PROSES STRATEGI BRANDING YANG DILAKUKAN PEMERINTAH KOTA MAGELANG MELALUI PESAN KOTA SEJUTA BUNGA

Kartika Ayu Pujamurti, Agus Naryoso, M Bayu Widagdo, Hedi Pudjo Santosa

Abstract


Sebuah kota dituntut terlibat dalam kegiatan pemasaran dan branding untuk
meningkatkan citra kota. Sehingga diharapkan mampu memposisikan dan menjadi
image kota. Menyambut hal ini beberapa Kepala Daerah mulai menawarkan potensi
daerah termasuk Pemerintah Kota Magelang.
Pemerintah Kota Magelang membranding Magelang dengan “Kota Sejuta
Bunga”. Untuk menyampaikan pesan Kota Sejuta Bunga maka Pemerintah Kota
Magelang melakukan pembangunan fisik Kota Magelang termasuk melakukan
penataan taman kota.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi branding dan mengevaluasi proses strategi branding yang dilakukan
Pemerintah Kota Magelang melalui pesan Kota Sejuta Bunga. Fase-fase destination
branding menjadi dasar dalam evaluasi branding Kota Magelang. Oleh karena itu,
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses branding yang dilakukan oleh
Kota Magelang sudah sesuai dengan konsep branding. Hal ini dapat dilihat melalui
hal-hal yang telah dilakukan Kota Magelang untuk mewujudkan Kota Sejuta Bunga.


Keywords


branding, Magelang, komunikasi, city branding.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung