RESEPSI KHALAYAK TERHADAP SOSOK USTADZ DALAM KASUS USTADZ GUNTUR BUMI PADA TAYANGAN INFOTAINMENT

Sulastri _, Adi Nugroho, Hedi Pudjo Santosa, M Bayu Widagdo

Abstract


Televisi merupakan teknologi audio visual yang dapat menyajikan informasi
dan hiburan secara cepat, terjangkau, dan umum dimiliki oleh masyarakat. Setiap
stasiun televisi berusaha memberikan program-program terbaru sesuai dengan tren
program yang berlangsung. Begitu beranekaragam produk yang disajikan televisi,
salah satu produk unggulan yang disajikan televisi adalah infotainment.
Ustadz adalah sosok seorang guru agama dan menjadi panutan bagi
jemahnya. Ustadz Guntur Bumi yang terseret kasus penipuan menjadi target
pemberitaan oleh infotainment. Tayangan infotainment sangat menarik untuk di teliti,
karena selalu melakukan blow up yang berlebihan dari suatu masalah yang sedang
dihadapi oleh pesohor. Infotainment juga melakukan judging terhadap berita-berita
yang memojokan pesohor. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerimaan audiens mengenai pemberitaan Guntur Bumi di
infotainment. Penelitian ini menggunakan model encoding-decoding Stuart Hall
untuk menjelaskan jalannya proses encoding-decoding pemberitaan dari
infotainment.
Penelitian ini adalah penelitian dengan tipe deskriptif yang bersifat kualitatif
dan menggunakan pendekatan analisis resepsi. Hasil penelitian ini adalah analisis
resepsi khalayak dipandang sebagai produser makna yang tidak hanya menjadi
konsumen isi media. Hasil penelitian akan membagi khalayak ke dalam tiga posisi
pemaknaan. Yaitu kelompok dominat reading, khalayak yang menerima sosok
ustadz yang ditayangkan oleh infotainment sesuai dengan preferred reading (makna
dominan). Kelompok negotiated reading, memaknai sosok ustadz sesuai dengan
pemberitaan, namun tidak setuju dengan pemberitaannya di infotainment.Sedangkan
kelompok oppositional reading, adalah khalayak yang memiliki pemaknaan yang
berbeda sama sekali dengan makna dominan.
Penelitian ini sangat terbuka untuk dikaji dari sudut pandang dan metode
berbeda dan menjadi dasar penelitian selanjutnya, terutama hal mengenai
pemberitaan pesohor di infotainment dan khalayak aktif sehingga dapat menambah
kajian penerimaan khalayak.
Kata Kunci : analisis resepsi, infotainment, sosok, pemberitaan, ustadz


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung