BibTex Citation Data :
@article{IO9283, author = {Rony Setiawan and Agus Naryoso and Lintang Rahmiaji and Tandiyo Pradekso}, title = {AUDIT BRANDING GRAND CANDI HOTEL SEMARANG DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI}, journal = {Interaksi Online}, volume = {3}, number = {4}, year = {2015}, keywords = {audit branding, okupansi, Grand Candi Hotel, the galery hotel, marketing communication.}, abstract = { Grand Candi Hotel merupakan salah satu independent hotel bintang lima yang berdiri di Kota Semarang. Okupansi Grand Candi Hotel pada awal tahun 2015 sangat rendah, di bawah 60%. Okupansi awal tahun 2015 lebih rendah dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Rendahnya okupansi disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: melemahnya kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2015 yang berdampak krisis pada semua sektor usaha, diterbitkannya surat edaran Men-PAN RB No. 10/2014, dan persaingan bisnis perhotelan yang sangat tinggi dengan dibangunnya hotel-hotel baru di Semarang. Dalam menghadapi situasi tersebut, Departemen Marketing Komunikasi Grand Candi Hotel merencanakan berbagai program untuk mempertahankan dan meningkatkan okupansi. Grand Candi Hotel menetapkan konsep branding sebagai the galery hotel sebagai unique selling propostion (USP), yaitu sebagai satusatunya hotel di Kota Semarang dengan konsep the galery hotel . Peneliti menggunakan audit branding untuk mengevaluasi dan menganalisis branding yang dilakukan oleh Grand Candi Hotel Semarang pada tahun 2015. Teori yang dipakai adalah teori branding, teori positioning, dan teori komunikasi pemasaran terpadu. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian audit komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa berupa wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Grand Candi Hotel sejak tahun 2000 telah menggunakan konsep branding “the galery hotel” untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatan hotel. Konsep tersebut diimplementasikan ke dalam berbagai program yang ditentukan bersama-sama oleh seluruh HOD dan GM. Program-program tersebut berupa kegiatan marketing komunikasi untuk membangun brand value, price value, brand association, brand experience, business to business branding, dan online branding. Dalam pelaksanaanya, ditemukan kekurangan pada pelaksanaan media relations, community relations, pemanfaatan website, pemanfaatan social media, mengukur media coverage, program membership, dan pengurangan pada anggaran branding. Saran peneliti bagi akademis yaitu: bagi penelitian selanjutnya diharapkan tidak menggunakan indikator keberhasilan branding pada hotel dari meningkatnya okupansi saja, tetapi juga dapat menggunakan indikator peningkatan pada jumlah member hotel, peningkatan penjualan pada foods and baverages, dan penggunaan fasilitas ruangan untuk MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exibition). Saran praktis bagi Grand Candi Hotel yaitu: mengadakan program gathering dan media visit, mengelola dan mengayomi suatu forum komunitas, merubah website ke dalam bentuk yang lebih dinamis dan menarik, membuat perencanaan yang matang dalam melakukan online branding, melakukan media coverage, meningkatkan jumlah pengguna Priviledge Card Membership, mempertahankan dan meningkatkan service quality pada tamu hotel, serta melakukan renovasi untuk memperluas fasilitas Grand Sport. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/9283} }
Refworks Citation Data :
Grand Candi Hotel merupakan salah satu independent hotel bintang limayang berdiri di Kota Semarang. Okupansi Grand Candi Hotel pada awal tahun2015 sangat rendah, di bawah 60%. Okupansi awal tahun 2015 lebih rendahdibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Rendahnya okupansi disebabkan olehbeberapa faktor, diantaranya: melemahnya kondisi ekonomi Indonesia di tahun2015 yang berdampak krisis pada semua sektor usaha, diterbitkannya surat edaranMen-PAN RB No. 10/2014, dan persaingan bisnis perhotelan yang sangat tinggidengan dibangunnya hotel-hotel baru di Semarang.Dalam menghadapi situasi tersebut, Departemen Marketing KomunikasiGrand Candi Hotel merencanakan berbagai program untuk mempertahankan danmeningkatkan okupansi. Grand Candi Hotel menetapkan konsep branding sebagaithe galery hotel sebagai unique selling propostion (USP), yaitu sebagai satusatunyahotel di Kota Semarang dengan konsep the galery hotel .Peneliti menggunakan audit branding untuk mengevaluasi danmenganalisis branding yang dilakukan oleh Grand Candi Hotel Semarang padatahun 2015. Teori yang dipakai adalah teori branding, teori positioning, dan teorikomunikasi pemasaran terpadu. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatifdengan tipe penelitian audit komunikasi. Teknik pengumpulan data yangdigunakan berupa berupa wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa Grand Candi Hotel sejak tahun 2000telah menggunakan konsep branding “the galery hotel” untuk mempertahankandan meningkatkan pendapatan hotel. Konsep tersebut diimplementasikan kedalam berbagai program yang ditentukan bersama-sama oleh seluruh HOD danGM. Program-program tersebut berupa kegiatan marketing komunikasi untukmembangun brand value, price value, brand association, brand experience,business to business branding, dan online branding. Dalam pelaksanaanya,ditemukan kekurangan pada pelaksanaan media relations, community relations,pemanfaatan website, pemanfaatan social media, mengukur media coverage,program membership, dan pengurangan pada anggaran branding.Saran peneliti bagi akademis yaitu: bagi penelitian selanjutnyadiharapkan tidak menggunakan indikator keberhasilan branding pada hotel darimeningkatnya okupansi saja, tetapi juga dapat menggunakan indikatorpeningkatan pada jumlah member hotel, peningkatan penjualan pada foods andbaverages, dan penggunaan fasilitas ruangan untuk MICE (Meeting, Incentive,Conference, Exibition).Saran praktis bagi Grand Candi Hotel yaitu: mengadakan programgathering dan media visit, mengelola dan mengayomi suatu forum komunitas,merubah website ke dalam bentuk yang lebih dinamis dan menarik, membuatperencanaan yang matang dalam melakukan online branding, melakukan mediacoverage, meningkatkan jumlah pengguna Priviledge Card Membership,mempertahankan dan meningkatkan service quality pada tamu hotel, sertamelakukan renovasi untuk memperluas fasilitas Grand Sport.
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.