skip to main content

ASSIMILATION BETWEEN TWO GENERATIONS OF CHICANO IMMIGRANTS IN THE UNITED STATES IN A BETTER LIFE MOVIE


Citation Format:
Abstract

Dalam masyarakat majemuk pasti ada keberagaman budaya. Namun untuk hidup dan bertahan di dalamnya bukanlah hal yang mudah. Mereka yang termasuk dalam kelompok minoritas dituntut untuk mengadopsi budaya-budaya yang dimiliki kelompok mayoritas. Proses ini disebut dengan asimilasi. Hal ini dilakukandengan tujuan agar mereka dapat diterima dan mendapat perlakuan dan kesempatan yang sama dengan kelompok mayoritas. Sebagian dari mereka dengan sukarela mengasimilasi budaya-budaya baru dan sebagian lagi sebaliknya. Mereka tetap berpegang pada budaya mereka dan enggan untuk mengadopsi budaya dari kelompok mayoritas seperti yang terjadi pada sebagian besar etnik Chicano. Namun, setiap orang memiliki tingkatan yang berbeda dalam mengadopsi budaya tersebut. Proses asimilasi tersebutdapat direfleksikan dalam karya sastra, salah satunya melalui sebuah film. A Better Life adalah sebuah film yang mencoba untuk mendeskripsikan tentang hidup seorang ilegal imigran asal Meksikodan seorang anaknya di tengah- tengah masyarakat Amerika Serikat. Di dalam film ini,digambarkan bagaimana perbedaan asimilasi yang dialami oleh dua generasi yang berbeda.

            Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan tingkatan dalam proses asimilasi yang dialami oleh dua generasiChicano yang berbeda. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan pendekatan sosilogi. Penulis mengaplikasikan teori asimilasi dalam menganalisis film.

            Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum, generasi kedua lebih terasimilasi dari pada generasi pertamaseperti yang digambarkan dalam film A Better Life. Terdapat perbedaan tingkatan yang tipis di dalam beberapa sub proses asimilasi yang dialami generasi pertama dan kedua. Perbedaan tersebut terjadi pada sub proses asimilasi budaya dan asimilasi struktural sekunder yang mengacu pada pencapaian dalam pekerjaan dan pendidikan. Selain itu, terdapat persamaan dalam sub proses asimilasi struktural primer, yaitu asimilasi yang mengacu pada kontak sosial dalam masyarakat. Hal ini disebabkan oleh tingginya kekeluargaan yang dimiliki etnik Chicano yang menjagakeeratan hubungan sosial diantara mereka.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.