skip to main content

Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Japanese Literature?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL “JAPANESE LITERATURE”

 

Artikel yang dimuat dalam jurnal Japanese Literature merupakan ringkasan skripsi yang harus disusun berurutan dengan item-item sebagai berikut:

  1. Judul Skripsi;
  2. Nama Mahasiswa (nama pertama) diikuti Nama Pembimbing (nama terakhir) yang dituliskan tanpa gelar;
  3. Nama Jurusan/Program Studi dan Fakultas dan Universitas diikuti alamatnya;
  4.  Abstrak (judul diikuti teks abstrak) dan diikuti Kata Kunci
  5. Pendahuluan (latar belakang dan tujuan)
  6. Isi makalah (metode, hasil, dan deskripsi/pembahasan)
  7.  Kesimpulan
  8. Daftar Pustaka (hanya dituliskan yang diacu di dalam makalah ini).

 

Pedoman penulisan artikel adalah sebagai berikut:

  1. Naskah belum pernah dimuat di media lain. Diketik dengan memakai font Times New Roman ukuran 12, spasi 1 pada kertas A4, jumlah 5-10 halaman dilengkapi abstrak sebanyak 100-150 kata (Bahasa Inggris) dan kata kunci sebanyak 5 deskriptor.  Naskah diserahkan ke program studi dalam bentuk hardcopy dan softcopy.
  2. Naskah yang dapat dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang penelitian, yang berkaitan dengan bahasa dan kesusastraan Jepang.
  3. Penulisan pustaka acuan yang bersumber dari internet, agar ditulis secara berurutan sebagai berikut : penulis, judul, alamat web, dan tanggal unduh (download). Pustaka acuan disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis. Contoh: Kindaichi, Hayashi, 1988, An Encyclopedia of The Japanese Language, Taishukan Shoten, Tokyo.
  4. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tata baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (terbaru).
  5. Penulisan kutipan menggunakan model ‘end note’ yaitu catatan pada akhir kalimat dengan menuliskan nama pengarang, tahun terbit, halaman.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.