skip to main content

Memahami Pengalaman Pengguna Instant Messenger Terhadap Brand yang Melakukan Sales Promotion di Instant Messenger (Studi Fenomenologi terhadap Pengikut Plus Friends KakaoTalk)


Citation Format:
Abstract

Tingginya penggunaan Instant Messenger menunjukan kenaikan yang
cukup signifikan. Ini menunjukan bahwa sudah lebih banyak orang yang
mengirimkan pesan melalui Instant Messenger dibandingkan dengan SMS. Oleh
karena itu tak heran jika berbagai produsen maupun pemasar juga menggunakan
media ini sebagai alat promosi mereka, salah satunya adalah KakaoTalk. Ketika di
media lain promo semacam ini cenderung dihindari, tetapi yang menarik adalah
dengan adanya Plus Friends ini orang justru secara sukarela menjadi pengikutnya.
Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji motives pengikut plus friends,
bagaimana pemrosesan informasi dari brand dan apa efek dan persepsi terhadap
brand.
Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif, Tipe penelitian
Kualitatif dan pendekatan fenomenologi yang berusaha untuk menyelami dunia
pengalaman individu dalam kasus ini, yaitu pemaknaan pengalaman para pengikut
Plus Friends untuk mengetahui motives pengikut plus friends, bagaimana
pengalaman mereka ketika memproses pesan dari 5 brand plus friends dan apa
persepsi mereka terhadap brand. Teori yang digunakan untuk mengetahui motives
adalah Uses and Gratification, sedangkan untuk mengetahui pemrosesan
informasi menggunakan konsep atau penjelasan dari Elaborate Likelihood Model
dimana teori ini juga sekaligus menjelaskan persepsi. Penelitian ini menggunkan
teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam (Indepth Inerview)
pada 5 orang informan yang menjadi pengikut Plus Friends.
Temuan penelitian ini menunjukan motives pengikut plus friends ini
ditentukan oleh motives cultural dan motives kognitif, sedangkan pemrosesan
informasi terjadi pada jalur periferal kemudian menuju jalur central. Perpindahan
jalur tersebut dipengaruhi oleh Persepsi konsumen terkait pesan pada Plus Friends
menghasilkan 3 tingkatan yang berbeda yaitu tidak berubah, tertarik dan
menyukai. Rasa suka yang muncul disertai dengan perubahan sikap (attitude)
yaitu menukarkan kupon Plus Friends secara langsung.
Key words : Pemrosesan Informasi, Motives, Persepsi, Instant Messenger

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.