skip to main content

Kembang Soca Paranggani


Citation Format:
Abstract

Nama : Kembang Soca Paranggani
NIM : D2C009086
Judul : Pengaruh Intensitas Mengkonsumsi Program Televisi bermuatan
Jurnalisme Warga dan Partisipasi Coaching Citizen Journalism terhadap
Minat Mahasiswa menjadi Jurnalis Warga
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat masyarakat termasuk
mahasiswa untuk menjadi jurnalis warga. Hal tersebut diperoleh dari sedikitnya partisipasi
masyarakat yang mengirimkan karya jurnalis warga pada program televisi bermuatan
jurnalisme warga. Padahal, kemajuan teknologi seperti keberadaan alat komunikasi yang
semakin canggih seharusnya mempermudah masyarakat untuk saling berbagi informasi. Oleh
karenanya, media televisi seperti Metro TV dan SCTV membuat program on air seperti Wide
Shot dan Citizen6 maupun program off air bermuatan jurnalisme warga yakni coaching
citizen journalism. Oleh karenanya, ketika seseorang mengkonsumsi program tersebut dan
berpartisipasi dalam coaching diharapkan dapat mempengaruhi minatnya untuk menjadi
jurnalis warga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengkonsumsi
program televisi bermuatan jurnalisme warga dan partisipasi coaching citizen journalism
terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Teori yang digunakan pada penelitian ini
adalah teori Powerfull Effect dan Teori Pembelajaran Sosial dari Albert Bandura. Penelitian
ini merupakan tipe penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan
paradigma positivistik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Semarang
yang pernah menjadi peserta dalam SCTV Goes to Campus 2012 yang digelar di kampus
FISIP Undip. Sampel yang digunakan adalah random sampling atau probability sampling
dengan tekhnik simple random sampling maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 67
responden. Berdasarkan perhitungan statistik dengan menggunakan analisis regresi
sederhana, maka diperoleh pengaruh yang sangat signifikan. Variabel intensitas
mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga (X1) memiliki pengaruh
sebesar 0,112 terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga (Y) dengan nilai signifikansi
sebesar 0,003 < 0,01 maka H0 ditolak dengan koefisien regresi sebesar 0,017. Dapat
disimpulkan bahwa variabel intensitas mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme
warga berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Selanjutnya,
partisipasi coaching citizen journalism (X2) memiliki pengaruh sebesar 0,204 terhadap minat
mahasiswa menjadi jurnalis warga (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 <0,01 maka H0 ditolak
dengan koefisien regresi sebesar 0,086. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel partisipasi
coaching citizen journalism berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis
warga.
Kata kunci: Intensitas, Partisipasi dan Minat
Nama : Kembang Soca Paranggani
NIM : D2C009086
Judul : The Influence Intensity of Consuming Television Program containing
Citizen Journalism and The Participation of Coaching Citizen
Journalism towards The College Student Interest to be a Citizen
Journalist.
ABSTRACT
The background of the research was based on the lack of public interest including students to
be a citizen journalist. It is derived from the least participation of citizen journalists who
submit their video or news on television program countaining citizen journalism. In fact, the
technology is becoming more sophisticated and easier for people to share information.
Therefore, the television media such as Metro TV and SCTV made an on air program (Wide
Shot and Citizen6) and also made an off air pogram that is coaching citizen journalism for
educating people. The media expected to affect people’s interest to be a citizen journalist
when they consume the program and participate in coaching citizen journalism.
The purpose of this research is to find out the influence intensity of consuming
television program containing citizen journalism and the participation of coaching citizen
journalism towards the college student interest to be a citizen journalist. The theory used in
this research is the theory Powerful Effect and Social Learning Theory of Albert Bandura.
This reaserch is type of explanatory with a quantitative, and uses paradigm of positivisme.
The reaserch's subjects were the college students in Semarang who had participated in SCTV
Goes to Campus 2012 held at the Faculty of Political and Social Science, Undip. The used
sample is random sampling or probability sampling with simple random sampling technique
with 67 respondents. Based on the statistic computation with Simple Regression Analysis,
then there is known a significant result. Variable the influence intensity of consuming
television program containing citizen journalism (X1) has the effect of 0.112 on the college
student interest to be a citizen journalist (Y) with a significance value of 0.003 <0.01 then H0
is rejected with koefisien regression of 0,017. It can be concluded that the influence intensity
of consuming television program containing citizen journalism has a positive effect on on the
college student interest to be a citizen journalist. Furthermore, the participation of coaching
citizen journalism (X2) has the effect of 0.204 on the college student interest to be a citizen
journalist (Y) with a significance value of 0.000 <0.01 then H0 is rejected with koefisien
regression of 0,086. It can be concluded that the participation of coaching citizen journalism
has a positive effect on on the college student interest to be a citizen journalist.
Keywords: Intensity, Participation and Interests
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Fenomena jurnalisme warga semakin berkembang berkat kemajuan teknologi komunikasi
yang begitu pesat. Kemajuan teknologi alat rekam, internet, dan streaming turut
membuka akses masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menghadirkan informasi
semakin cepat dan terbuka. Meskipun kemajuan teknologi komunikasi telah memberikan
ruang gerak yang luas bagi perkembangan jurnalisme warga di Indonesia, akan tetapi
pada kenyataanya animo masyarakat untuk berpartisipasi menjadi jurnalis warga masih
tergolong rendah. Hal tersebut diungkapkan oleh oleh Syaifudin, produser Wide Shot
Metro TV, Imam Suwandi, produser Wide Shot Metro TV divisi jurnalisme warga, dan
Tria Maulida Putri selaku ketua panitia seminar dan talkshow dengan tema “Enchanching
National Economic Journalism.
Oleh karenanya, sebagai program televisi bermuatan jurnalis warga, Metro TV
melalui program Wide Shot dan SCTV melalui program online Citizen6 melakukan
beragam upaya untuk mendorong minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Metro TV
dan SCTV mengadakan pelatihan atau coaching citizen journalism di berbagai
universitas di Indonesia. Oleh karenanya, masalah dalam penelitian ini apakah terdapat
pengaruh intensitas mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga dan
partisipasi coaching citizen journalism terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis
warga?
1.2 Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengkonsumsi program
televisi bermuatan jurnalisme warga dan partisipasi coaching citizen journalism terhadap
minat mahasiswa menjadi jurnalis warga
1.3 Kerangka Teori
- Powerfull Effects Theory : Teori ini mengasumsikan bahwa media massa dapat
menyuntikkan informasi ide, dan bahkan propaganda ke public.
- Teori Pembelajaran Sosial : Teori hasil penelitian Albert Bandura ini memandang
bahwa seseorang dapat belajar, baik dengan cara mengamati, diberikan cerita tentang
sesuatu, atau melalui pengalaman langsung.
Bagan geometri :
1.4 Hipotesis
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut :
1. Intensitas mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga berpengaruh
positif terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga
2. Partisipasi coaching citizen journalism berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa
menjadi jurnalis warga.
1.5 Metode Penelitian
- Tipe Penelitian : penelitian eksplanatif (explanatory)
- Sampel : peserta coaching SCTV Goes to Campus 2012 sebanyak 67 responden.
- Teknik penarikan sampel : teknik Simple Random Sampling
- Teknik analisis data : kuantitatif dengan mengganakan uji analisis Simple Regression.
Sebelum melakukan penyebaran kuesioner diakukan uji validitas dan reliabilitas.
Kemudian sebelum melakukan pengolahan data dilakukan uji Asumsi Klasik.
Intensitas mengkonsumsi Program Televisi
bermuatan Jurnalisme Warga ( X1)
Partisipasi Coaching Citizen Journalism (X2)
Minat Mahasiwa menjadi
Jurnalis Warga (Y)
PEMBAHASAN
2.1 Pengaruh Intensitas Mengkonsumsi Program Televisi Bermuatan Jurnalisme
Warga terhadap Minat Mahasiswa menjadi Jurnalis Warga
Berdasarkan hasil pengujian uji regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,003 dengan koefisien regresi sebesar 0,017. Oleh karena sig sebesar 0,003 < 0,01 maka
H0 ditolak atau dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi variabel intensitas
mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga berpengaruh positif
terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga.
Selanjutnya, nilai Adjusted R Square sebesar 0,112. Nilai tersebut menunjukkan
bahwa minat mahasiswa menjadi jurnalis warga dipengaruhi oleh intensitas
megkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga sebesar 11,2% sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh faktor –faktor lain.
Televise sebagai media massa dapat memberikan pengaruh kepada audiensnya
melalui program-program acara yang ditayangkan. Secara langsung program televisi
bermuatan jurnalisme warga menjadi referensi bagi para pemirsa yang aware terhadap
lingkungan untuk berbagi informasi terhadap sesama.
2.2 Pengaruh Partisipasi Coaching Citizen Journalism terhadap Minat Mahasiswa
menjadi Jurnalis Warga.
Berdasarkan hasil pengujian uji regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar
0,000 dengan koefisien regresi sebesar 0,086. Oleh karena sig sebesar 0,000 <0,01 maka
H0 ditolak atau dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi variabel partisipasi coaching
citizen journalism berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga
Nilai Adjusted R Square sebesar 0,204. Nilai tersebut menunjukkan bahwa minat
mahasiswa menjadi jurnalis warga dipengaruhi oleh partisipasi coaching citizen
journalism sebesar 20,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor –faktor lain.
Dengan demikian, apa yang dialami langsung oleh peserta coaching citizen
journalism sesuai dengan apa yang dijelaskan oleh Albert Bandura mengenai tahapan
belajar sosial yakni dimulai pada tahapan memperhatikan hingga mengarahkan dorongan
sesuai pengalaman.
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
- Intensitas mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga berpengaruh
positif terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Semakin tinggi intensitas
mengkonsumsi program televisi bermuatan jurnalisme warga maka semakin tinggi
pula pengaruhnya terhadap minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Begitu pula
dengan keadaan sebaliknya.
- Partisipasi coaching citizen journalism berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa
menjadi jurnalis warga. Tingginya partisipasi coaching citizen journalism akan
berpengaruh pada tingginya minat mahasiswa menjadi jurnalis warga. Begitu pula
dengan keadaan sebaliknya.
3.2 Saran
- Sebagai upaya untuk meningkatkan minat mahasiswa menjadi jurnalis warga,
sebaiknya media televisi juga meningkatkan frekuensi pengadaan coaching citizen
journalism dan memperluas jangkauan wilayah pengadaan coaching.
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Ardianto, Elvinaro dan Lukiati K. Edinaya. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar.
Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. (2007). Sosiologi Komunikasi: Teori Paradigma, dan Diskursus Teknologi
Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hazim, Nurkholif.(2005). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT Pustekom IPTPI
Kuswandi, Wawan. (1996). Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Kusumaningati, Imam FR (2012). Jadi Jurnalis Itu Gampang!. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Kriyantoro, Rahmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Liliweri, Alo. (1991). Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakat. Bandung:
PT. Citra Aditya Bakti.
Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004 panduan pembelajaran KBK. Bandung:
PT. Remaja Rosda Karya
McQuail, Dennis. (1996). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Kedua. Jakarta:
Erlangga.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Prasetyo, Bambang dan Miftahul Jannah.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Rahmat, Jalaludin. (2006). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: P.T Remaja
Rosdakarya.
Romli, Asep S. (2012).Jurnalistik Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Santoso, Singgih. (2000). SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional Versi 7.5.
Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sarwono, Sarlito Wirawan. (1997). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Simamora, Bilson. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Utama.
Syarif, Rusli. (1987). Teknik Manajemen Latihan dan Pembinaan. Bandung: Angkasa.
Soekanto, Soerjono. (1993). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.
Soetrisno dan Rita, Hanafi. (2007). Filasafat Imu dan Metodologi Penelitian edisi ketujuh.
Jakarta: CV Andi Offset
Suwandi, Imam. (2012). Langkah Otomatis Jadi Citizen Journalist. Jakarta: Dian Rakyat.
Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa edisi Kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Skripsi:
Pricilia P.(2012). Pengaruh Terpaan Program Acara Stand Up Comedy Show di Metro TV
terhadap Minat Menonton (Studi Kasus Terhadap Pengunjung Comedy Cafe
Kemang). Skripsi. Universitas Bina Nusantara.
Nurul Inayah S. (2007). Hubungan Intensitas Menonton Program Acara Pencarian Bakat di
Televisi dan Dukungan Orang Tua dan Teman dengan Minat Remaja dalam
mengembangkan Bakat di Dunia Musik. Skripsi. Universitas Diponegoro.
Arsita Pitriawanti. (2010). Pengaruh Intensitas Menonton Televisi dan Komunikasi Orang tua
– Anak terhadap Kedisiplinan Anak dalam Menaati Waktu Belajar. Skripsi.
Universitas Diponegoro.
Internet:
Universitas Pamulang Coaching Jurnalistik. (2013). Dalam http:/ /lentera berita.
com/index.php/tagsel/339-universitas-pamulang-coaching-jurnalistik. html.
Diunduh pada tanggal 15 Juni 2013 pukul 20:18 WIB.
Ratusan Mahasiswa Ikuti Pelatihan Jurnalistik Metro TV. (2013). Dalam http://www.
metrotvnews.com /metronews/read/2013/05 /13 /3/153081/ Ratusan-Mahasiswa-
Ikuti-Pelatihan-Jurnalistik-Metro-TV. Diunduh pada 20 Juni 2013 pukul 12:07 WIB.
Wide Shot.(2012). Dalam http://wideshot. metrotvnews.com /news . php?id=14. Diunduh
pada 15 Juni 2013, pukul 20:22 WIB.
Wide Shot.(2012). Dalam http://wideshot. metrotvnews.com /news . php?id=20. Diunduh
pada 15 November 2013, pukul 20:18 WIB.
Wide Shot.(2012). Dalam http://wideshot.metrotvnews.com/news. php ?id=18. Diunduh pada
28 Oktober 2013, pukul 14:43 WIB.
Wide Shot. (2013). Dalam http://wideshotmetrotv.blogspot.com/search?updated-max = 2013-
02-26T18:52:00-08:00&max-results=7. Diunduh diakses pada 28 Oktober 2013,
pukul 14:27 WIB.
Jadwal Tayang Wide Shot. (2012). Dalam http://wideshotmetrotv.blogspot.com/. Diunduh
pada 28 Oktober 2013, pukul 14:22 WIB.
Konten Wide Shot. (2012). Dalam http://wideshotmetrotv.blogspot.com/. Diunduh pada 28
Oktober 2013, pukul 14:26 WIB.
Pelatihan Jurnalisme Warga di Semarang. (2012). Dalam http:/ /www. metro tvnews.com/
detail /2012/ 10/03/ 19580/695/ Pelatihan-Jurnalisme-Warga-di-
Semarang/Wideshot, Diunduh pada 28 Oktober 2013, pukul 10:40
Pewarta Warga asal Solo Raih CJC Metro TV.(2012). Dalam http://www .solopos.com/
2012/ 11/23/cjc-2012-2 pewarta -warga-asal-solo-raih-cjc-metro-tv-350266,
Diunduh pada 28 Oktober 2013, pukul 09:30 WIB.
Jadilah Citizen Journalist di Wide Shot. (2012). Dalam http://www.ediginting. com/ 2012/02/
jadilah-citizen-journalist-di-wide-shot.html. Diunduh pada 28 Oktober 2013, pukul
14:10 WIB.
Yuk Jadi Pewarta Warga di Citizen6. (2012). Dalam http ://m.liputan6 .com/ news/ read/
52781/yuk-jadi-pewarta-warga-di-citizen6. Diunduh pada 28 Oktober 2013, pukul
10:37 WIB.
Ajang Cari Bakat SCTV Goes to Campus (2012). Dalam http://blujer. blogspot.
com/2012/03/ajang-cari-bakat-sctv-goes-tocampus.html. Diunduh pada 28 Oktober
2013, pukul 10:40 WIB.
Arvinda Pemenang SGTC Semarang 2012. (2012). Dalam http:// berita. plasa.
msn.com/nasional/sctv/arvinda-pemenang-sgtc-semarang-2012. Diunduh pada 28
Oktober 2013, pukul 10:47 WIB.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.