BibTex Citation Data :
@article{IO2943, author = {Anggi Kusumarasri and Tandiyo Pradekso and Nurist Ulfa}, title = {Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pemahaman Pesan Kampanye Sosial Light On dengan Perilaku Menyalakan Lampu Utama Sepeda Motor}, journal = {Interaksi Online}, volume = {1}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { SUMMARY PENELITIAN Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pemahaman Pesan Kampanye Sosial Light On dengan Perilaku Menyalakan Lampu Utama Sepeda Motor BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Masalah sosial yang akhir-akhir ini banyak diberitakan media salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas memakan korban tidak sedikit. Masalah ini memang merupakan masalah keselamatan berkendara di jalan. Namun menjadi masalah social kala menjadi sorotan dan perhatian masyarakat. Polri sebagai salah satu lembaga pemerintahan yang bertugas menangani langsung masalah lalu lintas tidak tinggal diam. Banyak upaya yang dilakukan oleh Polri dalam mengubah perilaku masyarakat agar lebih sadar tentang keselamatan berkendara. Bentuk kampanye Polri untuk menekan angka kecelakaan salah satunya yaitu kampanye sosial Light On. Kampanye sosial Light On merupakan imbauan pada masyarakat pengguna kendaraan sepeda bermotor untuk menyalakan lampu motornya pada siang dan malam hari. Asumsi dari menyalakan lampu sepeda motor pada siang dan malam hari tersebut adalah, sepeda motor akan lebih mudah terlihat oleh pengemudi sepeda motor dan pengemudi kendaraan bermotor lainnya. Dengan demikian, pengemudi kendaraan bermotor lainnya akan lebih waspada dan berhati-hati secara psikologis dalam berkendara (Lukas Adi Prasetya, 2009). Kewajiban menyalakan lampu tersebut sesuai dengan UU No 22/2009 pasal 107, “Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu (1), Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimakusd pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari(2)”. Sejak disahkannya UU No 22/2009 pada 22 Juni 2009, kampanye sosial Light On disosialisasikan dan mulai diterapkan pada masyarakat. Namun, selama pertengahan tahun 2009 hingga akhir tahun 2010, Polri hanya memberikan imbauan pada masyarakat pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu pada siang hari. Hingga akhirnya pada Januari 2011 mulai ada penindakan oleh Polri dengan mengenakan sanksi pada pengendara yang tidak menyalakan lampu motor di siang hari. Meskipun telah intens dalam memberikan imbauan menyalakan lampu motor pada siang hari, masih banyak pelanggaran yang terjadi. Menurut data pelanggaran Light On tahun 2011 yang dipeoleh dari Ditlantas Polda Jawa Tengah, Polresta Surakarta menyajikan data dengan pelanggaran tertinggi yaitu 3.105 kasus. Berbanding terbalik dengan kondisi di Kota Solo, Kabupaten Magelang menyajikan data pelanggaran dengan kasus paling rendah. Pelanggaran di Kabupaten Magelang pada tahun 2011 berjumlah 10 kasus. Selisih angka antara Kota Solo dan Kabupaten Magelang cukup tinggi. Dengan cara sosialisasi yang sama, namun hasil dari kampanye sosial Light On berbeda di setiap kota. Beda kota tentunya berbeda pula kondisi demografinya. 1.2 PERUMUSAN MASALAH Menurut data pelanggaran Light On tahun 2011 yang dipeoleh dari Ditlantas Polda Jawa Tengah, Polresta Surakarta menyajikan data dengan pelanggaran tertinggi yaitu 3.105 kasus. Jumlah pelanggaran tersebut termasuk angka yang tinggi mengingat sosialisasi yang dilakukan oleh Polri selama satu setengah tahun sudah sangat intens. Berbeda dengan Kota Surakarta, Kabupaten Magelang memegang peringkat terendah terhadap jumlah pelanggaran Light On dengan jumlah hanya 10 pelanggaran. Kondisi di tiap wilayah kota dan kabupaten di Jawa Tengah tentu saja berbeda dari berbagai aspek. Salah satu perbedaan dari tiap daerah dapat diihat dari kondisi demografisnya. Perbedaan tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On juga yang mungkin membuat masyarakat berbeda perilaku mengenai kepedulian keselamatan berkendara. Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka timbullah pertanyaan sebagai berikut, “apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye social Light On dengan perilaku menyalakan lampu sepeda motor?” BAB II ANALISIS HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN PESAN KAMPANYE SOSIAL LIGHT ON DENGAN PERILAKU MENYALAKAN LAMPU SEPEDA MOTOR 2.1 Landasan Teori Kecelakaan di jalan saat kita berkendara merupakan hal yang akhir-akhir ini semakin sering terjadi. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Polri untuk menanggulangi angka kecelakaan yang terus meningkat setiap tahunnya. Upaya yang pernah dilakukan oleh Polri salah satunya adalah menggalakkan Light On, yaitu imbauan bagi pengendara menyalakan lampu motornya pada siang dan malam hari. Agar segala sesuatu tentang Light On ini diketahu oleh masyarakat, maka perlu diadakan sosialisasi melalui penyampaian pesan dan informasi. Kegiatan yang paling tepat dalam hal ini yaitu dengan diadakannya kampanye komunikasi. Rogers dan Storey mendefinisikan kampanye sebagai serangkaian tindakan komunukasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Merujuk pada definisi ini, maka setiap aktivitas kampanye komunikasi setidaknya harus mengandung empat hal yakni (1) tindakan kampanye yang ditujukan untuk menciptakan efek atau dampak tertentu (2) jumlah khalayak sasaran yang besar (3) biasanya dipusatkan dalam kurun waktu tertentu dan (4) melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisasi (Venus, 2009:7). Kampanye pada hakikatnya adalah tindakan komunikasi yang bersifat goal oriented (Venus, 2009:25). Semua kegiatan kampanye pasti ada tujuan yang ingin dicapai oleh penyelenggara kampanye. Dalam menjalankan kampanye agar tujuan dapat dicapai, tentu tidak bisa dilakukan tanpa perhitungan atau perencanaan. Pelaksana kampanye harus menyusun manajemen kampanye secara sistematis dan efektif. Manajemen kampanye adalah proses pengelolaan kegiatan kampanye secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apapun latar belakang kampanye, suatu gagasan pada akhirnya akan diwujudkan dalam bentuk yang bisa disampaikan kepada khalayak. Pesan-pesan inilah yang akan dipersepsi, ditanggapi, diterima atau ditolak oleh khalayak. Pesan-pesan kampanye dirancang secara sistematis agar dapat memunculkan respon tertentu dalam pikiran khalayak. Agar respon tersebut muncul, mka prasyarat yang harus dipenuhi adalah adanya kesamaan pengertian dan pemahaman tentang symbol-simbol yang digunakan antara pelaku dan penerima (Venus, 2009:70) Kampanye sosial sebenarnya adalah kegiatan persuasi terhadap target sasaran agar menimbulkan efek dari segi sikap dan perilaku. Namun perlu diingat bahwa membuat seseorang untuk bertindak adalah lebih sulit daripada mendorong mereka untuk berpikir tentang suatu hal. Setiap kegiatan kampanye memerlukan strategi komunikasi yang merupakan perencanaan dan manajemen untuk mencapai tujuan tertentu dalam praktik operasionalnya (Ruslan, 2007:38). Dalam kampanye sosial Light On ini tentu dibutuhkan strategi komunikasi yang baik untuk menyampaikan pesan guna mencapai tujuannya, yaitu agar masyarakat mau menyalakan lampu sepeda motor. Pesan atau informasi yang berasal dari kampanye sosial Light On disampaikan kepada masyarakat sebagai sasaran yang dituju oleh program kampanye tersebut. Kampanye ini memakai media untuk menyampaikan pesan atau informasi tersebut. Mempertimbangkan bagaimana cara menyampaikan isi pesan kampanye termasuk ke dalam manajemen kampanye. Penggunaan media pada proses berlangsungnya kampanye sosial tidak akan pernah lepas sebagai alat untuk menyampaikan pesan. Fungsi media massa adalah menyampaikan informasi tentang keadaan disekitarnya kepada masyarakat. Fungsi menyampaikan informasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Proses penyebaran informasi ini disebut dengan komunikasi massa. Mass communicatin is the process whereby media organizations produce and transmit messages to large publics and the process by which those messagse are sought, used, and influenced by audiences. Media organizations distribute messages that affect and reflect the cultures of societ, and they provide information simultaneously to large heterogeneous audiences, making media part of society’s institutional forces (Littlejohn, 2004:273). Komunikasi massa adalah proses di mana media memproduksi dan mengirim pesan-pesan kepada khalayak luas dan proses yang mana pesan tersebut dicari, digunakan, dan dipengaruhi oleh audiens. Media mendistribusikan pesanpesan yang mempengaruhi dan mencerminkan budaya masyarakat, dan pesanpesan tersebut menyediakan informasi secara berkelanjutan pada audiens yang luas, membuat media bagian dari perangkat institusi masyarakat. Iklan-iklan layanan masyarakat mengenai Light On yang dikeluarkan oleh Polri merupakan komunikasi massa melalui surat kabar, majalah, radio, televisi, leaflet, poster, spanduk, MMT, billboards, dan lain-lain. Dikategorikan sebagai komunikasi massa (nonpersonal) karena perusahaan sponsor (penyelenggara kampanye) tersebut secara simultan berkomunikasi dengan penerima pesan yang beranekaragam, bukan kepada individu tertentu atau personal atau kelompok kecil (Shimp, 2003:5). Demikian pula dengan publisitas, hampir sama dengan iklan namun penyelenggara kampanye tidak mengeluarkan biaya untuk waktu dan ruang beriklan. Publisitas biasanya dilakukan dalam bentuk berita atau komentar editorial mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Bentuk-bentuk ini dimuat dalam media cetak atau televisi secara gratis karena perwakilan media menganggap informasi tersebut penting dan layak ditampilkan kepada khalayak mereka (Shimp, 2003: 6). Misalnya sosialisasi Light On diberitakan dalam media cetak,media menginformasikan kepada khalayak bahwa menyalakan lampu sepeda motor pada siang dan malam hari penting untuk mengurangi angka kecelakaan. Data dari Polri mengenai turunnya angka kecelakaan yang diberitakan di media juga merupakan publisitas kampanye sosial Light On karena dianggap informasi ini penting bagi masyarakat. Selain iklan dan publisitas, kampanye sosial Light On juga menggunakan ambient media untuk melengkapi sarana penyampaian pesan kampanye. ambient media yang menyerupai bat untuk bermain tenis meja. Di kedua sisi bet tersebut terdapat tulisan “Nyalakan Lampu Sepeda Motor Anda”. Bat tersebut dipegang oleh polisi lalu lintas dan ditunjukkan pada pengendara sepeda motor. Penggunaan ambient media ini saat patroli polisi lalu lintas pada pagi dan sore hari. Produk yang ditawarkan dalam kampanye Light On adalah perubahan perilaku pengendara sepeda motor. Tujuan utama dari kampanye ini adalah terwujudnya perubahan perilaku masyarakat, yang awalnya hanya menyalakan lampu sepeda motor pada malam hari, diharapkan menyalakan lampu sepeda motor pada siang hari juga guna mengurangi angka kecelakaan. Oleh karena itu dalam menyelenggarakan kampanye, pesan-pesan kampanye harus diautr sedemikian rupa agar lebih efektif untuk diterima dan mempengaruhi target sasaran. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Stuyek (1990) bahwa, penggunaan sesuatu yang jelas dan bahasa yang sederhana dalam membuat pesan akan membuat pesan tersebut lebih mudah dimengerti (Venus, 2009:81). Pemahaman pesan pada kampanye sosial Light On akan mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Pada tahap afektif, muncul sikap seseorang terhadap apa yang sudah diketahui dan dipahami. Muncul sikap positif atau negative, percaya atau tidak percaya dalam menanggapi manfaat menyalakan lampu sepeda motor ini. Hingga sampai pada tahap seseorang akan berperilaku (behavior) sesuai dengan apa yang dirasakan dan disadarinya, yaitu menyalakan lampu sepeda motor pada siang dan malam hari. Khalayak atau target sasaran kampanye yang terterpa kegiatan komunikasi pemasaran merupakan sasaran dari penyampaian pesan dan diharapkan berperilaku seperti kegiatan yang sedang dikampanyekan. Khalayak adalah individu-individu yang berpikir, memiliki perasaan, mengevaluasi, menentukan, beraksi dan bereaksi atas sesuatu (Venus, 2009:116). Karena alasan ini maka pesan-pesan kampanye akan dipersepsi secara berbeda oleh setiap individu dan akhirnya menghasilkan efek yang beragam pula. Para pelaku kampanye menyadari bahwa khalayak sasaran mereka tidaklah homogen. Mereka memiliki keragaman dari segi demografis maupun psikografis. Keragamaan inilah yang memunculkan perbedaan keinginan, kebutuhan, dan cara mereka merespon lingkungan. Dengan demikian masing-masing kelompok khalayak memerlukan pendekatan yang berbeda, mulai desain pesan, cara menyampaikannya hingga siapa komunikator yang cocok menyampaikan pesan tersebut. Pernyataan tersebut sesuai dengan bauran komunikasi yaitu who says what in which channel to whom with what effect. Ini artinya segmentasi perlu dilakukan dalam menentukan khalayak sasaran kampanye (Venus, 2009:124). Target sasaran yang sudah ditentukan oleh penyelenggara kampanye diharapkan mendapat pengetahuan yang cukup tentang kampanye melalui media, sehingga pesan secara efektif dapat mempengaruhi audiens sampai ke tahap yang diinginkan. Menurut McQuail (1972), salah satu fungsi media bagi individu yaitu sebagai identitas pribadi untuk menemukan model perilaku (McQuail, 2005:72). Jadi, segmentasi khalayak sasaran atau audience dilakukan agar kampanye tepat sasaraan. Setelah pesan yang diberikan tepat sasaran, khalayak sasaran bisa paham mengenai isi pesan kampanye. Lalu audience mempunyai pilihan, setuju untuk mengadopsi perilaku dari isi pesan tersebut atau tidak. Masyarakat sendiri menanggapi pesan kampanye berbeda satu dengan yang lainnya. Respon khalayak terhadap pesan kampanye dipengaruhi oleh proses penerimaan dan pengolahan pesan atau informasi yang dilakukan khalayak (Venus, 2009:78). Maka dari itu pesan harus memiliki kemampuan tertentu yang dapat mendorong khalayak untuk memberikan respon positif sesuai harapan pelaku kampanye. Menurut Venus (2009), ada beberapa aspek yang perlu mendapat perhatian dalam membaut pesan, yaitu : a. Penekanan terhadap apa yang akan dipersepsi orang b. Bagaimana pesan tersebut dapat menarik perhatian khalayak c. Serta bagaimana informasi dalam pesan itu disimpan dan diingat oleh penerimanya. Selain itu, masyarakat juga menerima pesan dengan selektif. Orang akan melihat apa yang ia lihat, mendengar apa yang ingin ia dengar. Maka, setiap orang akan menginterpretasikan pesan sesuai dengan latar belakang dan pengalaman yang dimilikinya. Garnett (1992) menyatakan bahwa persepsi selektif ditentukan oleh latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian fisik, tingkat pendidikan, perbedaan budaya, dan factor lainnya (Venus, 2009:80). Tingkat pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam mengasah kemampuan dan ketrampilan. Proses pendidikan diharapkan dapat menciptakan manusia terdidik yang mempunyai pola tingkah laku yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Olehkarena itu proses pendidikan dilakukan dalam suatu system. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Pendidikan memberikan kontribusi besar dalam berinteraksi dengan lingkungan, ketrampilan dan pengetahuan yang diperoleh melalui bangku sekolah membantu memperlancar daya tangkap seseorang dalam berkomunikasi. Pendidikan masyarakat mempengaruhi persepsinya dan kemampuan konsepsinya mengenai pesan yang diterima. Pada gilirannya akan berpengaruh pula terhadap pengaturan pikiran dan perasaan ketika melaksanakan tanggapan atau menyampaikan umpan balik kepada komunikator. Kemampuan yang dimiliki tiap individu yang nantinya akan terlihat bagaimana ia berperilaku. Seluruh perilaku manusia adalah hasil belajar, artinya perubahan perilaku organisme sebagai pengaruh lingkungan (Rakhmat, 2007:21). Sesuai dengan aliran Behaviorisme, seluruh perilaku manusia selain insting merupakan hasil belajar (Syam, 2011:75). Oleh para ilmuan Behaviorisme aliran ini lebih dikenal dengan Teori Belajar, Behaviorisme hanya ingin mengetahui bagaimana perilaku manusia dikendalikan oleh faktor-faktor lingkungan (Rakhmat, 2007:21). Salah satunya adalah media, sebagai saluran komunikasi massa yang menjadi perangkat institusi masyarakat. Media juga merupakan salah satu media pembelajaran bagi manusia. Dalam kampanye sosial Light On, manusia belajar memahami pesan kampanye melalui media di sekitarnya. Hasil belajar itu tidak semuanya sama. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka kualitas belajarnya juga semakin bagus. Semakin banyak pula pengalaman yang diperoleh dari lingkungan belajarnya dan akan berpengaruh pada perilaku mereka. Demikian pula dalam kegiatan kampanye sosial Light On, para pengendara sepeda motor tidak serta merta menyalakan lampu sepeda motor. Namun merupakan hasil interaksi audiensnya dengan lingkungan, yaitu melihat media yang berisi tentang imbauan menyalakan lampu sepeda motor pada siang dan malam hari, serta pengetahuan manusia yang merupakan hasil dari belajar dan pendidikan dalam memahami pesan tersebut. Dalam pertumbuhannya, manusia bukan saja mengalami perkembangan dalam segi jasmaniahnya, tetapi juga rohaniahnya. Dan perkembangan ini membentuk jiwanya, sifat tabiat dan tingkahlakunya (Effendy, 1993:53). Lalu muncul berbagai sikap terhadap pesan atau rangsangan yang mereka terima berupa sikap yang merupakan kecenderungan untuk berperilaku dengan cara-cara tertentu. Dengan kata lain, perilaku manusia adalah produk dari dorongandorongan lingkungan. Menurut De Fleur and Ball-Rokeach (1982) “Since individuals were not seen as socially active, psychological and biological factors became more important than social ones in explaining the behavior of people in mass society. For example, characteristics such as instincts and psychological drives become crucial when describing audience members,” (Windahl, Signitzer with Olson, 2009:196) Menurut McQuail dalam bukunya Teori Komunikasi Massa, apa yang diungkapkan oleh DeFleur tersebut relevan bila dikaitkan dengan kerumitan pesan media umumnya dan bila dibandingkan dengan jenis rangsangan yang digunakan dalam hampir seluruh percobaan psikologi. Kedua, semakin jelas bahwa reaksi itu berbeda-beda secara sistematis sesuai dengan kategori sosial penerima, yang antara lain berdasarkan usia, pekerjaan, gaya hidup, jenis kelamin, agama, dan sebagainya (2005:235). Manusia satu sama lain tentu tumbuh dan berkembang di lingkungan yang berbeda-beda. Dari lingkungan yang berbeda inilah akan terbentuk sikap, nilainilai, serta kepercayaan individu yang mendasari kepribadian mereka, kemudian akan mempengaruhi cara mereka memandang dan menghadapi sesuatu, sehingga persepsi mereka pun berbeda. Begitu juga dalam kampanye sosial Light On dalam rangka mengurangi angka kecelakaan, pesan yang disampaikan melalui media massa menimbulkan rangsangan berupa persepsi dan respon berbeda pada tiap individu. Menurut DeFleur (1970), “Individuals differences theory argued that, because of people vary greatly in their psychological makeup and because they have different perceptions of things, media influence differs from person to person. More specifically, media messages contain particular stimulus attributes that have differential interaction with personality characteristics of members of the audience” (Baran & Davis, 2006:149). Teori tersebut menegaskan bahwa, setiap orang akan menanggapi isi media massa berdasarkan dengan kepercayaan serta nilai-nilai sosial mereka. atas dasar bahwa tiap individu tidak sama perhatiannya, kepentingannya, kepercayaan maupun nilai-nilainya, maka dengan sendirinya selektivitas mereka terhadap komunikasi massa juga berbeda. Dalam hal ini adalah proses pemahaman pesan dari kampanye sosial Light On, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap tingkah laku (behavioral) khalayak sasarannya. BAB III PENUTUP Berbagai cara telah diupayakan oleh Polri untuk terus mengurangi angka kecelakaan. Banyak program dan terobosan yang digalakkan oleh Polri agar angka kecelakaan tidak semakin bertambah. Namun masyarakat seringkali tidak mengindahkan bahkan menganggap sepele program-program dari Polri tersebut. Polri pun terus mengupayakan cara yang lebih efektif dan diharapkan masyarakat mau menerimanya. Melalui program Light On inilah Polri berupaya mengurangi angka kecelakaan, terutama kecelakaan sepeda motor. Jarak pandang manusia terhadap benda sangat terbatas, terlebih jika benda tersebut bergerak dalam kecepatan tinggi. Sepeda motor bila dilihat dari kaca spion kendaraan lain akan terlihat kecil dan kadang tidak terlihat jelas. Apalagi jika pengendaranya mengendarai dengan kecepatan tinggi. Hal inilah yang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan sepeda motor, tidak terlihat oleh pengendara kendaraan lainnya. Jika lampu utama sepeda motor tersebut selalu menyala akan membantu penglihatan pengemudi kendaraan bermotor lainnya karena cahaya mudah tertangkap oleh indera penglihatan manusia. Dengan demikian diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan. 3.1 SIMPULAN 1. Penelitian pada kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor. Nilai korelasi antara tingkat pendidikan dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor sebesar 0,328. Sedangkan pada Kota Surakarta tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor, dan nilai korelasinya hanya sebesar -0,093. 2. Penelitian pada kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On) dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,301. Begitu pula pada Kota Surakarta, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,414. 3. Masyarakat Kabupaten Magelang nampak lebih banyak yang menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang dan malam hari jika dibandingkan dengan masyarakat Kota Surakarta. 3.2 SARAN 1. Saran bagi Polri selaku penyelenggara kampanye hendaknya melakukan pendekatan lebih pada masyarakat di Kota Surakarta agar mereka lebih memahami arti penting dari Light On ini. Cara kampanye dan penyampaian pesannya pun bisa lebih variatif agar bisa menarik perhatian masyarakat. Namun sosialisasi yang dilakukan bisa dipertimbangkan dari factor lain karena tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan perilaku masyarakat Kota Surakarta dalam menyalakan lampu utama sepeda motor. Sedangkan untuk Kabupaten Magelang yang masyarakatnya sudah lebih banyak yang menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang dan malam hari tidak perlu ada sosialisasi lanjutan. 2. Untuk penelitian yang akan datang disarankan tidak hanya meneliti mengenai hubungan, tetapi juga pengaruh intensitas kampanye. Penelliti selanjutnya juga bisa menambahkan variable keefektifan kampanye karena keefektifitasan kampanye juga mempengaruhi pemahaman pesan masyarakat mengenai kampanye tersebut. ABSTRAK Kampanye sosial akhir-akhir ini semakin marak di kalangan masyarakat yang bertujuan untuk membawa perubahan sosial atau perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik. Polri pun turut serta menjadi salah satu penyelenggara kampanye sosial. Kampanye sosial dari Polri adalah kampanye yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, khususnya untuk kecelakaan kendaraan kecil seperti sepeda motor. Namun tidak semua masyarakat berperilaku seperti apa yang diharapkan dalam kampanye ini, yaitu menyalakan lampu utama sepeda motor. Factor yang mempengaruhi perilaku masyarakat antara lain tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu sepeda motor. Teori yang digunakan adalah teori Behaviorisme dan Individuals differences theory. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe explanatory dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengendara sepeda motor di Kabupaten Magelang dan Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Random Sampling dengan sampel masing-masing kota sebanyak 50 responden. Hasil penelitian pada Kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan perilaku menyalakan lampu sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,328, dan terdapat hubungan antara tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,301. Sedangkan hasil penelitian di Kota Surakarta menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan tingkat pendidikan dan perilaku menyalakan lampu sepeda motor dengan nilai korelasi hanya -0,093. Namun terdapat hubungan antara tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,414. Melihat hasil penelitian di dua kota yang berbeda dan hasil yang berbeda pula, dapat dilihat bahwa masyarakat Kabupaten Magelang nampak lebih patuh dan tertib dalam menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang dan malam hari jika dibandingkan dengan masyarakat Kota Surakarta. Saran bagi Polri selaku penyelenggara kampanye hendaknya melakukan pendekatan kepada masyarakat Kota Surakarta yang tidak berdasarkan tingkat pendidikan karena tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motor. Bagi penelitian selanjutnya disarankan tidak hanya meneliti mengenai hubungan, tetapi juga pengaruh intensitas kampanye. Penelliti selanjutnya juga bisa menambahkan variable keefektifan kampanye karena keefektifitasan kampanye juga mempengaruhi pemahaman pesan masyarakat mengenai kampanye tersebut. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan; Tingkat Pemahaman Pesan Kampanye Sosial Light On; Perilaku Menyalakan Lampu Sepeda Motor ABSTRACT Nowadays, social campaign becomes more popular in the society which has a purpose to bring the social changing or the public's behavior to be better. The Indonesian National Police Department joins and becomes one of the organizers of social campaigns. The social campaign of the police department is a campaign that aims to reduce the number of accidents on the highway, especially for small vehicle accidents, like motorcycle. However, not all people behave as what is expected in this campaign, which is turning the motorcycle's main lamp on. The factors that influence people's behavior are the level of education and the message comprehension level of Light On social campaign. The purpose of this study is to recognize the relationship between the levels of education and comprehension of the Light On social campaign message and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on. The theory that is used is the theory of behaviorism and the individuals differences theory. This type of research used in this study is the explanatory type with quantitative research method approach. The population of this research were the bikers in Magelang regency and Surakarta city. The sampling technique was non-random sampling with the sample of 50 respondents in each town. The results showed that, in Magelang regency, there was a relationship between the education level and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with the correlation value of 0.328, and also a relationship between the message comprehension level of Light On social campaign and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with a correlation value of 0.301. On the other hand, the results of the research in Surakarta showed that there was no correlation between the education level and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with only -0.093 correlation value. However, there was no relationship between the message comprehension level of Light On social campaign and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with the correlation value of 0.414. Considering these results in two different cities with different results, it could be concluded that the people of Magelang regency seemed to be more dutiful and orderly in turning on the motorcycle's main lamp on on day and night compared to Surakarta's people. The suggestion for the Indonesian National Police Department as the organizer of this campaign is to have a non educational-base approach, because the education level has no relation with the behavior of turning the motorcycle's main lamp on. To the next research, it is suggested that it is not only researching about the relationship, but also about the campaign's intensity influence. The next researcher can also add the campaign effectiveness variable, because the campaign effectiveness also influences the people's message comprehension about that campaign. Key words: education level; comprehension level of the light on social campaign message; behavior of turning on the motorcycle's lamp DAFTAR PUSTAKA Ahmadi, Abu. 2006. Pengantar Ilmu Kependidikan. Jakarta : Rieneka Cipta Munib, Ahmad. 2001. Ilmu Kependidikan. Semarang : UPT MKK UNNES Baran, Stanley J & Dennis K. Davis. 2006. Mass Communication Theory, 4th Edition. USA : Thomson Wadsworth Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations & Public Relations. Bandung : CV. Mandar Maju Gregory, Anne. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta : Erlangga Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Littlejhon, Stephen.W & Foss, Karen.A. 2004. Theories of Human Communication; Eight Edition. Canada : Thomson Wadsworth McQuail, Denis. 2005. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta Priyanto, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta : ANDI Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Sarwono, Sarlito Wirawan. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Severin, Werner J. & Tankard, James W. 2005. Teori Komunikasi; Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I Edisi ke 5. Jakarta : Erlangga Singarimbun, Masri & Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ES Siswoyo, Dwi dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta Syam, M.Noor dkk. 2003. Pengantar Dasar-dasar Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media Windahl, Sven & Benno Signitizer. 2009. Using Communication Theory, 2nd Edition, An Introduction to Planned Communication. London : Sage Publications Witherington. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Prasetya, Adi Lukas. 2009. Nyalakan Lampu Motor Siang Hari, Menekan Kecelakaan. http://www.kompas.com/lipsus052009/antasariread/2009/09/27/19553723/Ny alakan.Lampu.Motor.Siang.Hari..Menekan.Kecelakaan, diunduh pada tanggal 8 Februari 2012 Polres Wonogiri. 2009. Polwil Pantau Sosialisasi Light On dan Lajur Kiri. http://polreswonogiri.com/beritakepolisian/detail/34/polwil-pantau-sosialisasilight- on-dan-lajur-kiri diunduh pada tanggal 8 Februari 2012 Hapsari, Esti Dwi. 2011. Pengaruh Kampanye Keselamatan berkendara (Safety Riding) Terhadap Persepsi Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas. http://etd.eprints.ums.ac.id/15932/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf, diunduh pada tanggal 30 Mei 2012 Munawaroh, Siti. 2009. Efektivitas Komunikasi Kampanye Program Safety Riding Polantas Polda Metro Jaya untuk Meningkatkan Pengetahuan (Studi Pelajar SMK Binakarya Mandiri di Kabupaten Bekasi ). http://digilib.mercubuana.ac.id/skripsi1.php?ID_Skripsi=0000014044&NIM=442 05010060, diunduh pada tanggal 30 Mei 2012 }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/2943} }
Refworks Citation Data :
SUMMARY PENELITIANHubungan antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat PemahamanPesan Kampanye Sosial Light On dengan Perilaku MenyalakanLampu Utama Sepeda MotorBAB IPENDAHULUAN1.1 LATAR BELAKANGMasalah sosial yang akhir-akhir ini banyak diberitakan media salahsatunya adalah kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas memakan korbantidak sedikit. Masalah ini memang merupakan masalah keselamatan berkendara dijalan. Namun menjadi masalah social kala menjadi sorotan dan perhatianmasyarakat. Polri sebagai salah satu lembaga pemerintahan yang bertugasmenangani langsung masalah lalu lintas tidak tinggal diam.Banyak upaya yang dilakukan oleh Polri dalam mengubah perilakumasyarakat agar lebih sadar tentang keselamatan berkendara. Bentuk kampanyePolri untuk menekan angka kecelakaan salah satunya yaitu kampanye sosial LightOn. Kampanye sosial Light On merupakan imbauan pada masyarakat penggunakendaraan sepeda bermotor untuk menyalakan lampu motornya pada siang danmalam hari. Asumsi dari menyalakan lampu sepeda motor pada siang dan malamhari tersebut adalah, sepeda motor akan lebih mudah terlihat oleh pengemudisepeda motor dan pengemudi kendaraan bermotor lainnya. Dengan demikian,pengemudi kendaraan bermotor lainnya akan lebih waspada dan berhati-hatisecara psikologis dalam berkendara (Lukas Adi Prasetya, 2009).Kewajiban menyalakan lampu tersebut sesuai dengan UU No 22/2009pasal 107, “Pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utamakendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisitertentu (1), Pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimanadimakusd pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari(2)”.Sejak disahkannya UU No 22/2009 pada 22 Juni 2009, kampanye sosialLight On disosialisasikan dan mulai diterapkan pada masyarakat. Namun, selamapertengahan tahun 2009 hingga akhir tahun 2010, Polri hanya memberikanimbauan pada masyarakat pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampupada siang hari. Hingga akhirnya pada Januari 2011 mulai ada penindakan olehPolri dengan mengenakan sanksi pada pengendara yang tidak menyalakan lampumotor di siang hari.Meskipun telah intens dalam memberikan imbauan menyalakan lampumotor pada siang hari, masih banyak pelanggaran yang terjadi. Menurut datapelanggaran Light On tahun 2011 yang dipeoleh dari Ditlantas Polda JawaTengah, Polresta Surakarta menyajikan data dengan pelanggaran tertinggi yaitu3.105 kasus.Berbanding terbalik dengan kondisi di Kota Solo, Kabupaten Magelangmenyajikan data pelanggaran dengan kasus paling rendah. Pelanggaran diKabupaten Magelang pada tahun 2011 berjumlah 10 kasus. Selisih angka antaraKota Solo dan Kabupaten Magelang cukup tinggi. Dengan cara sosialisasi yangsama, namun hasil dari kampanye sosial Light On berbeda di setiap kota. Bedakota tentunya berbeda pula kondisi demografinya.1.2 PERUMUSAN MASALAHMenurut data pelanggaran Light On tahun 2011 yang dipeoleh dariDitlantas Polda Jawa Tengah, Polresta Surakarta menyajikan data denganpelanggaran tertinggi yaitu 3.105 kasus. Jumlah pelanggaran tersebut termasukangka yang tinggi mengingat sosialisasi yang dilakukan oleh Polri selama satusetengah tahun sudah sangat intens. Berbeda dengan Kota Surakarta, KabupatenMagelang memegang peringkat terendah terhadap jumlah pelanggaran Light Ondengan jumlah hanya 10 pelanggaran.Kondisi di tiap wilayah kota dan kabupaten di Jawa Tengah tentu saja berbedadari berbagai aspek. Salah satu perbedaan dari tiap daerah dapat diihat darikondisi demografisnya. Perbedaan tingkat pendidikan dan tingkat pemahamanpesan kampanye sosial Light On juga yang mungkin membuat masyarakatberbeda perilaku mengenai kepedulian keselamatan berkendara.Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka timbullah pertanyaansebagai berikut, “apakah terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dan tingkatpemahaman pesan kampanye social Light On dengan perilaku menyalakan lampusepeda motor?”BAB IIANALISIS HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN DANPEMAHAMAN PESAN KAMPANYE SOSIAL LIGHT ON DENGANPERILAKU MENYALAKAN LAMPU SEPEDA MOTOR2.1 Landasan TeoriKecelakaan di jalan saat kita berkendara merupakan hal yang akhir-akhirini semakin sering terjadi. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Polri untukmenanggulangi angka kecelakaan yang terus meningkat setiap tahunnya. Upayayang pernah dilakukan oleh Polri salah satunya adalah menggalakkan Light On,yaitu imbauan bagi pengendara menyalakan lampu motornya pada siang danmalam hari. Agar segala sesuatu tentang Light On ini diketahu oleh masyarakat,maka perlu diadakan sosialisasi melalui penyampaian pesan dan informasi.Kegiatan yang paling tepat dalam hal ini yaitu dengan diadakannya kampanyekomunikasi.Rogers dan Storey mendefinisikan kampanye sebagai serangkaiantindakan komunukasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentupada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurunwaktu tertentu. Merujuk pada definisi ini, maka setiap aktivitas kampanyekomunikasi setidaknya harus mengandung empat hal yakni (1) tindakankampanye yang ditujukan untuk menciptakan efek atau dampak tertentu (2)jumlah khalayak sasaran yang besar (3) biasanya dipusatkan dalam kurun waktutertentu dan (4) melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisasi(Venus, 2009:7).Kampanye pada hakikatnya adalah tindakan komunikasi yang bersifat goaloriented (Venus, 2009:25). Semua kegiatan kampanye pasti ada tujuan yang ingindicapai oleh penyelenggara kampanye. Dalam menjalankan kampanye agar tujuandapat dicapai, tentu tidak bisa dilakukan tanpa perhitungan atau perencanaan.Pelaksana kampanye harus menyusun manajemen kampanye secara sistematis danefektif. Manajemen kampanye adalah proses pengelolaan kegiatan kampanyesecara efektif dan efisien dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang adaguna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Apapun latar belakang kampanye, suatu gagasan pada akhirnya akandiwujudkan dalam bentuk yang bisa disampaikan kepada khalayak. Pesan-pesaninilah yang akan dipersepsi, ditanggapi, diterima atau ditolak oleh khalayak.Pesan-pesan kampanye dirancang secara sistematis agar dapat memunculkanrespon tertentu dalam pikiran khalayak. Agar respon tersebut muncul, mkaprasyarat yang harus dipenuhi adalah adanya kesamaan pengertian danpemahaman tentang symbol-simbol yang digunakan antara pelaku dan penerima(Venus, 2009:70)Kampanye sosial sebenarnya adalah kegiatan persuasi terhadap targetsasaran agar menimbulkan efek dari segi sikap dan perilaku. Namun perlu diingatbahwa membuat seseorang untuk bertindak adalah lebih sulit daripada mendorongmereka untuk berpikir tentang suatu hal. Setiap kegiatan kampanye memerlukanstrategi komunikasi yang merupakan perencanaan dan manajemen untukmencapai tujuan tertentu dalam praktik operasionalnya (Ruslan, 2007:38). Dalamkampanye sosial Light On ini tentu dibutuhkan strategi komunikasi yang baikuntuk menyampaikan pesan guna mencapai tujuannya, yaitu agar masyarakat maumenyalakan lampu sepeda motor.Pesan atau informasi yang berasal dari kampanye sosial Light Ondisampaikan kepada masyarakat sebagai sasaran yang dituju oleh programkampanye tersebut. Kampanye ini memakai media untuk menyampaikan pesanatau informasi tersebut. Mempertimbangkan bagaimana cara menyampaikan isipesan kampanye termasuk ke dalam manajemen kampanye. Penggunaan mediapada proses berlangsungnya kampanye sosial tidak akan pernah lepas sebagai alatuntuk menyampaikan pesan. Fungsi media massa adalah menyampaikan informasitentang keadaan disekitarnya kepada masyarakat. Fungsi menyampaikaninformasi ini diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagipembaca, pendengar atau pemirsa. Proses penyebaran informasi ini disebutdengan komunikasi massa.Mass communicatin is the process whereby media organizations produceand transmit messages to large publics and the process by which thosemessagse are sought, used, and influenced by audiences. Mediaorganizations distribute messages that affect and reflect the cultures ofsociet, and they provide information simultaneously to largeheterogeneous audiences, making media part of society’s institutionalforces (Littlejohn, 2004:273).Komunikasi massa adalah proses di mana media memproduksi danmengirim pesan-pesan kepada khalayak luas dan proses yang mana pesan tersebutdicari, digunakan, dan dipengaruhi oleh audiens. Media mendistribusikan pesanpesanyang mempengaruhi dan mencerminkan budaya masyarakat, dan pesanpesantersebut menyediakan informasi secara berkelanjutan pada audiens yangluas, membuat media bagian dari perangkat institusi masyarakat.Iklan-iklan layanan masyarakat mengenai Light On yang dikeluarkan olehPolri merupakan komunikasi massa melalui surat kabar, majalah, radio, televisi,leaflet, poster, spanduk, MMT, billboards, dan lain-lain. Dikategorikan sebagaikomunikasi massa (nonpersonal) karena perusahaan sponsor (penyelenggarakampanye) tersebut secara simultan berkomunikasi dengan penerima pesan yangberanekaragam, bukan kepada individu tertentu atau personal atau kelompok kecil(Shimp, 2003:5). Demikian pula dengan publisitas, hampir sama dengan iklannamun penyelenggara kampanye tidak mengeluarkan biaya untuk waktu danruang beriklan. Publisitas biasanya dilakukan dalam bentuk berita atau komentareditorial mengenai produk atau jasa dari perusahaan. Bentuk-bentuk ini dimuatdalam media cetak atau televisi secara gratis karena perwakilan mediamenganggap informasi tersebut penting dan layak ditampilkan kepada khalayakmereka (Shimp, 2003: 6). Misalnya sosialisasi Light On diberitakan dalam mediacetak,media menginformasikan kepada khalayak bahwa menyalakan lampusepeda motor pada siang dan malam hari penting untuk mengurangi angkakecelakaan. Data dari Polri mengenai turunnya angka kecelakaan yang diberitakandi media juga merupakan publisitas kampanye sosial Light On karena dianggapinformasi ini penting bagi masyarakat.Selain iklan dan publisitas, kampanye sosial Light On juga menggunakanambient media untuk melengkapi sarana penyampaian pesan kampanye. ambientmedia yang menyerupai bat untuk bermain tenis meja. Di kedua sisi bet tersebutterdapat tulisan “Nyalakan Lampu Sepeda Motor Anda”. Bat tersebut dipegangoleh polisi lalu lintas dan ditunjukkan pada pengendara sepeda motor. Penggunaanambient media ini saat patroli polisi lalu lintas pada pagi dan sore hari.Produk yang ditawarkan dalam kampanye Light On adalah perubahanperilaku pengendara sepeda motor. Tujuan utama dari kampanye ini adalahterwujudnya perubahan perilaku masyarakat, yang awalnya hanya menyalakanlampu sepeda motor pada malam hari, diharapkan menyalakan lampu sepedamotor pada siang hari juga guna mengurangi angka kecelakaan. Oleh karena itudalam menyelenggarakan kampanye, pesan-pesan kampanye harus diautrsedemikian rupa agar lebih efektif untuk diterima dan mempengaruhi targetsasaran. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Stuyek (1990) bahwa, penggunaansesuatu yang jelas dan bahasa yang sederhana dalam membuat pesan akanmembuat pesan tersebut lebih mudah dimengerti (Venus, 2009:81).Pemahaman pesan pada kampanye sosial Light On akan mempengaruhiperilaku khalayak sasarannya. Pada tahap afektif, muncul sikap seseorangterhadap apa yang sudah diketahui dan dipahami. Muncul sikap positif ataunegative, percaya atau tidak percaya dalam menanggapi manfaat menyalakanlampu sepeda motor ini. Hingga sampai pada tahap seseorang akan berperilaku(behavior) sesuai dengan apa yang dirasakan dan disadarinya, yaitu menyalakanlampu sepeda motor pada siang dan malam hari.Khalayak atau target sasaran kampanye yang terterpa kegiatan komunikasipemasaran merupakan sasaran dari penyampaian pesan dan diharapkanberperilaku seperti kegiatan yang sedang dikampanyekan. Khalayak adalahindividu-individu yang berpikir, memiliki perasaan, mengevaluasi, menentukan,beraksi dan bereaksi atas sesuatu (Venus, 2009:116). Karena alasan ini makapesan-pesan kampanye akan dipersepsi secara berbeda oleh setiap individu danakhirnya menghasilkan efek yang beragam pula. Para pelaku kampanyemenyadari bahwa khalayak sasaran mereka tidaklah homogen. Mereka memilikikeragaman dari segi demografis maupun psikografis. Keragamaan inilah yangmemunculkan perbedaan keinginan, kebutuhan, dan cara mereka meresponlingkungan. Dengan demikian masing-masing kelompok khalayak memerlukanpendekatan yang berbeda, mulai desain pesan, cara menyampaikannya hinggasiapa komunikator yang cocok menyampaikan pesan tersebut. Pernyataan tersebutsesuai dengan bauran komunikasi yaitu who says what in which channel to whomwith what effect. Ini artinya segmentasi perlu dilakukan dalam menentukankhalayak sasaran kampanye (Venus, 2009:124). Target sasaran yang sudahditentukan oleh penyelenggara kampanye diharapkan mendapat pengetahuan yangcukup tentang kampanye melalui media, sehingga pesan secara efektif dapatmempengaruhi audiens sampai ke tahap yang diinginkan. Menurut McQuail(1972), salah satu fungsi media bagi individu yaitu sebagai identitas pribadi untukmenemukan model perilaku (McQuail, 2005:72). Jadi, segmentasi khalayaksasaran atau audience dilakukan agar kampanye tepat sasaraan. Setelah pesanyang diberikan tepat sasaran, khalayak sasaran bisa paham mengenai isi pesankampanye. Lalu audience mempunyai pilihan, setuju untuk mengadopsi perilakudari isi pesan tersebut atau tidak.Masyarakat sendiri menanggapi pesan kampanye berbeda satu denganyang lainnya. Respon khalayak terhadap pesan kampanye dipengaruhi oleh prosespenerimaan dan pengolahan pesan atau informasi yang dilakukan khalayak(Venus, 2009:78). Maka dari itu pesan harus memiliki kemampuan tertentu yangdapat mendorong khalayak untuk memberikan respon positif sesuai harapanpelaku kampanye. Menurut Venus (2009), ada beberapa aspek yang perlumendapat perhatian dalam membaut pesan, yaitu :a. Penekanan terhadap apa yang akan dipersepsi orangb. Bagaimana pesan tersebut dapat menarik perhatian khalayakc. Serta bagaimana informasi dalam pesan itu disimpan dan diingat olehpenerimanya.Selain itu, masyarakat juga menerima pesan dengan selektif. Orang akanmelihat apa yang ia lihat, mendengar apa yang ingin ia dengar. Maka, setiap orangakan menginterpretasikan pesan sesuai dengan latar belakang dan pengalamanyang dimilikinya. Garnett (1992) menyatakan bahwa persepsi selektif ditentukanoleh latar belakang keluarga, karakteristik kepribadian fisik, tingkat pendidikan,perbedaan budaya, dan factor lainnya (Venus, 2009:80). Tingkat pendidikanmerupakan salah satu faktor penting dalam mengasah kemampuan danketrampilan. Proses pendidikan diharapkan dapat menciptakan manusia terdidikyang mempunyai pola tingkah laku yang sesuai dengan tujuan pendidikan.Olehkarena itu proses pendidikan dilakukan dalam suatu system. Pendidikanformal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri ataspendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.Pendidikan memberikan kontribusi besar dalam berinteraksi denganlingkungan, ketrampilan dan pengetahuan yang diperoleh melalui bangku sekolahmembantu memperlancar daya tangkap seseorang dalam berkomunikasi.Pendidikan masyarakat mempengaruhi persepsinya dan kemampuan konsepsinyamengenai pesan yang diterima. Pada gilirannya akan berpengaruh pula terhadappengaturan pikiran dan perasaan ketika melaksanakan tanggapan ataumenyampaikan umpan balik kepada komunikator. Kemampuan yang dimiliki tiapindividu yang nantinya akan terlihat bagaimana ia berperilaku. Seluruh perilakumanusia adalah hasil belajar, artinya perubahan perilaku organisme sebagaipengaruh lingkungan (Rakhmat, 2007:21).Sesuai dengan aliran Behaviorisme, seluruh perilaku manusia selaininsting merupakan hasil belajar (Syam, 2011:75). Oleh para ilmuan Behaviorismealiran ini lebih dikenal dengan Teori Belajar, Behaviorisme hanya inginmengetahui bagaimana perilaku manusia dikendalikan oleh faktor-faktorlingkungan (Rakhmat, 2007:21). Salah satunya adalah media, sebagai salurankomunikasi massa yang menjadi perangkat institusi masyarakat. Media jugamerupakan salah satu media pembelajaran bagi manusia. Dalam kampanye sosialLight On, manusia belajar memahami pesan kampanye melalui media disekitarnya. Hasil belajar itu tidak semuanya sama. Semakin tinggi tingkatpendidikan seseorang, maka kualitas belajarnya juga semakin bagus. Semakinbanyak pula pengalaman yang diperoleh dari lingkungan belajarnya dan akanberpengaruh pada perilaku mereka. Demikian pula dalam kegiatan kampanyesosial Light On, para pengendara sepeda motor tidak serta merta menyalakanlampu sepeda motor. Namun merupakan hasil interaksi audiensnya denganlingkungan, yaitu melihat media yang berisi tentang imbauan menyalakan lampusepeda motor pada siang dan malam hari, serta pengetahuan manusia yangmerupakan hasil dari belajar dan pendidikan dalam memahami pesan tersebut.Dalam pertumbuhannya, manusia bukan saja mengalami perkembangandalam segi jasmaniahnya, tetapi juga rohaniahnya. Dan perkembangan inimembentuk jiwanya, sifat tabiat dan tingkahlakunya (Effendy, 1993:53). Lalumuncul berbagai sikap terhadap pesan atau rangsangan yang mereka terimaberupa sikap yang merupakan kecenderungan untuk berperilaku dengan cara-caratertentu. Dengan kata lain, perilaku manusia adalah produk dari dorongandoronganlingkungan.Menurut De Fleur and Ball-Rokeach (1982) “Since individuals were notseen as socially active, psychological and biological factors became moreimportant than social ones in explaining the behavior of people in masssociety. For example, characteristics such as instincts and psychologicaldrives become crucial when describing audience members,” (Windahl,Signitzer with Olson, 2009:196)Menurut McQuail dalam bukunya Teori Komunikasi Massa, apa yangdiungkapkan oleh DeFleur tersebut relevan bila dikaitkan dengan kerumitan pesanmedia umumnya dan bila dibandingkan dengan jenis rangsangan yang digunakandalam hampir seluruh percobaan psikologi. Kedua, semakin jelas bahwa reaksi ituberbeda-beda secara sistematis sesuai dengan kategori sosial penerima, yangantara lain berdasarkan usia, pekerjaan, gaya hidup, jenis kelamin, agama, dansebagainya (2005:235).Manusia satu sama lain tentu tumbuh dan berkembang di lingkungan yangberbeda-beda. Dari lingkungan yang berbeda inilah akan terbentuk sikap, nilainilai,serta kepercayaan individu yang mendasari kepribadian mereka, kemudianakan mempengaruhi cara mereka memandang dan menghadapi sesuatu, sehinggapersepsi mereka pun berbeda. Begitu juga dalam kampanye sosial Light On dalamrangka mengurangi angka kecelakaan, pesan yang disampaikan melalui mediamassa menimbulkan rangsangan berupa persepsi dan respon berbeda pada tiapindividu.Menurut DeFleur (1970), “Individuals differences theory argued that,because of people vary greatly in their psychological makeup and becausethey have different perceptions of things, media influence differs fromperson to person. More specifically, media messages contain particularstimulus attributes that have differential interaction with personalitycharacteristics of members of the audience” (Baran & Davis, 2006:149).Teori tersebut menegaskan bahwa, setiap orang akan menanggapi isi media massaberdasarkan dengan kepercayaan serta nilai-nilai sosial mereka. atas dasar bahwatiap individu tidak sama perhatiannya, kepentingannya, kepercayaan maupunnilai-nilainya, maka dengan sendirinya selektivitas mereka terhadap komunikasimassa juga berbeda. Dalam hal ini adalah proses pemahaman pesan darikampanye sosial Light On, yang selanjutnya akan berpengaruh terhadap tingkahlaku (behavioral) khalayak sasarannya.BAB IIIPENUTUPBerbagai cara telah diupayakan oleh Polri untuk terus mengurangi angkakecelakaan. Banyak program dan terobosan yang digalakkan oleh Polri agar angkakecelakaan tidak semakin bertambah. Namun masyarakat seringkali tidakmengindahkan bahkan menganggap sepele program-program dari Polri tersebut.Polri pun terus mengupayakan cara yang lebih efektif dan diharapkan masyarakatmau menerimanya. Melalui program Light On inilah Polri berupaya mengurangiangka kecelakaan, terutama kecelakaan sepeda motor.Jarak pandang manusia terhadap benda sangat terbatas, terlebih jika bendatersebut bergerak dalam kecepatan tinggi. Sepeda motor bila dilihat dari kacaspion kendaraan lain akan terlihat kecil dan kadang tidak terlihat jelas. Apalagijika pengendaranya mengendarai dengan kecepatan tinggi. Hal inilah yang seringmenyebabkan terjadinya kecelakaan sepeda motor, tidak terlihat oleh pengendarakendaraan lainnya. Jika lampu utama sepeda motor tersebut selalu menyala akanmembantu penglihatan pengemudi kendaraan bermotor lainnya karena cahayamudah tertangkap oleh indera penglihatan manusia. Dengan demikian diharapkandapat menurunkan angka kecelakaan.3.1 SIMPULAN1. Penelitian pada kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan perilakumenyalakan lampu utama sepeda motor. Nilai korelasi antara tingkatpendidikan dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motorsebesar 0,328. Sedangkan pada Kota Surakarta tidak ada hubungan yangsignifikan antara tingkat pendidikan dengan perilaku menyalakan lampuutama sepeda motor, dan nilai korelasinya hanya sebesar -0,093.2. Penelitian pada kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapathubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman pesan kampanyesosial Light On) dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motordengan nilai korelasi sebesar 0,301. Begitu pula pada Kota Surakarta,terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pemahaman pesankampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu utamasepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,414.3. Masyarakat Kabupaten Magelang nampak lebih banyak yang menyalakanlampu utama sepeda motor pada siang dan malam hari jika dibandingkandengan masyarakat Kota Surakarta.3.2 SARAN1. Saran bagi Polri selaku penyelenggara kampanye hendaknya melakukanpendekatan lebih pada masyarakat di Kota Surakarta agar mereka lebihmemahami arti penting dari Light On ini. Cara kampanye danpenyampaian pesannya pun bisa lebih variatif agar bisa menarik perhatianmasyarakat. Namun sosialisasi yang dilakukan bisa dipertimbangkan darifactor lain karena tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan denganperilaku masyarakat Kota Surakarta dalam menyalakan lampu utamasepeda motor. Sedangkan untuk Kabupaten Magelang yang masyarakatnyasudah lebih banyak yang menyalakan lampu utama sepeda motor padasiang dan malam hari tidak perlu ada sosialisasi lanjutan.2. Untuk penelitian yang akan datang disarankan tidak hanya menelitimengenai hubungan, tetapi juga pengaruh intensitas kampanye. Penellitiselanjutnya juga bisa menambahkan variable keefektifan kampanye karenakeefektifitasan kampanye juga mempengaruhi pemahaman pesanmasyarakat mengenai kampanye tersebut.ABSTRAKKampanye sosial akhir-akhir ini semakin marak di kalangan masyarakat yangbertujuan untuk membawa perubahan sosial atau perilaku masyarakat ke arah yang lebihbaik. Polri pun turut serta menjadi salah satu penyelenggara kampanye sosial. Kampanyesosial dari Polri adalah kampanye yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya, khususnya untuk kecelakaan kendaraan kecil seperti sepeda motor. Namuntidak semua masyarakat berperilaku seperti apa yang diharapkan dalam kampanye ini,yaitu menyalakan lampu utama sepeda motor. Factor yang mempengaruhi perilakumasyarakat antara lain tingkat pendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosialLight On.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkatpendidikan dan tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilakumenyalakan lampu sepeda motor. Teori yang digunakan adalah teori Behaviorisme danIndividuals differences theory. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah tipe explanatory dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Populasipenelitian ini adalah pengendara sepeda motor di Kabupaten Magelang dan KotaSurakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Random Sampling dengansampel masing-masing kota sebanyak 50 responden.Hasil penelitian pada Kabupaten Magelang menunjukkan bahwa terdapathubungan antara tingkat pendidikan dan perilaku menyalakan lampu sepeda motordengan nilai korelasi sebesar 0,328, dan terdapat hubungan antara tingkat pemahamanpesan kampanye sosial Light On dengan perilaku menyalakan lampu utama sepeda motordengan nilai korelasi sebesar 0,301. Sedangkan hasil penelitian di Kota Surakartamenunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan tingkat pendidikan dan perilakumenyalakan lampu sepeda motor dengan nilai korelasi hanya -0,093. Namun terdapathubungan antara tingkat pemahaman pesan kampanye sosial Light On dengan perilakumenyalakan lampu utama sepeda motor dengan nilai korelasi sebesar 0,414.Melihat hasil penelitian di dua kota yang berbeda dan hasil yang berbeda pula,dapat dilihat bahwa masyarakat Kabupaten Magelang nampak lebih patuh dan tertibdalam menyalakan lampu utama sepeda motor pada siang dan malam hari jikadibandingkan dengan masyarakat Kota Surakarta.Saran bagi Polri selaku penyelenggara kampanye hendaknya melakukanpendekatan kepada masyarakat Kota Surakarta yang tidak berdasarkan tingkat pendidikankarena tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan perilaku menyalakan lampuutama sepeda motor. Bagi penelitian selanjutnya disarankan tidak hanya menelitimengenai hubungan, tetapi juga pengaruh intensitas kampanye. Penelliti selanjutnya jugabisa menambahkan variable keefektifan kampanye karena keefektifitasan kampanye jugamempengaruhi pemahaman pesan masyarakat mengenai kampanye tersebut.Kata Kunci : Tingkat Pendidikan; Tingkat Pemahaman Pesan Kampanye Sosial LightOn; Perilaku Menyalakan Lampu Sepeda MotorABSTRACTNowadays, social campaign becomes more popular in the society which has apurpose to bring the social changing or the public's behavior to be better. The IndonesianNational Police Department joins and becomes one of the organizers of social campaigns.The social campaign of the police department is a campaign that aims to reduce thenumber of accidents on the highway, especially for small vehicle accidents, likemotorcycle. However, not all people behave as what is expected in this campaign, whichis turning the motorcycle's main lamp on. The factors that influence people's behavior arethe level of education and the message comprehension level of Light On social campaign.The purpose of this study is to recognize the relationship between the levels ofeducation and comprehension of the Light On social campaign message and the behaviorof turning the motorcycle's main lamp on. The theory that is used is the theory ofbehaviorism and the individuals differences theory. This type of research used in thisstudy is the explanatory type with quantitative research method approach. The populationof this research were the bikers in Magelang regency and Surakarta city. The samplingtechnique was non-random sampling with the sample of 50 respondents in each town.The results showed that, in Magelang regency, there was a relationship betweenthe education level and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with thecorrelation value of 0.328, and also a relationship between the message comprehensionlevel of Light On social campaign and the behavior of turning the motorcycle's main lampon with a correlation value of 0.301. On the other hand, the results of the research inSurakarta showed that there was no correlation between the education level and thebehavior of turning the motorcycle's main lamp on with only -0.093 correlation value.However, there was no relationship between the message comprehension level of LightOn social campaign and the behavior of turning the motorcycle's main lamp on with thecorrelation value of 0.414.Considering these results in two different cities with different results, it could beconcluded that the people of Magelang regency seemed to be more dutiful and orderly inturning on the motorcycle's main lamp on on day and night compared to Surakarta'speople.The suggestion for the Indonesian National Police Department as the organizer ofthis campaign is to have a non educational-base approach, because the education level hasno relation with the behavior of turning the motorcycle's main lamp on. To the nextresearch, it is suggested that it is not only researching about the relationship, but alsoabout the campaign's intensity influence. The next researcher can also add the campaigneffectiveness variable, because the campaign effectiveness also influences the people'smessage comprehension about that campaign.Key words: education level; comprehension level of the light on social campaignmessage; behavior of turning on the motorcycle's lampDAFTAR PUSTAKAAhmadi, Abu. 2006. Pengantar Ilmu Kependidikan. Jakarta : Rieneka CiptaMunib, Ahmad. 2001. Ilmu Kependidikan. Semarang : UPT MKK UNNESBaran, Stanley J & Dennis K. Davis. 2006. Mass Communication Theory, 4th Edition.USA : Thomson WadsworthEffendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations & Public Relations. Bandung : CV.Mandar MajuGregory, Anne. 2001. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta :ErlanggaGunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka CiptaKriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : KencanaLittlejhon, Stephen.W & Foss, Karen.A. 2004. Theories of Human Communication; EightEdition. Canada : Thomson WadsworthMcQuail, Denis. 2005. Teori Komunikasi Massa, Edisi Kedua. Jakarta : ErlanggaNotoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : RinekaCiptaPriyanto, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS 17. Yogyakarta : ANDIRakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja RosdakaryaSarwono, Sarlito Wirawan. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai PustakaSarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersadaSeverin, Werner J. & Tankard, James W. 2005. Teori Komunikasi; Sejarah, Metode, danTerapan di Dalam Media Massa. Jakarta : KencanaShimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I Edisike 5. Jakarta : ErlanggaSingarimbun, Masri & Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta : LP3ESSiswoyo, Dwi dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY PressSugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung : CV. AlfabetaSyam, M.Noor dkk. 2003. Pengantar Dasar-dasar Pendidikan. Surabaya : Usaha NasionalVenus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalamMengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama MediaWindahl, Sven & Benno Signitizer. 2009. Using Communication Theory, 2nd Edition, AnIntroduction to Planned Communication. London : Sage PublicationsWitherington. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka CiptaPrasetya, Adi Lukas. 2009. Nyalakan Lampu Motor Siang Hari, Menekan Kecelakaan.http://www.kompas.com/lipsus052009/antasariread/2009/09/27/19553723/Nyalakan.Lampu.Motor.Siang.Hari..Menekan.Kecelakaan, diunduh pada tanggal 8Februari 2012Polres Wonogiri. 2009. Polwil Pantau Sosialisasi Light On dan Lajur Kiri.http://polreswonogiri.com/beritakepolisian/detail/34/polwil-pantau-sosialisasilight-on-dan-lajur-kiri diunduh pada tanggal 8 Februari 2012Hapsari, Esti Dwi. 2011. Pengaruh Kampanye Keselamatan berkendara (Safety Riding)Terhadap Persepsi Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas.http://etd.eprints.ums.ac.id/15932/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf, diunduh padatanggal 30 Mei 2012Munawaroh, Siti. 2009. Efektivitas Komunikasi Kampanye Program Safety RidingPolantas Polda Metro Jaya untuk Meningkatkan Pengetahuan (Studi PelajarSMK Binakarya Mandiri di Kabupaten Bekasi ).http://digilib.mercubuana.ac.id/skripsi1.php?ID_Skripsi=0000014044&NIM=44205010060, diunduh pada tanggal 30 Mei 2012
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.