BibTex Citation Data :
@article{IO3604, author = {Fitria Sari and Taufik Suprihatini and Turnomo Rahardjo}, title = {Adaptasi Budaya dan Harmoni Sosial ( Kasus Adaptasi Budaya Ikatan Mahasiswa Berbasis Etnisitas di Yogyakarta )}, journal = {Interaksi Online}, volume = {1}, number = {4}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Adaptasi Budaya dan Harmoni Sosial ( Kasus Adaptasi Budaya Ikatan Mahasiswa Berbasis Etnisitas di Yogyakarta ) Abstrak Mahasiswa perantauan merupakan pendatang di sebuah daerah dengan latar belakang budaya yang berbeda dari daerah asalnya. Saat berada di daerah baru, biasanya mahasiswa perantauan akan bergabung dalam sebuah ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. Ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini bertujuan untuk menyatukan mahasiswa perantauan. Namun, ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini terkesan eksklusif, tertutup dan tidak mau berinteraksi dengan budaya di luar ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. Kesan eksklusif dan tertutup rentan terhadap konflik dengan host culture. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara beradaptasi mahasiswa perantauan yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas, kendala yang dihadapi mahasiswa perantauan selama beradaptasi dan memahami penerimaan host culture terhadap budaya minoritas mahasiswa perantauan. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan paradigma interpretif dengan menggunakan metode analisis fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anxiety/Uncertainty Management Theory (Gudykunst, William : 2005 ), Interaction Adaption Theory ( Gudykunst, William : 2005 ). Subjek penelitian adalah enam mahasiswa perantauan yang tergabung dalam tiga ikatan mahasiswa berbasis etnisitas serta tiga orang host culture yang berstatus mahasiswa. Sedangkan lokasi penelitian ini berada di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa perantauan harus beradaptasi dengan budaya di Yogyakarta, seperti bahasa, adat istiadat dan cita rasa makanan. Mahasiswa perantauan akan menggunakan tiga strategi untuk beradaptasi dengan bahasa, yaitu strategi aktif, pasif dan interaktif. Sedangkan untuk beradaptasi dengan adat istadat di Yogyakarta, mahasiswa perantauan mempelajari saat berinteraksi dengan host culture. sedangkan untuk beradaptasi dengan cita rasa makanan, mahasiswa perantauan cenderung untuk memilih makanan yang cocok dengan selera mereka. Meskipun mereka tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas, mereka dapat menjalin hubungan baik dengan host culture. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan mahasiswa perantauan bersama host culture. Di sisi lain, host culture masih memiliki persepsi negatif terhadap mahasiswa perantauan. Meskipun begitu, host culture dapat menerima keberadaan mahasiswa perantauan selama mereka dapat menjaga hubungan baik dengan masyarakat Yogyakarta. Ketika mahasisa perantauan dan host culture saling beradaptasi, pada akhirnya mereka memiliki kompetensi komunikasi. Adanya sikap mindful antara mahasiswa perantauan,penerimaan host culture serta kompetensi komunikasi antara keduanya dapat menciptakan harmoni sosial di tengah – tengah keberagaman budaya yang ada. Implikasi akademis yang dapat menambah pengetahuan mengenai proses interaksi antarbudaya terutama Anxiety / Uncertainty Management Theory dari Gudykunst. Cakupan teoritis mengenai komunikasi antarbudaya yang mindful perlu diperluas dengan memasukkan faktor tingkat pendidikan yang bisa mempengaruhi terciptanya situasi komunikasi yang mindful. Kata kunci : adaptasi budaya, etnisitas, harmoni sosial Culture Adaptation and Social Harmony ( The Adaptation Culture Case of Student Bonds Based On Ethnicity in Yogyakarta ) Abstract Migrant students are newcomer in a region with different culture background of their region original. When the migrant student in a new region, they join in a student bonds based on ethnicity. The aim of this student bonds based on ethnicity is bringing them together. However, the student bonds based on ethnicity is exclusive, enclosed impressed and do not want to interact with the culture outside the student bonds based on ethnicity. This exclusive and enclosed impressed is conflict vulnerable with host culture. The goals of this research are understand how the migrant student who joined in student bonds based on ethnicity can be adapted, obstacles when migrant student are adapted and understand the acceptance of host culture to migrant students’ minority culture. Attempting to answer the issue and the goals by interpretive paradigm and using phenomenological analysis method. The theories in this research are Anxiety/Uncertainty Management Theory (Gudykunst, William : 2005 ), Interaction Adaption Theory ( Gudykunst, William : 2005 ). The subject of this research are six migrant students who joined in student bonds based on ethnicity and three student of host culture. This research’s location in Yogyakarta. The outcome of this research shows the migrant student must be adapted with culture in Yogyakarta, such as language, custom and the taste of food. The migrant students will use three strategies to language adapted, such as active, passive and interactive strategy. While adapted with the custom is learning when the migrant student interact with host culture. while adapted with the taste of food, the migrant students tend to choose the food which suited to their taste. While the migrant student joined in student bonds based on ethnicity, they can have a good relation with host culture. This can be seen from the activities which done by migrant students with host culture. In the other hand, host culture still having a negative perception toward the migrant students. Nevertheless the host culture can accept the existence of migrant student during they keep the good relation with the people of Yogyakarta. When the migrant student and host culture having an adaptation with each other, they have a communication competence. A mindful attitude from migrant student, acceptance from host culture and communication competence between migrant student and host culture can create social harmony in the diversity of culture. Academic implication which can increase the knowledge about the process of intercultural interaction especially Anxiety / Uncertainty Management Theory from Gudykunst. Theoretical coverage of the mindful intercultural communication needs to be expanded to include education level factors that can affect the creation of mindful communication situations. Key word: culture adaptation, ethnicity, social harmony Adaptasi Budaya dan Harmoni Sosial ( Kasus Adaptasi Budaya Ikatan Mahasiswa Berbasis Etnisitas di Yogyakarta ) Skripsi Disusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Penyusun Nama : Fitria Purnama Sari NIM : D2C 009 067 JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO 2013 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Sebagai mahasiswa yang menuntut ilmu di daerah dengan latar budaya baru, yang kemudian akan disebut sebagai mahasiswa perantauan, mereka akan merasa asing ketika berada di daerah tersebut, terutama daerah yang memiliki latar budaya yang berbeda dari daerah asalnya. Kehadiran mereka pun sangat mudah dikenali, misalnya saja dari bahasa dan logat yang digunakan berbeda dengan host culture. Sebagai mahasiswa perantauan, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Bentuk adaptasi para mahasiswa perantauan dengan host culture dapat berupa adaptasi dengan bahasa, adat istiadat, norma, kepercayaan bahkan makanan. Bagaimana para mahasiswa perantauan ini dapat beradaptasi sangat mempengaruhi hubungan dengan host culture kedepannya. Mahasiswa yang berasal dari luar Yogyakarta atau mahasiswa perantauan ini biasanya akan membentuk satu paguyuban berdasarkan kesamaan latar budaya atau yang biasa disebut dengan ikatan mahasiswa. Ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini bertujuan untuk mempersatukan mereka selama mereka berada di Yogyakarta. Hal itulah yang memberikan kesan ekslusif yang seolah – olah paguyuban seperti ikatan mahasiswa berbasis etnis ini “ berbeda “ dengan budaya host culture dan tidak mau berinteraksi dengan budaya di luar paguyuban. Tidak mau berinteraksi dengan budaya di luar paguyuban memiliki arti yaitu budaya yang ada dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas tersebut tidak bisa melebur menjadi satu dengan budaya sekitar yang berbeda sehingga tidak dapat menghargai perbedaan antara satu budaya dengan budaya lain. Selain itu, ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini dapat menimbulkan solidaritas sempit antar anggotanya. Hal itu juga berbeda dengan semboyan bangsa Indonesia “ Bhinneka Tunggal Ika “ yang memiliki arti “ Berbeda – beda tetapi tetap Satu Jua “. Berbeda – beda disini merujuk pada kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam namun tetap harmonis demi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Harmoni sosial dapat tercipta apabila budaya yang beragam tersebut dapat melebur menjadi satu dan kelompok antar etnis yang mengusung setiap budaya dapat saling menghargai tanpa ada pengkotak – kotakan budaya. 1.2 Rumusan Masalah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah cara beradaptasi mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dengan host culture? 2. Apa sajakah kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas selama beradaptasi dengan host culture? 3. Bagaimanakah penerimaan host culture dengan budaya minoritas, dalam hal ini adalah budaya dari ikatan mahasiswa berbasis etnisitas? 1.3 Tujuan Penelitian Dari penjelasan – penjelasan di atas peneliti di sini berusaha untuk: 1. Memahami cara beradaptasi mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dengan host culture. 2. Memahami kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas selama beradaptasi dengan host culture. 3. Memahami penerimaan host culture dengan budaya minoritas, dalam hal ini adalah budaya dari ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. 1.4 Signifikansi Penelitian 1.4.1 Kegunaan Teoritis Penelitian ini secara teoritis atau akademis diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap intercultural adaptation saat ini dalam melihat fenomena antara paguyuban seperti ikatan mahasiswa berbasis etnisitas khususnya etnis luar Jawa di Yogyakarta dalam konteks adaptasi dengan host culture. 1.4.2 Kegunaan Praktis Secara praktis penelitian ini diharapkan paguyuban – paguyuban seperti ikatan mahasiswa berbasis etnisitas khususnya etnis luar Jawa di Yogyakarta dapat menciptakan harmoni sosial mengingat Indonesia memiliki keberagaman budaya. 1.4.3 Kegunaan Sosial Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenai bagaimana cara mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa beradaptasi dan menciptakan harmoni sosial dengan host culture. 1.5.Kerangka Pemikiran Teoretis 1.5.1 State of Art 1.5.2 Paradigma Interpretif Studi tentang mahasiswa yang tergabung sebagai anggota ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dalam menciptakan harmoni sosial dengan host culture, secara teoritik didekati dengan merujuk pada gagasan genre interpretif, yaitu pemikiran – pemikiran teoritik ( komunikasi ) yang berusaha menemukan makna dari suatu tindakan dan teks ( Littlejohn, 1999 : 15 ) 1.5.3 Pendekatan Fenomenologi Menurut Littlejohn ( dalam Rahardjo, 2005 : 44 ), sejalan dengan genre interpretatif yang digunakan sebagai basis berpikir dalam penelitian ini, maka gagasan teoritik yang memiliki keterkaitan dengan genre interpretatif adalah fenomenologi. 1.5.4 Teori Manajemen Ketidakpastian ( Uncertainty ) dan Kecemasan ( Anxiety ) 1.5.5 Teori Interaksi Adapatasi 1.6 Operasionalisasi Konsep 1.7 Metoda Penelitian 1.7.1 Desain Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor ( 1975 : 2 ) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang dapat diamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan inidvidu tersebut secara holistik ( utuh ). 1.7.2 Situs Penelitian Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah lingkungan tempat berkumpulnya ikatan mahasiswa berbasis etnisitas yang ada di Yogyakarta. 1.7.3 Subjek Penelitian Subjek penelitian adalah mahasiswa – mahasiswa perantauan di Yogyakarta yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas seperti BAMANA ( Barisan Mahasiswa Kaimana ), FORMASY ( Forum Mahasiswa Sula Yogyakarta ) dan Forum Keluarga Mahasiswa NTT – Bersatu Yogyakarta serta host culture yang merupakan warga yang berasal dari Yogyakarta yang pernah berinteraksi langsung dengan mahasiswa perantauan yangtergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. 1.7.4 Sumber Data Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah : 1. Data Primer 2. Data Sekunder 1.7.5 Teknik Pengumpulan Data Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dari subyek penelitian. 1.7.6. Analisis dan Interpretasi Data BAB II DESKRIPSI TEKSTURAL DAN STRUKTURAL ADAPTASI BUDAYA DAN HARMONI SOSIAL 2.1 Deskripsi Tekstural Individu ( Mahasiswa Perantauan ) 2.1.1 Informan 1 2.1.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.1.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.1.2 Informan 2 2.1.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.2.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.1.3 Informan 3 2.1.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.3.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.1.4 Informan 4 2.1.4.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.4.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.4.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.1.5 Informan 5 2.1.5.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.5.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.5.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.1.6 Informan 6 2.1.6.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.1.6.2 Interaksi Antarbudaya 2.1.6.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.2 Deskripsi Tekstural Individu ( Host Culture ) 2.2.1 Informan 1 2.2.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.2.1.2 Interaksi Antarbudaya 2.2.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.2.2 Informan 2 2.2.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.2.2.2 Interaksi Antarbudaya 2.2.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.2.3 Informan 3 2.2.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.2.3.2 Interaksi Antarbudaya 2.2.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3 Deskripsi Struktural Individu ( Mahasiswa Perantauan ) 2.3.1 Informan 1 2.3.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.1.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3.2 Informan 2 2.3.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.2.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3.3 Informan 3 2.3.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.3.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3.4 Informan 4 2.3.4.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.4.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.4.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3.5 Informan 5 2.3.5.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.5.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.5.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.3.6 Informan 6 2.3.6.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.3.6.2 Interaksi Antarbudaya 2.3.6.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.4 Deskripsi Struktural Individu ( Host Culture ) 2.4.1 Informan 1 2.4.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.4.1.2 Interaksi Antarbudaya 2.4.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.4.2 Informan 2 2.4.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.4.2.2 Interaksi Antarbudaya 2.4.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.4.3 Informan 3 2.4.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya 2.4.3.2 Interaksi Antarbudaya 2.2.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya 2.5 Deskripsi Tekstural Gabungan ( Mahasiswa Perantauan ) 2.6 Deskripsi Tekstural Gabungan ( Host Culture ) BAB III SINTESIS MAKNA TEKSTURAL DAN STRUKTURAL 3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya Sebagai pendatang di Yogyakarta, informan ( mahasiswa perantauan ) mengalami perbedaan budaya. Perbedaan budaya yang dapat mereka rasakan secara jelas adalah bahasa, cara berbicara, kebiasaan dan cita rasa makanan. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang selalu digunakan oleh masyarakat Yogyakarta dalam kesehariannya, terutama bagi warga Yogyakarta yang sudah berusia lanjut, mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Jawa dibanding bahasa Indonesia. Informan ( mahasiswa perantauan ) perlu beradaptasi terhadap penggunaan bahasa Jawa oleh host culture. Informan ( mahasiswa perantauan ) juga perlu beradaptasi dengan kebiasaan host culture. Informan ( mahasiswa perantauan ) perlu memahami kebiasaan host culture seperti menyapa dengan anggukan sambil tersenyum yang diikuti dengan sapaan monggo atau bahasa tubuh menyilakan masuk menggunakan tangan ketika mempersilakan seseorang masuk terlebih dahulu yang terkadang juga diikuti dengan kata monggo. Kebiasaan host culture seperti itu merupakan bentuk dari komunikasi non verbal. Proses adaptasi informan 1, 2, 3 dan 6 ( mahasiswa perantauan ) terhadap cita rasa makanan di Yogyakarta cukup lama. Pada awal proses adaptasi, mereka makan hanya untuk memenuhi kebutuhan perut yang lapar tanpa mempedulikan rasa yang menurut mereka tidak enak. Bahkan menurut informan 2 dan 6 ( mahasiswa perantauan ) benar – benar menganggap makanan di Yogyakarta “ tidak bisa dimakan “, sehingga selama proses adaptasi, mereka hanya memakan makanan instan saja. Ellingsworth ( dalam Liliweri, 2001:63 ) mengemukakan bahwa setiap individu dianugerahi kemampuan untuk beradaptasi antarpribadi. Oleh karena itu maka setiap individu memiliki kemampuan untuk menyaring manakah perilaku yang harus atau yang tidak harus dilakukan. Adaptasi nilai dan norma antarpribadi termasuk antarbudaya sangat ditentukan oleh dua faktor, yakni pilihan untuk mengadaptasi nilai dan norma yang fungsional atau mendukung hubungan antarpribadi. Atau nilai dan norma yang disfungsional atau tidak mendukung hubungan antarpribadi. 3.2 Interaksi Antarbudaya Informan ( mahasiswa perantauan ) dapat mempelajari hal – hal yang perlu diadaptasi ketika mereka berinteraksi dengan host culture. Interaksi informan ( mahasiswa perantauan ) dengan host culture banyak terjalin dalam kegiatan ruang publik seperti di kampus, organisasi, gereja, dan lingkungan tempat tinggal. Kampus, organisasi, gereja dan lingkungan tempat tinggal merupakan wadah bagi informan ( mahasiswa perantauan ) serta host culture untuk dapat saling bertatap muka dan mengenal satu sama lain lebih dekat, sehingga proses adaptasi dapat terjalin diantara mereka. Cara untuk memahami penyesuaian antar budaya adalah dengan bersikap sesuai dengan pergaulan dan efektif antar individu dalam host culture. Dalam pandangan ini, stranger telah menyesuaikan diri saat mereka telah belajar untuk berinteraksi secara efektif dengan host culture dan perilaku mereka sesuai dengan host culture. ( Furnham and Bochner; Grove and Torbiorn; Torbiorn dalam Gudykunst 2005:424 ). 3.3 Kendala ketika Berinteraksi serta Cara Mengatasinya Perbedaan bahasa membuat sebagian besar informan ( mahasiswa perantauan ) mengalami ketidakpastian ( uncertainty ) dan kecemasan ( anxiety ). Ketidakpastian ( uncertainty ) dan kecemasan ( anxiety ) merupakan salah satu kendala mahasiswa perantauan saat berinteraksi dengan host culture. Jika informan 1 ( host culture ) mengalami kendala dalam pemahaman bahasa oleh mahasiswa perantauan, bagi informan 2 dan 3 ( host culture ) kendala yang dirasakan selama berinteraksi dengan mahasiswa perantauan adalah karakteristik masing – masing individu. Setiap mahasiswa perantauan memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perlu adanya pemahaman karakteristik dari masing – masing individu agar dapat terjalin komunikasi yang efektif. Ketika kedua informan yaitu informan mahasiswa perantauan dengan informan host culture dapat melakukan adaptasi dan meminimalisir hambatan komunikasi yang terjadi, makan informan mahasiswa perantauan dan informan host culture memiliki kompetensi komunikasi. BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Penelitian ini merupakan studi yang mengkaji mengenai pengalaman proses adaptasi mahasiswa perantauan yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dengan host culture untuk menciptakan harmoni sosial di Yogyakarta. Penelitian ini didasarkan pada fenomena adanya ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dalam menciptakan harmoni sosial. Sebagai kaum minoritas di sebuah kota perantauan, informan ( mahasiswa perantauan ) diharapkan dapat beradaptasi dan berinteraksi dengan host culture. Cara beradaptasi informan ( mahasiswa perantauan ) dapat dilakukan saat berinteraksi dengan host culture. Interaksi dengan host culture dapat terjadi saat informan ( mahasiswa perantauan ) melakukan suatu kegiatan secara bersama – sama. Dari proses interaksi tersebut, informan ( mahasiswa perantauan ) dapat mempelajari budaya di daerah perantauannya. Dalam beradaptasi dengan perbedaan budaya, individu informan ( mahasiswa perantauan ) menghadapi kendala bahasa. Namun, mereka dapat mengatasinya dengan bertanya kepada lawan bicara maupun orang lain yang lebih fasih berbahasa daerah. Selain bertanya, informan ( mahasiswa perantauan ) juga dapat mengatasi kendala bahasa dengan cara memperhatikan dan mempelajari bahasa non verbal dari lawan bicara. Setelah bertanya maupun mempelajari bahasa non verbal, informan ( mahasiswa perantauan ) memiliki pengetahuan baru mengenai budaya di daerah perantauannya. Pengetahuan barunya itu dapat meminimalisir rasa ketidakpastian dan kecemasan saat berinteraksi dengan host culture yang lain. Meskipun informan ( host culture ) masih memiliki stereotipe terhadap informan ( mahasiswa perantauan ), namun host culture dapat menerima keberadaan mereka selama mereka dapat menjalin hubungan yang baik dengan host culture. Sedangkan informan ( mahasiswa perantauan ) yang menerima perlakuan kurang menyenangkan yang disebabkan oleh stereotipe host culture bersikap mindful. Informan ( mahasiswa perantauan ) memahami stereotipe tersebut sebagai pengetahuan agar dapat mengantisipasi perilaku host culture yang lainnya. Ketika kedua informan yaitu informan mahasiswa perantauan dengan informan host culture dapat melakukan adaptasi dan meminimalisir hambatan komunikasi yang terjadi, makan informan mahasiswa perantauan dan informan host culture memiliki kompetensi komunikasi. Tiga komponen kompetensi komunikasi tersebut adalah motivasi, pengetahuan, keterampilan. Sikap mindful informan ( mahasiswa perantauan ), penerimaan dari informan ( host culture ) serta kompetensi yang dimiliki informan ( mahasiswa perantauan ) dan informan ( host culture ) dapat menciptakan harmoni sosial di tengah – tengah keberagaman budaya yang ada di Yogyakarta. DAFTAR PUSTAKA Bogdan, Robert C. And Steven J. Taylor. Introduction to Qualitative Research Methods: A. Phenoinenological Approach in The Social Sciences. 1975. John Wiley and Sons – alih bahasa Arief F. Surabaya: Usaha Nasional. Gudykunst, William. Theorizing About Intercultural Communication. 2005. California: Sage Publication, Inc. Littlejohn, Stephen W. Theories of Human Communication ( Sixth Edition ). 1999. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company. Liliweri, Alo. Gatra – gatra Komunikasi Antarbudaya. 2001. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahardjo, Turnomo. Menghargai Perbedaan Kultural: Mindfulness dalam Komunikasi Antaretnis. 2005. Yogyakarta: Pustaka Pelajar }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3604} }
Refworks Citation Data :
Adaptasi Budaya dan Harmoni Sosial( Kasus Adaptasi Budaya Ikatan Mahasiswa Berbasis Etnisitas di Yogyakarta )AbstrakMahasiswa perantauan merupakan pendatang di sebuah daerah dengan latar belakang budaya yangberbeda dari daerah asalnya. Saat berada di daerah baru, biasanya mahasiswa perantauan akan bergabungdalam sebuah ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. Ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini bertujuan untukmenyatukan mahasiswa perantauan. Namun, ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini terkesan eksklusif,tertutup dan tidak mau berinteraksi dengan budaya di luar ikatan mahasiswa berbasis etnisitas. Kesaneksklusif dan tertutup rentan terhadap konflik dengan host culture. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui cara beradaptasi mahasiswa perantauan yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasisetnisitas, kendala yang dihadapi mahasiswa perantauan selama beradaptasi dan memahami penerimaanhost culture terhadap budaya minoritas mahasiswa perantauan. Upaya menjawab permasalahan dan tujuanpenelitian dilakukan dengan paradigma interpretif dengan menggunakan metode analisis fenomenologi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anxiety/Uncertainty Management Theory (Gudykunst,William : 2005 ), Interaction Adaption Theory ( Gudykunst, William : 2005 ). Subjek penelitian adalahenam mahasiswa perantauan yang tergabung dalam tiga ikatan mahasiswa berbasis etnisitas serta tigaorang host culture yang berstatus mahasiswa. Sedangkan lokasi penelitian ini berada di Yogyakarta.Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa perantauan harus beradaptasi dengan budaya di Yogyakarta,seperti bahasa, adat istiadat dan cita rasa makanan. Mahasiswa perantauan akan menggunakan tigastrategi untuk beradaptasi dengan bahasa, yaitu strategi aktif, pasif dan interaktif. Sedangkan untukberadaptasi dengan adat istadat di Yogyakarta, mahasiswa perantauan mempelajari saat berinteraksidengan host culture. sedangkan untuk beradaptasi dengan cita rasa makanan, mahasiswa perantauancenderung untuk memilih makanan yang cocok dengan selera mereka. Meskipun mereka tergabung dalamikatan mahasiswa berbasis etnisitas, mereka dapat menjalin hubungan baik dengan host culture. Haltersebut dapat dilihat dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan mahasiswa perantauan bersama hostculture. Di sisi lain, host culture masih memiliki persepsi negatif terhadap mahasiswa perantauan.Meskipun begitu, host culture dapat menerima keberadaan mahasiswa perantauan selama mereka dapatmenjaga hubungan baik dengan masyarakat Yogyakarta. Ketika mahasisa perantauan dan host culturesaling beradaptasi, pada akhirnya mereka memiliki kompetensi komunikasi. Adanya sikap mindful antaramahasiswa perantauan,penerimaan host culture serta kompetensi komunikasi antara keduanya dapatmenciptakan harmoni sosial di tengah – tengah keberagaman budaya yang ada. Implikasi akademis yangdapat menambah pengetahuan mengenai proses interaksi antarbudaya terutama Anxiety / UncertaintyManagement Theory dari Gudykunst. Cakupan teoritis mengenai komunikasi antarbudaya yang mindfulperlu diperluas dengan memasukkan faktor tingkat pendidikan yang bisa mempengaruhi terciptanyasituasi komunikasi yang mindful.Kata kunci : adaptasi budaya, etnisitas, harmoni sosialCulture Adaptation and Social Harmony( The Adaptation Culture Case of Student BondsBased On Ethnicity in Yogyakarta )AbstractMigrant students are newcomer in a region with different culture background of their region original.When the migrant student in a new region, they join in a student bonds based on ethnicity. The aim of thisstudent bonds based on ethnicity is bringing them together. However, the student bonds based onethnicity is exclusive, enclosed impressed and do not want to interact with the culture outside the studentbonds based on ethnicity. This exclusive and enclosed impressed is conflict vulnerable with host culture.The goals of this research are understand how the migrant student who joined in student bonds based onethnicity can be adapted, obstacles when migrant student are adapted and understand the acceptance ofhost culture to migrant students’ minority culture. Attempting to answer the issue and the goals byinterpretive paradigm and using phenomenological analysis method. The theories in this research areAnxiety/Uncertainty Management Theory (Gudykunst, William : 2005 ), Interaction Adaption Theory (Gudykunst, William : 2005 ). The subject of this research are six migrant students who joined in studentbonds based on ethnicity and three student of host culture. This research’s location in Yogyakarta.The outcome of this research shows the migrant student must be adapted with culture in Yogyakarta, suchas language, custom and the taste of food. The migrant students will use three strategies to languageadapted, such as active, passive and interactive strategy. While adapted with the custom is learning whenthe migrant student interact with host culture. while adapted with the taste of food, the migrant studentstend to choose the food which suited to their taste. While the migrant student joined in student bondsbased on ethnicity, they can have a good relation with host culture. This can be seen from the activitieswhich done by migrant students with host culture. In the other hand, host culture still having a negativeperception toward the migrant students. Nevertheless the host culture can accept the existence of migrantstudent during they keep the good relation with the people of Yogyakarta. When the migrant student andhost culture having an adaptation with each other, they have a communication competence. A mindfulattitude from migrant student, acceptance from host culture and communication competence betweenmigrant student and host culture can create social harmony in the diversity of culture. Academicimplication which can increase the knowledge about the process of intercultural interaction especiallyAnxiety / Uncertainty Management Theory from Gudykunst. Theoretical coverage of the mindfulintercultural communication needs to be expanded to include education level factors that can affect thecreation of mindful communication situations.Key word: culture adaptation, ethnicity, social harmonyAdaptasi Budaya dan Harmoni Sosial ( Kasus Adaptasi Budaya IkatanMahasiswa Berbasis Etnisitas di Yogyakarta )SkripsiDisusun untuk memenuhi persyaratan menyelesaikan Pendidikan Strata 1Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas DiponegoroPenyusunNama : Fitria Purnama SariNIM : D2C 009 067JURUSAN ILMU KOMUNIKASIFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIKUNIVERSITAS DIPONEGORO2013PENDAHULUAN1.1. Latar BelakangSebagai mahasiswa yang menuntut ilmu di daerah dengan latar budaya baru, yang kemudianakan disebut sebagai mahasiswa perantauan, mereka akan merasa asing ketika berada di daerahtersebut, terutama daerah yang memiliki latar budaya yang berbeda dari daerah asalnya.Kehadiran mereka pun sangat mudah dikenali, misalnya saja dari bahasa dan logat yangdigunakan berbeda dengan host culture.Sebagai mahasiswa perantauan, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan barumereka. Bentuk adaptasi para mahasiswa perantauan dengan host culture dapat berupa adaptasidengan bahasa, adat istiadat, norma, kepercayaan bahkan makanan. Bagaimana paramahasiswa perantauan ini dapat beradaptasi sangat mempengaruhi hubungan dengan hostculture kedepannya.Mahasiswa yang berasal dari luar Yogyakarta atau mahasiswa perantauan ini biasanyaakan membentuk satu paguyuban berdasarkan kesamaan latar budaya atau yang biasa disebutdengan ikatan mahasiswa. Ikatan mahasiswa berbasis etnisitas ini bertujuan untukmempersatukan mereka selama mereka berada di Yogyakarta.Hal itulah yang memberikan kesan ekslusif yang seolah – olah paguyuban seperti ikatanmahasiswa berbasis etnis ini “ berbeda “ dengan budaya host culture dan tidak mauberinteraksi dengan budaya di luar paguyuban. Tidak mau berinteraksi dengan budaya di luarpaguyuban memiliki arti yaitu budaya yang ada dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitastersebut tidak bisa melebur menjadi satu dengan budaya sekitar yang berbeda sehingga tidakdapat menghargai perbedaan antara satu budaya dengan budaya lain. Selain itu, ikatanmahasiswa berbasis etnisitas ini dapat menimbulkan solidaritas sempit antar anggotanya.Hal itu juga berbeda dengan semboyan bangsa Indonesia “ Bhinneka Tunggal Ika “ yangmemiliki arti “ Berbeda – beda tetapi tetap Satu Jua “. Berbeda – beda disini merujuk padakebudayaan bangsa Indonesia yang beragam namun tetap harmonis demi terciptanya persatuandan kesatuan bangsa. Harmoni sosial dapat tercipta apabila budaya yang beragam tersebut dapatmelebur menjadi satu dan kelompok antar etnis yang mengusung setiap budaya dapat salingmenghargai tanpa ada pengkotak – kotakan budaya.1.2 Rumusan MasalahRumusan masalah dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimanakah cara beradaptasi mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswaberbasis etnisitas dengan host culture?2. Apa sajakah kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang tergabung dalam ikatanmahasiswa berbasis etnisitas selama beradaptasi dengan host culture?3. Bagaimanakah penerimaan host culture dengan budaya minoritas, dalam hal iniadalah budaya dari ikatan mahasiswa berbasis etnisitas?1.3 Tujuan PenelitianDari penjelasan – penjelasan di atas peneliti di sini berusaha untuk:1. Memahami cara beradaptasi mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswaberbasis etnisitas dengan host culture.2. Memahami kendala yang dihadapi oleh mahasiswa yang tergabung dalam ikatanmahasiswa berbasis etnisitas selama beradaptasi dengan host culture.3. Memahami penerimaan host culture dengan budaya minoritas, dalam hal ini adalahbudaya dari ikatan mahasiswa berbasis etnisitas.1.4 Signifikansi Penelitian1.4.1 Kegunaan TeoritisPenelitian ini secara teoritis atau akademis diharapkan dapat memberikan kontribusiterhadap intercultural adaptation saat ini dalam melihat fenomena antara paguyuban sepertiikatan mahasiswa berbasis etnisitas khususnya etnis luar Jawa di Yogyakarta dalam konteksadaptasi dengan host culture.1.4.2 Kegunaan PraktisSecara praktis penelitian ini diharapkan paguyuban – paguyuban seperti ikatanmahasiswa berbasis etnisitas khususnya etnis luar Jawa di Yogyakarta dapat menciptakanharmoni sosial mengingat Indonesia memiliki keberagaman budaya.1.4.3 Kegunaan SosialHasil penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan kepada masyarakat mengenaibagaimana cara mahasiswa yang tergabung dalam ikatan mahasiswa beradaptasi danmenciptakan harmoni sosial dengan host culture.1.5.Kerangka Pemikiran Teoretis1.5.1 State of Art1.5.2 Paradigma InterpretifStudi tentang mahasiswa yang tergabung sebagai anggota ikatan mahasiswa berbasis etnisitasdalam menciptakan harmoni sosial dengan host culture, secara teoritik didekati denganmerujuk pada gagasan genre interpretif, yaitu pemikiran – pemikiran teoritik ( komunikasi )yang berusaha menemukan makna dari suatu tindakan dan teks ( Littlejohn, 1999 : 15 )1.5.3 Pendekatan FenomenologiMenurut Littlejohn ( dalam Rahardjo, 2005 : 44 ), sejalan dengan genre interpretatif yangdigunakan sebagai basis berpikir dalam penelitian ini, maka gagasan teoritik yang memilikiketerkaitan dengan genre interpretatif adalah fenomenologi.1.5.4 Teori Manajemen Ketidakpastian ( Uncertainty ) dan Kecemasan ( Anxiety )1.5.5 Teori Interaksi Adapatasi1.6 Operasionalisasi Konsep1.7 Metoda Penelitian1.7.1 Desain PenelitianPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor ( 1975 :2 ) mendefinisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan datadeskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan perilaku yang dapatdiamati. Pendekatan ini diarahkan pada latar dan inidvidu tersebut secara holistik ( utuh ).1.7.2 Situs PenelitianLokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah lingkungan tempat berkumpulnyaikatan mahasiswa berbasis etnisitas yang ada di Yogyakarta.1.7.3 Subjek PenelitianSubjek penelitian adalah mahasiswa – mahasiswa perantauan di Yogyakarta yang tergabungdalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas seperti BAMANA ( Barisan Mahasiswa Kaimana ),FORMASY ( Forum Mahasiswa Sula Yogyakarta ) dan Forum Keluarga Mahasiswa NTT –Bersatu Yogyakarta serta host culture yang merupakan warga yang berasal dari Yogyakarta yangpernah berinteraksi langsung dengan mahasiswa perantauan yangtergabung dalam ikatanmahasiswa berbasis etnisitas.1.7.4 Sumber DataJenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah :1. Data Primer2. Data Sekunder1.7.5 Teknik Pengumpulan DataData dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dari subyek penelitian.1.7.6. Analisis dan Interpretasi DataBAB IIDESKRIPSI TEKSTURAL DAN STRUKTURALADAPTASI BUDAYA DAN HARMONI SOSIAL2.1 Deskripsi Tekstural Individu ( Mahasiswa Perantauan )2.1.1 Informan 12.1.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.1.2 Interaksi Antarbudaya2.1.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.1.2 Informan 22.1.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.2.2 Interaksi Antarbudaya2.1.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.1.3 Informan 32.1.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.3.2 Interaksi Antarbudaya2.1.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.1.4 Informan 42.1.4.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.4.2 Interaksi Antarbudaya2.1.4.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.1.5 Informan 52.1.5.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.5.2 Interaksi Antarbudaya2.1.5.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.1.6 Informan 62.1.6.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.1.6.2 Interaksi Antarbudaya2.1.6.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.2 Deskripsi Tekstural Individu ( Host Culture )2.2.1 Informan 12.2.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.2.1.2 Interaksi Antarbudaya2.2.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.2.2 Informan 22.2.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.2.2.2 Interaksi Antarbudaya2.2.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.2.3 Informan 32.2.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.2.3.2 Interaksi Antarbudaya2.2.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3 Deskripsi Struktural Individu ( Mahasiswa Perantauan )2.3.1 Informan 12.3.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.1.2 Interaksi Antarbudaya2.3.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3.2 Informan 22.3.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.2.2 Interaksi Antarbudaya2.3.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3.3 Informan 32.3.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.3.2 Interaksi Antarbudaya2.3.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3.4 Informan 42.3.4.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.4.2 Interaksi Antarbudaya2.3.4.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3.5 Informan 52.3.5.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.5.2 Interaksi Antarbudaya2.3.5.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.3.6 Informan 62.3.6.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.3.6.2 Interaksi Antarbudaya2.3.6.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.4 Deskripsi Struktural Individu ( Host Culture )2.4.1 Informan 12.4.1.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.4.1.2 Interaksi Antarbudaya2.4.1.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.4.2 Informan 22.4.2.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.4.2.2 Interaksi Antarbudaya2.4.2.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.4.3 Informan 32.4.3.1 Proses Adaptasi Antarbudaya2.4.3.2 Interaksi Antarbudaya2.2.3.3 Kendala saat Berinteraksi serta Cara Mengatasinya2.5 Deskripsi Tekstural Gabungan ( Mahasiswa Perantauan )2.6 Deskripsi Tekstural Gabungan ( Host Culture )BAB IIISINTESIS MAKNA TEKSTURAL DAN STRUKTURAL3.1 Proses Adaptasi AntarbudayaSebagai pendatang di Yogyakarta, informan ( mahasiswa perantauan ) mengalami perbedaanbudaya. Perbedaan budaya yang dapat mereka rasakan secara jelas adalah bahasa, cara berbicara,kebiasaan dan cita rasa makanan. Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah yang selalu digunakanoleh masyarakat Yogyakarta dalam kesehariannya, terutama bagi warga Yogyakarta yang sudahberusia lanjut, mereka sudah terbiasa menggunakan bahasa Jawa dibanding bahasa Indonesia.Informan ( mahasiswa perantauan ) perlu beradaptasi terhadap penggunaan bahasa Jawa olehhost culture.Informan ( mahasiswa perantauan ) juga perlu beradaptasi dengan kebiasaan host culture.Informan ( mahasiswa perantauan ) perlu memahami kebiasaan host culture seperti menyapadengan anggukan sambil tersenyum yang diikuti dengan sapaan monggo atau bahasa tubuhmenyilakan masuk menggunakan tangan ketika mempersilakan seseorang masuk terlebih dahuluyang terkadang juga diikuti dengan kata monggo. Kebiasaan host culture seperti itu merupakanbentuk dari komunikasi non verbal.Proses adaptasi informan 1, 2, 3 dan 6 ( mahasiswa perantauan ) terhadap cita rasamakanan di Yogyakarta cukup lama. Pada awal proses adaptasi, mereka makan hanya untukmemenuhi kebutuhan perut yang lapar tanpa mempedulikan rasa yang menurut mereka tidakenak. Bahkan menurut informan 2 dan 6 ( mahasiswa perantauan ) benar – benar menganggapmakanan di Yogyakarta “ tidak bisa dimakan “, sehingga selama proses adaptasi, mereka hanyamemakan makanan instan saja.Ellingsworth ( dalam Liliweri, 2001:63 ) mengemukakan bahwa setiap individudianugerahi kemampuan untuk beradaptasi antarpribadi. Oleh karena itu maka setiap individumemiliki kemampuan untuk menyaring manakah perilaku yang harus atau yang tidak harusdilakukan. Adaptasi nilai dan norma antarpribadi termasuk antarbudaya sangat ditentukan olehdua faktor, yakni pilihan untuk mengadaptasi nilai dan norma yang fungsional atau mendukunghubungan antarpribadi. Atau nilai dan norma yang disfungsional atau tidak mendukunghubungan antarpribadi.3.2 Interaksi AntarbudayaInforman ( mahasiswa perantauan ) dapat mempelajari hal – hal yang perlu diadaptasi ketikamereka berinteraksi dengan host culture. Interaksi informan ( mahasiswa perantauan ) denganhost culture banyak terjalin dalam kegiatan ruang publik seperti di kampus, organisasi, gereja,dan lingkungan tempat tinggal. Kampus, organisasi, gereja dan lingkungan tempat tinggalmerupakan wadah bagi informan ( mahasiswa perantauan ) serta host culture untuk dapat salingbertatap muka dan mengenal satu sama lain lebih dekat, sehingga proses adaptasi dapat terjalindiantara mereka.Cara untuk memahami penyesuaian antar budaya adalah dengan bersikap sesuai denganpergaulan dan efektif antar individu dalam host culture. Dalam pandangan ini, stranger telahmenyesuaikan diri saat mereka telah belajar untuk berinteraksi secara efektif dengan host culturedan perilaku mereka sesuai dengan host culture. ( Furnham and Bochner; Grove and Torbiorn;Torbiorn dalam Gudykunst 2005:424 ).3.3 Kendala ketika Berinteraksi serta Cara MengatasinyaPerbedaan bahasa membuat sebagian besar informan ( mahasiswa perantauan ) mengalamiketidakpastian ( uncertainty ) dan kecemasan ( anxiety ). Ketidakpastian ( uncertainty ) dankecemasan ( anxiety ) merupakan salah satu kendala mahasiswa perantauan saat berinteraksidengan host culture.Jika informan 1 ( host culture ) mengalami kendala dalam pemahaman bahasa olehmahasiswa perantauan, bagi informan 2 dan 3 ( host culture ) kendala yang dirasakan selamaberinteraksi dengan mahasiswa perantauan adalah karakteristik masing – masing individu.Setiap mahasiswa perantauan memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga perlu adanyapemahaman karakteristik dari masing – masing individu agar dapat terjalin komunikasi yangefektif.Ketika kedua informan yaitu informan mahasiswa perantauan dengan informan hostculture dapat melakukan adaptasi dan meminimalisir hambatan komunikasi yang terjadi,makan informan mahasiswa perantauan dan informan host culture memiliki kompetensikomunikasi.BAB IVPENUTUP4.1 KesimpulanPenelitian ini merupakan studi yang mengkaji mengenai pengalaman proses adaptasi mahasiswaperantauan yang tergabung dalam ikatan mahasiswa berbasis etnisitas dengan host culture untukmenciptakan harmoni sosial di Yogyakarta. Penelitian ini didasarkan pada fenomena adanyaikatan mahasiswa berbasis etnisitas dalam menciptakan harmoni sosial. Sebagai kaum minoritasdi sebuah kota perantauan, informan ( mahasiswa perantauan ) diharapkan dapat beradaptasi danberinteraksi dengan host culture.Cara beradaptasi informan ( mahasiswa perantauan ) dapat dilakukan saat berinteraksidengan host culture. Interaksi dengan host culture dapat terjadi saat informan ( mahasiswaperantauan ) melakukan suatu kegiatan secara bersama – sama. Dari proses interaksi tersebut,informan ( mahasiswa perantauan ) dapat mempelajari budaya di daerah perantauannya.Dalam beradaptasi dengan perbedaan budaya, individu informan ( mahasiswa perantauan) menghadapi kendala bahasa. Namun, mereka dapat mengatasinya dengan bertanya kepadalawan bicara maupun orang lain yang lebih fasih berbahasa daerah. Selain bertanya, informan (mahasiswa perantauan ) juga dapat mengatasi kendala bahasa dengan cara memperhatikan danmempelajari bahasa non verbal dari lawan bicara. Setelah bertanya maupun mempelajari bahasanon verbal, informan ( mahasiswa perantauan ) memiliki pengetahuan baru mengenai budaya didaerah perantauannya. Pengetahuan barunya itu dapat meminimalisir rasa ketidakpastian dankecemasan saat berinteraksi dengan host culture yang lain.Meskipun informan ( host culture ) masih memiliki stereotipe terhadap informan (mahasiswa perantauan ), namun host culture dapat menerima keberadaan mereka selama merekadapat menjalin hubungan yang baik dengan host culture.Sedangkan informan ( mahasiswa perantauan ) yang menerima perlakuan kurangmenyenangkan yang disebabkan oleh stereotipe host culture bersikap mindful. Informan (mahasiswa perantauan ) memahami stereotipe tersebut sebagai pengetahuan agar dapatmengantisipasi perilaku host culture yang lainnya.Ketika kedua informan yaitu informan mahasiswa perantauan dengan informan hostculture dapat melakukan adaptasi dan meminimalisir hambatan komunikasi yang terjadi, makaninforman mahasiswa perantauan dan informan host culture memiliki kompetensi komunikasi.Tiga komponen kompetensi komunikasi tersebut adalah motivasi, pengetahuan, keterampilan.Sikap mindful informan ( mahasiswa perantauan ), penerimaan dari informan ( hostculture ) serta kompetensi yang dimiliki informan ( mahasiswa perantauan ) dan informan ( hostculture ) dapat menciptakan harmoni sosial di tengah – tengah keberagaman budaya yang ada diYogyakarta.DAFTAR PUSTAKABogdan, Robert C. And Steven J. Taylor. Introduction to Qualitative Research Methods: A.Phenoinenological Approach in The Social Sciences. 1975. John Wiley and Sons – alihbahasa Arief F. Surabaya: Usaha Nasional.Gudykunst, William. Theorizing About Intercultural Communication. 2005. California: SagePublication, Inc.Littlejohn, Stephen W. Theories of Human Communication ( Sixth Edition ). 1999. Belmont,California: Wadsworth Publishing Company.Liliweri, Alo. Gatra – gatra Komunikasi Antarbudaya. 2001. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Rahardjo, Turnomo. Menghargai Perbedaan Kultural: Mindfulness dalam KomunikasiAntaretnis. 2005. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.