skip to main content

ANALISIS DISTRIBUSI PEMASARAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI DESA SUKOHARJO, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH

*Melinda Puspa Sari  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Azis Nur Bambang  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
- Sardiyatmo  -  Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Desa Sukoharjo adalah salah satu daerah produsen rajungan. Pemasaran hasil tangkapan rajungan di Desa Sukoharjo tidak melalui TPI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji saluran pemasaran, marjin pemasaran, dan efisiensi pemasaran rajungan di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni 2015 di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampel secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data meliputi aspek teknis, dan aspek pemasaran yang dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah alat tangkap rajungan adalah Set Bottom Gillnet (pejer). Tipe distribusi pemasaran dalam penelitian ini adalah distribusi tidak langsung. Marjin pemasaran rajungan pada nelayanRp. 39.293, pada Tengkulak Rp. 30.000 dan bakul sebesar Rp. 40.000. Efisiensi pemasaran pada nelayan sebesar 0,514664, pada tengkulak 0,052374, dan bakul  0,061991.

 

The village of Sukoharjo is a manufacturer of small crab attaching. The marketing of catches  small crab attaching in the village of Sukoharjo not through FAP.  The purpose of this research was to study the  marketing channels,  marketing  margins, and the efficiency of  marketing  small crab attaching  in the village of  Sukoharjo  Regency of Rembang.  This research was carried out from June 2015 in the village of Sukoharjo, Rembang, Central Java. The methods used in this research is descriptive case studies.Sampling method using the method of random samples. Method of  data collectionusing this type of  data  primary data and  secondary  data. Data capture method used is the  observation,  interviewing,  documentation, methods of data analysis  covering the technical aspects,  and  the  marketing  aspect  analyzed  descriptive  method. The results  of  this  research  is  the capture tool  is a small crab attaching  Bottom  Set Gillnet (pejer).  The type of distribution marketing  in this research is the indirect distribution. Small crab attaching marketing margins at nelayan Rp. 39293, on the middleman 30000  IDR and  the basket of  40000 IDR. The efficiency of marketing on the fishermen of  0.514664, on 0.052374, the middleman and the basket 0.061991.

Fulltext View|Download
Keywords: Distribusi Pemasaran; Marjin Pemasaran; Efisiensi Pemasaran; Rajungan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.