with validity, reliability, comparison coefficient, determination coefficient, regression analysis, t test with SPSS version 22.0 application and sobel analysis to look for the influence of intervening variables. Based on the results of research showing significant and significant prices on buying interest, important and significant prices on purchasing decisions, questionable product quality and significant on buying interest, related product quality and significant on buying decisions, buying interest and significant on purchasing decisions, unnecessary Because there are significant differences between buying decisions through buying interest, a significant and significant influence on buying decisions through buying interest. Suggestions are given in order to improve purchasing decisions by improving efforts on variable prices, product quality and buying interest.

Tingkat penjualan produk/ omzet penjualan dapat menunjukkan keputusan pembelian oleh konsumen. Berdasarkan data omzet penjualan Rocket Chicken Woltermonginsidi di Semarang bersifat fluktuatif dan belum mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik pendekatan sampling purposive dengan sampling insidental sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi, uji t dengan aplikasi SPSS versi 22.0 serta analisis Sobel untuk menguji pengaruh variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli, harga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli, kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, minat beli berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, tidak terdapat pengaruh dan signifikan harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, terdapat pengaruh dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Saran yang diberikan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian adalah dengan usaha perbaikan pada variabel harga, kualitas produk dan minat beli.

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: Harga, Kualitas Produk; Minat Beli; Keputusan Pembelian

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.