Analisis Kelulushidupan dan Pertumbuhan Benih Ikan Nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5 D30-D70 pada Berbagai Salinitas

Ajeng Suci Fitria

Abstract


Nila dapat hidup di air tawar, air payau dan air laut dengan kadar garam antara 0-35 ppt. Ikan nila (Oreochromis niloticus) air tawar dapat dipindah ke air asin dengan proses adaptasi bertahap, yaitu dengan menaikkan kadar garam sedikit-demi sedikit. Untuk meningkatkan produksi budidaya khususnya ikan nila (Oreochromis niloticus), dapat dilakukan dengan cara mengetahui media pemeliharaan yang optimal bagi kelulushidupan dan pertumbuhan ikan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh salinitas berbeda terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan benih ikan nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5 serta mengetahui salinitas terbaik dalam media pemeliharaan benih ikan nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Juni tahun 2012, bertempat di Satker PBIAT, Janti – Klaten, Jawa Tengah.

Ikan uji yang digunakan adalah benih ikan nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5 berukuran 3–5 cm. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan masing – masing 3 kali ulangan. Perbedaan salinitas media pemeliharaan pada setiap perlakuan A, B, C, D, dan E masing - masing adalah 0, 15, 20, 25, dan 30 ppt. Benih ikan dipelihara dalam wadah pemeliharaan dengan volume air 20 liter dan kepadatan 20 ekor setiap wadahnya selama 40 hari. Pemberian pakan dilakukan secara at satiation pada pukul 08.00, 12.00, dan 16.00 WIB.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan salinitas berpengaruh nyata terhadap kelulushidupan dan berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan dan rasio konversi pakan ikan nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5 serta media salinitas 0–20 ‰ baik bagi kelulushidupan dan pertumbuhan benih ikan nila Larasati (Oreochromis niloticus) F5.

 


Keywords


Ikan Nila; Salinitas; Kelulushidupan; Pertumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Journal of Aquaculture Management and Technology by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jamt is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats