skip to main content

PENGARUH MINYAK IKAN DAN LESITIN DENGAN DOSIS BERBEDA DALAM PAKAN TERHADAP PEMANFAATAN PAKAN DAN PERTUMBUHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio)

*- Kurniasih  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
- Subandiyono  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia
- Pinandoyo  -  Program Studi Budidaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Fungsi makanan bagi ikan adalah sebagai sumber energi yang diperlukan dalam proses fisiologi ikan. Oleh karena itu, makanan sebaiknya mengandung lemak dan komponen nutrisi lainnya. Lemak merupakan salah satu komponen makro nutrien yang memberikan kandungan energi terbesar dibandingkan dengan karbohidrat dan komponen lain. Lemak pakan mempunyai 2 fungsi utama, yaitu sebagai sumber energi metabolik dan sebagai sumber dari berbagai komponen asam lemaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minyak ikan dan lesitin dengan dosis berbeda dalam pakan terhadap pemanfaatan pakan dan pertumbuhan ikan mas (C. carpio).

Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 kali ulangan.  Perlakuan yang diterapkan pada perlakuan A  menggunakan minyak ikan:lesitin sebanyak (0,0:0,0%), perlakuan B (0,30:0,0%), perlakuan C (0,60:0,30%), dan perlakuan D (0,90:0,60%). Hewan uji yang digunakan dalam penelitian adalah ikan mas (C. carpio) yang berasal dari Banjarnegara, dengan rerata bobot 1,62±0,23g dengan padat penebaran 1 ekor/1 liter air yang ditampung dalam toples plastik volume 8 liter, dengan masa pemeliharaan selama 35 hari. Sumber air yang digunakan pada penelitian ini adalah air tawar. Frekuensi pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 kali sehari pada jam 08.00, 12.00, dan 14.00 WIB secara  at satiation

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian minyak ikan dan lesitin ke dalam pakan buatan dengan dosis yang berbeda pada tiap perlakuan, memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap laju pertumbuhan relatif (RGR), efisiensi pemanfaatan pakan (EPP) dan protein efisiensi rasio (PER) pada ikan mas (C. carpio). Sedangkan pada variabel tingkat konsumsi pakan dan kelulushidupan tidak berpengaruh nyata (P>0,05). Perlakuan D merupakan hasil tertinggi dengan  nilai RGR (2.41 ±0.07%/hari), EPP (59.09±1.36%), PER (1.97±0.05%). Minyak ikan dan lesitin dengan dosis berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap pemanfaatan pakan dan pertumbuhan ikan mas.

 

The function of feed for fish as an energy source was required in the physiologycal processes. Therefore, the feed should contain fats, and other nutrients componds. Fat provide largest energy compared to carbohydrates for the similar weight. Fat in the diet have two main fuctions, that were as a metabolic energy and as a fatty acid sources. The aim of this research was to assess the role of fish oil and lecitine with different doses in the diet on the growth of carp.

The method of the research used completely randomized design, which consisted of 4 treatments and 3  replicates. The experimental namely A, B, C, and D, that were animal and vegetable oil on trial diet as much as 0,0:0,0 ; 0,3:0,0 ; 0,60:0,30 ; and 0,90:0,60%), respectively. The trial fish was carp with the average body weigh of 1.62±0.23g. The fish was maintained in 8 L- plastic tanks for 35 days. The fish were fed, at satiation for 3 times a day, at 08.00, 12.00, and 16.00 local time.

The data showed that the role of fish oil and lecitine with different doses and in the diet resulted on the significantly different (P<0,05) on the relative growth rate (RGR), feed utilization efficiency (EPP), and protein efficiency ratio (PER) of the carp. While for feed consumption rate (FCR) and survival rate (SR) were not significantly different (P>0,05). D treatment resulted on the highest RGR values (2.41±0.07%/days), EPP (5.09±1.36%), PER (1.97±0.05%). Values, fish oil and lecitine with different doses was able to increase on the growth of carp.

Fulltext View|Download
Keywords: Minyak ikan; lesitin; dosis; pakan; pertumbuhan; ikan mas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.