BibTex Citation Data :
@article{JFRUMT10745, author = {Melinda Sari and Azis Bambang and - Sardiyatmo}, title = {ANALISIS DISTRIBUSI PEMASARAN RAJUNGAN (Portunus pelagicus) DI DESA SUKOHARJO, KABUPATEN REMBANG, JAWA TENGAH}, journal = {Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology}, volume = {5}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {Distribusi Pemasaran; Marjin Pemasaran; Efisiensi Pemasaran; Rajungan}, abstract = { Desa Sukoharjo adalah salah satu daerah produsen rajungan. Pemasaran hasil tangkapan rajungan di Desa Sukoharjo tidak melalui TPI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji saluran pemasaran, marjin pemasaran, dan efisiensi pemasaran rajungan di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni 2015 di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampel secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data meliputi aspek teknis, dan aspek pemasaran yang dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah alat tangkap rajungan adalah Set Bottom Gillnet (pejer). Tipe distribusi pemasaran dalam penelitian ini adalah distribusi tidak langsung. Marjin pemasaran rajungan pada nelayanRp. 39.293, pada Tengkulak Rp. 30.000 dan bakul sebesar Rp. 40.000. Efisiensi pemasaran pada nelayan sebesar 0,514664, pada tengkulak 0,052374, dan bakul 0,061991. The village of Sukoharjo is a manufacturer of small crab attaching. The marketing of catches small crab attaching in the village of Sukoharjo not through FAP. The purpose of this research was to study the marketing channels, marketing margins, and the efficiency of marketing small crab attaching in the village of Sukoharjo Regency of Rembang. This research was carried out from June 2015 in the village of Sukoharjo, Rembang, Central Java. The methods used in this research is descriptive case studies.Sampling method using the method of random samples. Method of data collectionusing this type of data primary data and secondary data. Data capture method used is the observation, interviewing, documentation, methods of data analysis covering the technical aspects, and the marketing aspect analyzed descriptive method. The results of this research is the capture tool is a small crab attaching Bottom Set Gillnet (pejer). The type of distribution marketing in this research is the indirect distribution. Small crab attaching marketing margins at nelayan Rp. 39293, on the middleman 30000 IDR and the basket of 40000 IDR. The efficiency of marketing on the fishermen of 0.514664, on 0.052374, the middleman and the basket 0.061991. }, pages = {128--133} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jfrumt/article/view/10745} }
Refworks Citation Data :
Desa Sukoharjo adalah salah satu daerah produsen rajungan. Pemasaran hasil tangkapan rajungan di Desa Sukoharjo tidak melalui TPI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji saluran pemasaran, marjin pemasaran, dan efisiensi pemasaran rajungan di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni 2015 di Desa Sukoharjo, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif studi kasus. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampel secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan jenis data data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data meliputi aspek teknis, dan aspek pemasaran yang dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah alat tangkap rajungan adalah Set Bottom Gillnet (pejer). Tipe distribusi pemasaran dalam penelitian ini adalah distribusi tidak langsung. Marjin pemasaran rajungan pada nelayanRp. 39.293, pada Tengkulak Rp. 30.000 dan bakul sebesar Rp. 40.000. Efisiensi pemasaran pada nelayan sebesar 0,514664, pada tengkulak 0,052374, dan bakul 0,061991.
The village of Sukoharjo is a manufacturer of small crab attaching. The marketing of catches small crab attaching in the village of Sukoharjo not through FAP. The purpose of this research was to study the marketing channels, marketing margins, and the efficiency of marketing small crab attaching in the village of Sukoharjo Regency of Rembang. This research was carried out from June 2015 in the village of Sukoharjo, Rembang, Central Java. The methods used in this research is descriptive case studies.Sampling method using the method of random samples. Method of data collectionusing this type of data primary data and secondary data. Data capture method used is the observation, interviewing, documentation, methods of data analysis covering the technical aspects, and the marketing aspect analyzed descriptive method. The results of this research is the capture tool is a small crab attaching Bottom Set Gillnet (pejer). The type of distribution marketing in this research is the indirect distribution. Small crab attaching marketing margins at nelayan Rp. 39293, on the middleman 30000 IDR and the basket of 40000 IDR. The efficiency of marketing on the fishermen of 0.514664, on 0.052374, the middleman and the basket 0.061991.
Last update:
Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jfrumt is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<
View My Stats