skip to main content

KONSTRUKSI KOMODIFIKASI FEMISIDA DALAM UTAS DI MEDIA SOSIAL X TERKAIT FILM VINA: SEBELUM 7 HARI

*Wulan Maulidia  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia
Triyono Lukmantoro  -  Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi komodifikasi femisida dalam utas di media sosial X terkait film Vina: Sebelum 7 Hari pada akun @neohistoria_id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes dan analisis linguistik. Dalam membedah makna denotasi, teks dikaji dengan analisis linguistik yaitu aspek fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik. Sedangkan, lima kode pembacaan teks Roland Barthes untuk memahami makna konotasi temuan penelitian yaitu hemeneutika, proairetik, simbol, kultural, dan semik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dalam bentuk screenshot dan copy paste dari data tweet dalam rangkaian utas akun media sosial X @neohistoria_id. Penelitian ini menggunakan teori standpoint, feminisme radikal, dan teori new media untuk menganalisis komodifikasi femisida yang dikonstruksi dalam utas terkait film Vina: Sebelum 7 Hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya bentuk komodifikasi femisida dalam utas, penggunaan bahasa-bahasa seksualitas untuk meningkatkan engagement. Selain itu, kritik terhadap film yang masih menjadi perbincangan publik dengan berfokus pada etika penggambaran kekerasan seksual dan seksualitas, yang dalam beberapa hal dianggap melanggar batasan etika, menimbulkan pro dan kontra dalam interaktivitas komentar di dalamnya dapat menaikkan jumlah impression. Impression pada akun media sosial X Blue atau termonetisasi berfungsi untuk mendapatkan pay out dari pihak X.
Fulltext View|Download
Keywords: Utas; Media Sosial X; Film Vina: Sebelum 7 Hari; Semiotika Roland Barthes

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.