BibTex Citation Data :
@article{IO52343, author = {Rafi Izzuddin and Nurist Ulfa}, title = {KAMPANYE KOMUNIKASI PEMASARAN BRAND EXPANSION WARDAH UNTUK SEGMEN WANITA 18-25 TAHUN DI KOTA SEMARANG SEBAGAI CAMPAIGN STRATEGIST}, journal = {Interaksi Online}, volume = {13}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {Wardah, Glow Rhythm, campaign strategist, komunikasi pemasaran, Integrated Marketing Communication (IMC)}, abstract = { Wardah merupakan salah satu pelopor brand kecantikan di Indonesia yang didirikan pada tahun 1995. Sebagai brand yang sudah berdiri sejak lama, Wardah sudah menjadi top of mind dalam pilihan produk kecantikan di Indonesia khususnya pada segmen konsumen muslimah. Meski menjadi salah satu pelopor brand kecantikan di Indonesia, Wardah menghadapi permasalahan yaitu market share yang rendah pada segmen wanita usia 18-25 tahun jika dibandingkan dengan segmen wanita usia di atas 25 tahun. Padahal, segmen usia 18-25 tahun merupakan segmen pengguna produk kecantikan di Indonesia dengan jumlah 89% dari total pengguna. Karya bidang ini membahas mengenai strategi kampanye komunikasi pemasaran sebagai metode brand expansion untuk menjangkau segmen wanita usia 18-25 tahun. Kampanye ini menggunakan Integrated Marketing Communication (IMC) Mix yang menggabungkan beberapa tools yaitu Content Marketing, Advertising, Influencer Marketing, Sales Promotion, Event Marketing, dan Direct Selling yang berada di bawah kampanye Glow Rhythm. Hasil evaluasi dari kampanye komunikasi pemasaran melalui kampanye Glow Rhythm sebagai kampanye terobosan untuk menjangkau segmen wanita usia 18-25 tahun bagi Wardah adalah capaian online berupa memperoleh 569 pengikut baru di media sosial dari KPI sejumlah 500 pengikut baru, memperoleh views sejumlah 114.662 dari KPI sejumlah 50.000 views, dan mendapatkan total interactions sejumlah 2.563 dari KPI sejumlah 2.000. Sedangkan untuk capaian aktivasi offline Wardah Youth Festival by Glow Rhythm, kampanye ini berhasil mendapatkan total 142 peserta dari KPI sejumlah 100 peserta, menghasilkan sales sejumlah Rp. 15.144.300 dari KPI sejumlah Rp. 6.000.000, dan mendorong ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk Wardah sebanyak 97,2% dari KPI sejumlah 70% yang didapatkan dari hasil evaluasi acara. Dalam program ini, penulis yang berperan sebagai campaign strategist memberi kontribusi pada perencanaan kampanye menggunakan strategi komunikasi, event planning, dan evaluasi metrik kampanye. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/52343} }
Refworks Citation Data :
Wardah merupakan salah satu pelopor brand kecantikan di Indonesia yang didirikan pada tahun 1995. Sebagai brand yang sudah berdiri sejak lama, Wardah sudah menjadi top of mind dalam pilihan produk kecantikan di Indonesia khususnya pada segmen konsumen muslimah. Meski menjadi salah satu pelopor brand kecantikan di Indonesia, Wardah menghadapi permasalahan yaitu market share yang rendah pada segmen wanita usia 18-25 tahun jika dibandingkan dengan segmen wanita usia di atas 25 tahun. Padahal, segmen usia 18-25 tahun merupakan segmen pengguna produk kecantikan di Indonesia dengan jumlah 89% dari total pengguna. Karya bidang ini membahas mengenai strategi kampanye komunikasi pemasaran sebagai metode brand expansion untuk menjangkau segmen wanita usia 18-25 tahun. Kampanye ini menggunakan Integrated Marketing Communication (IMC) Mix yang menggabungkan beberapa tools yaitu Content Marketing, Advertising, Influencer Marketing, Sales Promotion, Event Marketing, dan Direct Selling yang berada di bawah kampanye Glow Rhythm. Hasil evaluasi dari kampanye komunikasi pemasaran melalui kampanye Glow Rhythm sebagai kampanye terobosan untuk menjangkau segmen wanita usia 18-25 tahun bagi Wardah adalah capaian online berupa memperoleh 569 pengikut baru di media sosial dari KPI sejumlah 500 pengikut baru, memperoleh views sejumlah 114.662 dari KPI sejumlah 50.000 views, dan mendapatkan total interactions sejumlah 2.563 dari KPI sejumlah 2.000. Sedangkan untuk capaian aktivasi offline Wardah Youth Festival by Glow Rhythm, kampanye ini berhasil mendapatkan total 142 peserta dari KPI sejumlah 100 peserta, menghasilkan sales sejumlah Rp. 15.144.300 dari KPI sejumlah Rp. 6.000.000, dan mendorong ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk Wardah sebanyak 97,2% dari KPI sejumlah 70% yang didapatkan dari hasil evaluasi acara. Dalam program ini, penulis yang berperan sebagai campaign strategist memberi kontribusi pada perencanaan kampanye menggunakan strategi komunikasi, event planning, dan evaluasi metrik kampanye.
Last update:
Interaksi Online, is published by Undergraduate Program of Communication Science, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024) 7460056, Fax: (024)7460055