PRODUKSI PROGRAM KULINER PADA PROGRAM ACARA WISATA JALAN KULINER CAKRA SEMARANG TV (Peran dan Pertanggungjawaban Sebagai Juru Kamera dan Penyunting Gambar)

Published: 2 Jul 2014.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kuliner adalah segala hal yang berhubungan dengan konsumsi makanan sehari-hari. Kuliner adalah bagian dari gaya hidup dan untuk itu menarik untuk diangkat menjadi sebuah tayangan televisi. Wisata Jalan Kuliner adalah salah satu program acara di stasiun TV lokal Cakra Semarang TV yang mengangkat tema ini. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai kuliner yang enak dan menarik baik dari sisi historis maupun cita rasa. Diharapkan acara ini mampu menjadi referensi bagi penonton yang ingin menambah wawasan dan pengalaman dalam menikmati makanan di Semarang. Untuk itu penulis beserta tim membuat news feature ini ke dalam acara tersebut. Dengan tujuan yang kurang lebih sama; untuk mengemas informasi mengenai bagaimana cara menikmati, menampilkan proses pembuatan secara mendalam, serta nilai historis dari berbagai jajanan di Semarang.
Jajanan klenyem, timus, lumpia, tahu isi rebung, wingko babat, gandos, wedang rempah, dan wedang kacang tanah merupakan jajanan di semarang yang masih diminati oleh sebagian besar masyarakat. News feature ini dibuat dalam empat episode, yang tayang sekali setiap minggunya selama empat minggu berturut-turut dan dibagi berdasarkan bahan dasar jajanannya. Di tiap episode penulis beserta tim mewawancarai narasumber yang berkaitan dengan jajanan yang dibahas. Narasumber tersebut seperti penjual, pembuat jajanan, konsumen, maupun pendapat masyarakat umum. Kata kunci: Kuliner, News Feature, Televisi, Juru Kamera, Editor

Article Metrics: