BibTex Citation Data :
@article{IO2843, author = {Rika Kurniawati and Hedi Santosa and Triono Lukmantoro}, title = {KECEMASAN KOMUNIKASI (COMMUNICATION APPREHENSION) FANS DALAM INTERAKSI LANGSUNG DENGAN IDOLA}, journal = {Interaksi Online}, volume = {1}, number = {3}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { KECEMASAN KOMUNIKASI (COMMUNICATION APPREHENSION) FANS DALAM INTERAKSI LANGSUNG DENGAN IDOLA (Studi Terhadap Fans Korean Pop di Indonesia) Rika Kurniawati1 Abstrak: Kpop berasal dari musik pop Korea yang telah dimodernisasi dengan sedikit gaya Western seperti hiphop atau rock. Permasalahan yang ingin diselidiki dalam penelitian ini adalah mengapa kecemasan komunikasi muncul di dalam interaksi fans dengan idolanya, faktor-faktor apa yang mempengaruhi dan tipe-tipe kecemasan yang terjadi sehubungan dengan perubahan media interaksi yang dilakukan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjelaskan mengenai kecemasan komuniaksi yang terjadi, faktor-faktor yang berpengaruh di dalamnya serta tipe-tipe kecemasan komunikasi yang terjadi sehubungan dengan adanya perubahan media interaksi. Dengan menggunakan metoda fenomenologi, penulis berusaha menjawab permasalahan tersebut dengan menggunakan teori kecemasan komunikasi sebagai salah satu penghambat dalam proses berkomunikasi dan kajian fans dan fandom. Sementara obyek penelitian adalah lima orang fans yang bersedia menjadi informan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan yang terjadi sangat bervariasi pada semua informan. Kecemasan komunikasi yang terjadi dalam interaksi fans cenderung disebabkan oleh adanya ketidakpastian yang terjadi terkait dengan komunikasi yang sedang berlangsung atau yang sedang diantisipasi. Perbedaan media interaksi yang digunakan, dari computer mediated communication menjadi interaksi langsung tatap muka, bisa memicu timbulnya kecemasan namun tidak berpengaruh terhadap tipe-tipe kecemasan komunikasi yang terjadi. Key Words: Kecemasan Komunikasi; fans, fandom, dan kajian fans; pengurangan ketidakpastian Abstract: Kpop is the Korean pop music which has been modernized with a Western style such as hip-hop or rock.. The problems investigated in this study is why communication anxiety appears in the interaction with the fans of his idol, the factors that affect and the types of anxiety that occurs in connection with the changes made of media interaction.The objectives of this research is to explain the communication anxiety happens, the factors that influence in it as well as the types of communication anxiety that occurs in connection with a change of media interaction.By using a phenomenological method, the authors sought to answer these problems by using the theory of communication anxiety as one of the obstacles in the process of communicating and study fans and fandom. While the object of the study is five fans who are willing to become informants with different educational backgrounds.The results showed that the anxiety occurs with varies greatly in all informants. Communication anxiety that occurs in the interaction of fans likely to be caused by the uncertainties that occur related to the ongoing communications or are anticipated. Differences in the interaction of media used, from computer mediated communication to face-to-face direct interaction, can lead to anxiety, but had no effect on the types of communication that occur anxiety. Key words: Communications apprehension; anxiety; fans, fandom and fans studies; uncertainty. 1 Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro angkatan tahun 2008 Pendahuluan Communication Apprehension sendiri seringkali diartikan sebagai perasaan takut, gugup dan cemas ketika hendak berkomunikasi dan atau berinteraksi dengan orang lain. Selama ini fans Kpop yang ada di Indonesia hanya berinteraksi dengan idola mereka melalui media online/SNS (social networking system) seperti Twitter, Cyworld, Me2day, Weibo dll. Kesempatan untuk bertemu langsung dengan idola tentu saja tidak sebanyak fans lain yang ada di Korea secara langsung. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, mengapa CA terjadi dan muncul pada fans Kpop dengan idolanya dalam interaksi komunikasi mereka? Kemudian faktor apa saja yang menyebabkan seorang fans mengalami kecemasan berkomunikasi? Lalu dengan adanya perubahan media interaksi dan pola interaksi yang dilakukan, pengaruh apa yang muncul di dalam tipe kecemasan berkomunikasi yang dialami oleh individu? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena kecemasan komunikasi antara fans terhadap idolanya, mendeskripsikan penyebab munculnya kecemasan berkomunikasi seorang fans serta mendeskripsikan mengenai perbedaan media interaksi yang digunakan sebelumnya dan pola interaksi langsung yang terjadi dengan tipe-tipe kecemasan berkomunikasi yang dialami. Dalam berkomunikasi tatap muka, seringkali ditemui adanya kecemasan komunikasi seorang individu terhadap individu lainnya. Ada 4 (empat) jenis kecemasan komunikasi yang dapat diidentifikasi, yaitu: 1. Traitlike CA, merupakan kecenderungan kecemasan komunikasi yang relatif stabil dan panjang waktunya ketika seseorang dihadapkan pada berbagai konteks komunikasi. 2. Context-based CA, yaitu kecemasan komunikasi yang muncul ketika individuindividu harus berbicara di depan umum (public speaking), tetapi dia tidak mengalami kecemasan pada tipe-tipe komunikasi yang lain. Atau dalam istilah lain, kecemasan komunikasi yang dialami oleh tipe ini akan berubah konteksnya. 3. Audience-based CA, merupakan kecemasan komunikasi yang dialami oleh seseorang ketika ia berkomunikasi dengan tipe-tipe orang tertentu tanpa memandang waktu atau konteks. 4. Situational CA, merupakan kecemasan komunikasi yang berhubungan dengan situasi ketika seseorang mendapatkan perhatian yang tidak biasa (unusual) dari orang lain. Fans adalah seseorang yang memiliki ketertarikan yang loyal pada suatu hal (Jenkins, 2002). Mat Hills (Fans Cultures, 2002) mendefinisikan fans sebagai seseorang yang terobsesi dengan bintang, selebriti, film, acara TV atau band; seseorang yang bisa menghasilkan penyebaran informasi di dalam fandom mereka, dan mampu menyitir kalimat atau lirik, bab dan sajak favorit. Metoda Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Subjek penelitian adalah para fans Kpop di Indonesia tanpa terkait batasan tempat. Pemilihan informan akan dilakukan dengan memperhatikan kualifikasi bahwa calon informan tersebut sudah menjadi fans Kpop minimal selama satu tahun dan sudah pernah bertemu dengan idolanya secara langsung baik melalui konser maupun acara-acara lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam (in depth interview) dengan informan. Sementara proses analisis dan interpretasi data menggunakan metode yang dikemukakan oleh Von Eckartsberg (1986)(dalam Moustakas, 1994) yang melibatkan tahapan sebagai berikut: 1. Permasalahan dan Perumusan Pertanyaan Penelitian (The Problem and Questioning Formulation: The Phenomenon). 2. Data yang menghasilkan situasi: Teks Pengalaman Kehidupan (The data generating Situation:The Protocol Life Text). 3. Analisis data: Eksplikasi dan Interpretasi (The Data Analysis: Explication and Interpretating) Hasil Penelitian Pemilihan informan berdasarkan 5 orang informan dengan pembagian 2 informan melalui wawancara langsung sementara 3 informan lainnya dengan wawancara melalui chatting. Informan I dan IV menempatkan idola sebagai sosok teman dan atau saudara yang harus didukung dan sesekali dikritik dengan candaan, namun Informan III dan V masih menempatkan sosok idola sebagai orang asing yang memiliki jarak dengan mereka meskipun sebagai fans. Informan II mengaku malah kadang dirinya menganggap jika sosok-sosok yang dia lihat di layar kaca atau laptop itu hanyalah tokoh rekaan atau khayalan yang tak mungkin bisa dia temui secara nyata di hidupnya. Bentuk outcomes dari CA yang dialami oleh informan adalah communicative disruption yang berupa terbata-bata atau stuttering, stuck for words atau hanya bengong dan membeku di tempat sementara fans-fans lain di sekitarnya berusaha menarik perhatian idola, serta talking too much atau bisa dikategorikan dalam kata histeris. Informan I, II, IV dan V mengalami CA berdasarkan pada trait-trait situational karena mereka mengantisipasi interaksi dengan orang lain sementara Informan III mengalami CA berdasarkan trait personal yaitu anxiety muncul dari adanya strong negative expectation terhadap idola yang nantinya hendak berinteraksi langsung dengan dirinya. Informan I dan IV seolah membentuk sebuat self protector dengan mengungkapkan jika mereka tidak berharap muluk-muluk akan idola yang mengenal mereka secara personal dan bahkan menjadi pasangan mereka. Informan II masih merasakan jarak antara dirinya dan idola sehingga saat dirinya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan idola dirinya justru membeku dan cenderung menghindari kontak atau interaksi yang mungkin timbul. Informan III merasakan hal yang sama dengan Informan II, namun dirinya mampu mengatasi perasaan tersebut pada saat Informan III berada di depan idolanya tepat dan melakukan interaksi yang lebih intens seperti percakapan singkat, kontak mata dan high-five serta jabatan tangan. Informan V mengaku dirinya sudah merasa biasa saat menghadiri konser karena sudah terhitung berkali-kali dia mengikuti konser idola Kpop kesukaannya. Informan V mengatakan jika dirinya merasa deg-degan dan makin histeris justru ketika teriakannya ditanggapi oleh idolanya dan mereka melihat ke arah posisi Informan V dalam arena konser tersebut. Pembahasan Berdasarkan temuan hasil penelitian, kecemasan komunikasi terjadi dalam fase perubahan interaksi antara fans terhadap idola yang berawal dari interaksi tak langsung dan langsung melalui media online ke interaksi langsung yang berupa komunikasi tatap muka dengan berbagai variasi. Informan I dan Informan IV menyaring segala informasi dan pengetahuan tentang idola yang diterimanya setiap hari dengan cara yang berbeda. Informan I menempatkan standar humanis bagi idolanya, dalam artian dia menganggap idolanya sebagai seorang saudara dan sahabat, bahwa seorang idola juga membutuhkan sosok pendamping hidup nantinya, dan bahwa dia hanya sebagai fans dan bukan kekasih mereka. Dengan pikiranpikiran tersebut Informan I berusaha melindungi dirinya sendiri dari rasa kecewa dan juga menunjukkan batas penerimaan penuh atas idolanya sebagai seorang manusia, bukan hanya performer di atas panggung. Leon Festinger (dalam West & Turner, 2009) menamakan perasaan yang tidak seimbang ini sebagai disonansi kognitif atau cognitive dissonance. Hal ini merupakan perasaan yang dimiliki oleh orang ketika mereka ‘menemukan diri mereka sendiri melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ketahui, atau mempunyai pendapat yang tidak sesuai dengan pendapat lain yang mereka pegang’. Kecemasan komunikasi terjadi dalam interaksi Informan I terhadap idola dengan parameter yang dialami bahwa secara physiological aspect dirinya mengalami perasaan deg-degan, keringat dingin serta tiba-tiba menangis karena luapan emosi, sementara untuk behavioral manifestation dan cognitive dimension tidak ditemukan. Informan I juga mengalami communicative disruption yang berupa stuttering atau berbicara dengan intonasi tidak jelas. Informan IV mengaku dirinya mengalami kecemasan komunikasi pada awal pertemuan pertama dengan idola. Communicative disruption berupa stuck for words serta tiba-tiba menangis dan mengulang kalimat yang sama ‘apakah ini mimpi?’ saat pertemuan pertama. Beberapa parameter kecemasan komunikasi yang mampu ditemukan dalam pengalamannya adalah secara physiological aspect dirinya merasa deg-degan, dan histeris, tidak ditemukan adanya cognitive dimension namun dalam behavioral manifestation dirinya membentuk sebuah self protector yang mendoktrin bahwa dia hanya akan menerima segala informasi dan pengetahuan yang menurut dia baik dan menolak menerima pengetahuan yang mengancam dan membuatnya merasa tidak nyaman serta kecewa. Hal ini juga sesuai dengan teori cognitive dissonance yang terdapat dalam diri Informan I, namun bedanya Informan IV menggunakan cognitive dissonance justru sebagai penangkal kecemasan komunikasi. Dengan adanya self protector Informan IV mengaku dirinya merasa lebih nyaman dalam beraktivitas sebagai fans karena dia tahu semua idola itu memiliki sisi baik dan sisi buruk, sehingga yang dia butuhkan hanya menerima sisi baik dan membiarkan sisi buruk mereka tanpa merasa takut akan kecewa. Informan III juga mengalami kecemasan komunikasi dalam interaksi langsungnya dengan idola. Berdasarkan trait personal dari informan, anxiety muncul dari adanya strong negative expectation yaitu pada saat fanmeet berlangsung dia histeris dan deg-degan karena akan berhadapan langsung dengan idola dan sentuhan tangan, tapi saat berhadapan langsung justru deg-degan hilang dan terasa biasa seperti menghadapi teman lama. Informan III tidak mengalami outcomes berupa communicative disruption yang jelas namun dia mengalami beberapa parameter dari CA seperti physiological aspect berupa deg-degan, keringat dingin, panik dan cognitive dimension yang berupa merasa minder karena bentuk badannya yang lebih kecil dari fans lain, merasa idola tak akan memberi perhatian kepada dirinya. Sementara behavioral manifestation tidak ada. Informan III merasa minder dengan fans lain yang memiliki penampilan lebih tinggi dan dinilai lebih menarik dari dirinya, sehingga dia takut idolanya tidak akan menanggapi atau memberinya perhatian. Pertemuan pertama yang akan Informan III hadapi dengan idola juga sarat dengan ketidakpastian, Informan III masih menduga-duga seperti apakah tanggapan dari idola yang akan dia terima nanti ketika sesi high-five dan jabat tangan berlangsung. Karena ketidakpastian tersebut kemudian timbul suatu kecemasan komunikasi, apakah nantinya idola yang dia hadapi ramah? Apakah dia bisa menerima perhatian dan segala perasaaan cintanya yang disampaikan melalui bingkisan serta ucapan dalam bahasa inggris? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat Informan III gugup dan berkeringat dingin. Namun kecemasan komunikasi tersebut mampu diatasi seiring dengan hilangnya ketidakpastian yang ditakutkan. Tanggapan bagus yang Informan III terima saat berkontak mata membuatnya merasa sedikit tenang sehingga segala kegugupan dan perasaan kacau yang dia alami sesaat sebelum sesi high-five pun sirna. Bentuk outcomes dari CA yang Informan II alami adalah communicative disruption yang berupa stuck for words atau hanya bengong dan membeku di tempat sementara fansfans lain di sekitarnya berusaha menarik perhatian idola. CA muncul pada Informan II ketika dia berhadapan dengan seseorang yang dia anggap lebih tinggi posisinya dari dirinya, dalam hal ini Informan II selalu berpikir jika idolanya tersebut seolah adalah tokoh dunia khayalan yang hidup di dunia yang berbeda dengan dunia tempat dia hidup. Beberapa parameter CA yang dialami bisa dilihat dari physiological aspect berupa perasaan deg-degan, badan membeku serta terasa kaku, dan tangan gemetar. Sementara parameter lain yang berupa behavioral manifestation bisa dilihat dari caranya menghindari interaksi dengan idola dengan tidak menarik perhatian si idola tersebut (avoiding communication) dan parameter cognitive dimension tidak ditemukan. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, menurut McCroskey (1977b) (dalam Honeycutt, Choi dan DeBerry, 2009), kecemasan komunikasi dapat didefinisikan sebagai sebuah level ketakutan atau kecemasan individu dengan komunikasi, yang terjadi serta yang sedang diantisipasi, dengan orang lain atau orang banyak. Kunci penting dalam pernyatan tersebut adalah ‘komunikasi yang diantisipasi’, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa kecemasan yang disebabkan oleh komunikasi yang akan terjadi bisa sekuat interaksi sebenarnya. Kalimat pengandaian, perasaan mengantisipasi, kesan pertama, merupakan kualitas-kualitas dari Imagined interaction (IIs). Honeycutt (2003) mendefinisikan Imagine Interaction sebagai proses kognisi sosial di mana seseorang membayangkan dan oleh karena itu secara tidak langsung telah memiliki pengalaman dalam mengantisipasi ataupun interaksi komunikasi dengan orang lain. Dalam definisi tersebut, dapat dilihat bahwa kecemasan komunikasi dapat memiliki hubungan dengan Imagined Interaction, karena seseorang mampu terpengaruh secara langsung oleh pengalamannya sendiri dalam mengantisipasi sebuah interaksi melalui imajinasinya atau imajinasi orang lain. Jika Honeycutt mengungkapkan bahwa interaksi yang dibayangkan mampu mengurangi tingkat kecemasan yang terjadi sehubungan dengan interaksi nyata yang akan terjadi, maka dalam pengalaman Informan II semua itu justru berbanding terbalik. Semua proses-proses Imagined Interactions yang Informan II alami tak mampu mengurangi kecemasannya ketika hendak bertemu dengan idolanya. Nyatanya kecemasan komunikasi yang Informan II alami justru terlihat paling kuat sehingga dirinya hanya bisa membeku dan cenderung menghindari kontak mata atau perhatian si idola. Informan V telah berulang kali bertemu dengan idolanya dalam suatu konser. Bahakan Informan V juga mengikuti konser artis lain yang bukan idolanya karena ajakan teman atau promosi harga yang murah. Kecemasan komunikasi terjadi pada saat awal pertemuan pertama dengan parameter kecemasan komunikasi yang dialami Informan V untuk physiological aspect berupa histeris. Untuk behavioral manifestation dan cognitive dimension tidak ditemukan. Communicative disruption terjadi saat teriakannya ditanggapi oleh idola dengan tatapan mata atau senyuman ke arahnya, biasanya berupa gagap dan menjadi semakin berteriak histeris. Informan V telah berkali-kali mengikuti konser sehingga perasaan degdegan karena cemas berganti dengan perasaan deg-degan karena antusias dan terbawa kehebohan suasana konser. Dari sini dapat ditarik kesimpulan jika ternyata kecemasan komunikasi tidak hanya terjadi pada interaksi yang sedang terjadi atau yang diantisipasi, melainkan terjadi variasi kecemasan komunikasi dalam penerimaan feedback. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa beberapa penyebab munculnya kecemasan komunikasi dalam interaksi langsung antara fans terhadap idola adalah sebagai berikut: a) Perubahan media interaksi yang dilakukan dari computer mediated communication menjadi interaksi tatap muka menyebabkan adanya perasaan yang awalnya dekat namun tiba-tiba merasa seolah menjadi sosok anonim yang asing. b) Meskipun Honeycutt (2003) telah mengemukakan hasil riset bahwa imagined interaction mampu mengurangi adanya kecemasan komunikasi yang timbul, namun ternyata justru imagined interaction yang berlebihan pun juga mampu menjadi penyebab seseorang mengalami kecemasan komunikasi. c) Adanya perasaan ketidakpastian yang timbul terhadap sosok idola yang akan ditemui atau ketidakpastian akan komunikasi yang sedang diantisipasi oleh fans. d) Adanya kasus istimewa, bahwa sosok idola memberi feedback terhadap umpanumpan yang dilontarkan juga memicu adanya kecemasan komunikasi. Dari semua kecemasan komunikasi yang terjadi, dapat dikelompokkan menjadi dua tipe kecemasan komunikasi. Informan I, II, III, dan IV mengalami kecemasan komunikasi karena siapa yang mereka hadapi sementara Informan V mengalami kecemasan komunikasi karena apa yang dia dapatkan dari idola, yaitu adanya perhatian yang tidak biasa dari orang lain. Jadi bisa dikatakan Informan I, II, III, dan IV mengalami audience-based CA, bahwa kecemasan komunikasi yang dialami terjadi karena dia berkomunikasi dengan tipe-tipe orang tertentu (idola) tanpa memandang waktu atau konteks. Sementara Informan V mengalami situational CA, karena kecemasan komunikasi yang dia alami berhubungan dengan situasi ketika dirinya mendapatkan perhatian yang tidak biasa (unusual) dari orang lain (idola). Dari semua deskripsi tersebut, mampu dirangkum pernyataan jika ternyata tipe media interaksi dan perbedaan pola interaksi langsung yang dilakukan tidak berpengaruh pada adanya tipe-tipe kecemasan komunikasi yang terjadi. Penutup Pembahasan tentang temuan studi ini menghasilkan beberapa hal yang dapat disimpulkan, yaitu: 1) Communication apprehension atau kecemasan komunikasi, yang didefinisikan sebagai ketakutan atau kecemasan terkait dengan komunikasi langsung atau komunikasi yang akan dan sedang dilakukan dengan orang lain, pada kenyataannya dialami oleh siapa saja tak terkecuali oleh fans. Perubahan media interaksi yang dilakukan dari computer mediated communication menjadi interaksi tatap muka menyebabkan adanya perasaan yang awalnya dekat namun tiba-tiba merasa seolah menjadi sosok anonim yang asing. 2) Kecemasan komunikasi yang terjadi dalam interaksi fans cenderung disebabkan oleh adanya ketidakpastian yang terjadi terkait dengan komunikasi yang sedang berlangsung atau yang sedang diantisipasi. Ketika ketidakpastian di antara fans dan idola tersebut mampu diatasi maka kecemasan komunikasi yang dialami juga mampu teratasi dengan lancar. 3) Beberapa poin khusus yang terjadi mampu menggeser titik penyebab kecemasan komunikasi tak lagi karena ketidakpastian, namun justru karena disonansi kognitif dan imagine interaction yang mereka ciptakan dalam benak individu itu sendiri. Hal menarik lainnya adalah, dalam beberapa penelitian terdahulu, imagine interaction justru dimunculkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi kecemasan komunikasi yang terjadi sementara dalam studi ini ditemukan bahwa imagined interaction merupakan salah satu penyebab munculnya kecemasan yang terjadi. Dalam studi ini juga ditemukan jika disonansi kognitif, selain menjadi salah satu penyebab adanya kecemasan komuniaksi yang terjadi, juga mampu digunakan sebagai solusi untuk mengurangi kecemasan yang dialami. 4) Kecemasan komunikasi tak hanya terjadi pada komunikasi yang diantisipasi atau sedang berlangsung, namun juga pada saat timbul feedback dari umpanumpan yang diberikan oleh fans. 5) Perbedaan media interaksi yang digunakan, dari computer mediated communication menjadi interaksi langsung tatap muka, bisa memicu timbulnya kecemasan namun tidak berpengaruh terhadap tipe-tipe kecemasan komunikasi yang terjadi. Daftar Rujukan Buku dan E-Book Griffin, EM. (2012). A First Look at Communication Theory, Eighth Edition. New York: Mc Graw Hill. Hills, Matt. (2002). Fan Cultures. New york: Routledge. Honeycutt, J. M. (2003). Imagined Interactions: Daydreaming About Communication. Cresskill, New Jersey: Hampton. Husserl, Edmund. (1970). Logical Investigations (J.N. Findlay. Trans.) (vol. 1). New York: Humanities press. Jenkins, Henry. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York: Routledge, Chapman and Hall. Lewis, Glen and Christina Slade. (1994). Critical Communication. Australia: Prentice Hall Australia. Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. (2008). Theories of Human Communication: International Student Edition. USA: Thomson Wadsworth. Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Morreale, Sherwyn P. Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge. Julia T. Wood, Sarah J. Tracy. (2004). Introduction to Human Communication: the Hugh Down School of Human Communication. Arizona, USA: Wadsworth Group. Moustakas, Clark. (1994). Phenomenological Research Method. Beverly Hills, CA: SAGE Publications. Artikel atau Bab dalam Buku Honeycutt, James M, Charles W. Choi, and John R. DeBerry (2009). Communication Apprehension and Imagined Interactions. Dalam Communication Research Reports vol.26, No. 3 (228-236). New York: Routledge. McCroskey, J.C. (1982a). Oral Communication Apprehension: A Reconceptualization. Dalam M. Burgoon (Ed.), Communication Yearbook 6 (136-170). Beverly Hills, CA: Sage Publishers. McCroskey, James C. (1984). The communication apprehension perspective. dalam J. A. Daly, and J. C. McCroskey (Eds.), Avoiding communication: Shyness, reticence, and communication, (pp. 13- 38). Beverly Hills, CA: SAGE Publications. McCroskey, J. C. And Beatty, M. J. (1986). Oral Communication Apprehension. Dalam W. H. Jones, J. M. Cheek, & S. R. Briggs (Eds.), Shyness: Perspectives on Research and Treatment (279-293). New York : Plenum Press. Jurnal dan Artikel Media Massa McCroskey,J.C. (1977). Oral Communication Apprehension: A summary of Recent Theory and Research. Human Communication Research, 4,(78-96). McCroskey J.C. (2009). Communication Apprehension: What We Have Learned in the Last Four Decades. Human Communication Research 12(2), (179-187). }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/2843} }
Refworks Citation Data :
KECEMASAN KOMUNIKASI (COMMUNICATION APPREHENSION)FANS DALAM INTERAKSI LANGSUNG DENGAN IDOLA(Studi Terhadap Fans Korean Pop di Indonesia)Rika Kurniawati1Abstrak:Kpop berasal dari musik pop Korea yang telah dimodernisasi dengan sedikit gaya Western sepertihiphop atau rock. Permasalahan yang ingin diselidiki dalam penelitian ini adalah mengapa kecemasankomunikasi muncul di dalam interaksi fans dengan idolanya, faktor-faktor apa yang mempengaruhidan tipe-tipe kecemasan yang terjadi sehubungan dengan perubahan media interaksi yangdilakukan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjelaskan mengenai kecemasankomuniaksi yang terjadi, faktor-faktor yang berpengaruh di dalamnya serta tipe-tipe kecemasankomunikasi yang terjadi sehubungan dengan adanya perubahan media interaksi. Denganmenggunakan metoda fenomenologi, penulis berusaha menjawab permasalahan tersebut denganmenggunakan teori kecemasan komunikasi sebagai salah satu penghambat dalam prosesberkomunikasi dan kajian fans dan fandom. Sementara obyek penelitian adalah lima orang fans yangbersedia menjadi informan dengan latar belakang pendidikan yang berbeda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kecemasan yang terjadi sangat bervariasi pada semua informan. Kecemasankomunikasi yang terjadi dalam interaksi fans cenderung disebabkan oleh adanya ketidakpastian yangterjadi terkait dengan komunikasi yang sedang berlangsung atau yang sedang diantisipasi. Perbedaanmedia interaksi yang digunakan, dari computer mediated communication menjadi interaksi langsungtatap muka, bisa memicu timbulnya kecemasan namun tidak berpengaruh terhadap tipe-tipekecemasan komunikasi yang terjadi.Key Words: Kecemasan Komunikasi; fans, fandom, dan kajian fans; pengurangan ketidakpastianAbstract:Kpop is the Korean pop music which has been modernized with a Western style such as hip-hop orrock.. The problems investigated in this study is why communication anxiety appears in theinteraction with the fans of his idol, the factors that affect and the types of anxiety that occurs inconnection with the changes made of media interaction.The objectives of this research is to explainthe communication anxiety happens, the factors that influence in it as well as the types ofcommunication anxiety that occurs in connection with a change of media interaction.By using aphenomenological method, the authors sought to answer these problems by using the theory ofcommunication anxiety as one of the obstacles in the process of communicating and study fans andfandom. While the object of the study is five fans who are willing to become informants with differenteducational backgrounds.The results showed that the anxiety occurs with varies greatly in allinformants. Communication anxiety that occurs in the interaction of fans likely to be caused by theuncertainties that occur related to the ongoing communications or are anticipated. Differences in theinteraction of media used, from computer mediated communication to face-to-face direct interaction,can lead to anxiety, but had no effect on the types of communication that occur anxiety.Key words: Communications apprehension; anxiety; fans, fandom and fans studies; uncertainty.1 Mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro angkatan tahun 2008 PendahuluanCommunication Apprehension sendiri seringkali diartikan sebagai perasaan takut,gugup dan cemas ketika hendak berkomunikasi dan atau berinteraksi dengan orang lain.Selama ini fans Kpop yang ada di Indonesia hanya berinteraksi dengan idola mereka melaluimedia online/SNS (social networking system) seperti Twitter, Cyworld, Me2day, Weibo dll.Kesempatan untuk bertemu langsung dengan idola tentu saja tidak sebanyak fans lain yangada di Korea secara langsung.Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah sebagai berikut,mengapa CA terjadi dan muncul pada fans Kpop dengan idolanya dalam interaksikomunikasi mereka? Kemudian faktor apa saja yang menyebabkan seorang fans mengalamikecemasan berkomunikasi? Lalu dengan adanya perubahan media interaksi dan pola interaksiyang dilakukan, pengaruh apa yang muncul di dalam tipe kecemasan berkomunikasi yangdialami oleh individu?Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena kecemasan komunikasi antarafans terhadap idolanya, mendeskripsikan penyebab munculnya kecemasan berkomunikasiseorang fans serta mendeskripsikan mengenai perbedaan media interaksi yang digunakansebelumnya dan pola interaksi langsung yang terjadi dengan tipe-tipe kecemasanberkomunikasi yang dialami.Dalam berkomunikasi tatap muka, seringkali ditemui adanya kecemasan komunikasiseorang individu terhadap individu lainnya.Ada 4 (empat) jenis kecemasan komunikasi yang dapat diidentifikasi, yaitu:1. Traitlike CA, merupakan kecenderungan kecemasan komunikasi yang relatifstabil dan panjang waktunya ketika seseorang dihadapkan pada berbagai kontekskomunikasi.2. Context-based CA, yaitu kecemasan komunikasi yang muncul ketika individuindividuharus berbicara di depan umum (public speaking), tetapi dia tidakmengalami kecemasan pada tipe-tipe komunikasi yang lain. Atau dalam istilahlain, kecemasan komunikasi yang dialami oleh tipe ini akan berubah konteksnya.3. Audience-based CA, merupakan kecemasan komunikasi yang dialami olehseseorang ketika ia berkomunikasi dengan tipe-tipe orang tertentu tanpamemandang waktu atau konteks.4. Situational CA, merupakan kecemasan komunikasi yang berhubungan dengansituasi ketika seseorang mendapatkan perhatian yang tidak biasa (unusual) dariorang lain.Fans adalah seseorang yang memiliki ketertarikan yang loyal pada suatu hal(Jenkins, 2002). Mat Hills (Fans Cultures, 2002) mendefinisikan fans sebagai seseorang yangterobsesi dengan bintang, selebriti, film, acara TV atau band; seseorang yang bisamenghasilkan penyebaran informasi di dalam fandom mereka, dan mampu menyitir kalimatatau lirik, bab dan sajak favorit. MetodaTipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untukmenjelaskan fenomena melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Subjek penelitian adalah para fansKpop di Indonesia tanpa terkait batasan tempat. Pemilihan informan akan dilakukan denganmemperhatikan kualifikasi bahwa calon informan tersebut sudah menjadi fans Kpop minimalselama satu tahun dan sudah pernah bertemu dengan idolanya secara langsung baik melaluikonser maupun acara-acara lainnya.Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam (indepth interview) dengan informan. Sementara proses analisis dan interpretasi datamenggunakan metode yang dikemukakan oleh Von Eckartsberg (1986)(dalam Moustakas,1994) yang melibatkan tahapan sebagai berikut:1. Permasalahan dan Perumusan Pertanyaan Penelitian (The Problem and QuestioningFormulation: The Phenomenon).2. Data yang menghasilkan situasi: Teks Pengalaman Kehidupan (The data generatingSituation:The Protocol Life Text).3. Analisis data: Eksplikasi dan Interpretasi (The Data Analysis: Explication andInterpretating) Hasil PenelitianPemilihan informan berdasarkan 5 orang informan dengan pembagian 2 informanmelalui wawancara langsung sementara 3 informan lainnya dengan wawancara melaluichatting.Informan I dan IV menempatkan idola sebagai sosok teman dan atau saudara yangharus didukung dan sesekali dikritik dengan candaan, namun Informan III dan V masihmenempatkan sosok idola sebagai orang asing yang memiliki jarak dengan mereka meskipunsebagai fans. Informan II mengaku malah kadang dirinya menganggap jika sosok-sosok yangdia lihat di layar kaca atau laptop itu hanyalah tokoh rekaan atau khayalan yang tak mungkinbisa dia temui secara nyata di hidupnya.Bentuk outcomes dari CA yang dialami oleh informan adalah communicativedisruption yang berupa terbata-bata atau stuttering, stuck for words atau hanya bengong danmembeku di tempat sementara fans-fans lain di sekitarnya berusaha menarik perhatian idola,serta talking too much atau bisa dikategorikan dalam kata histeris.Informan I, II, IV dan V mengalami CA berdasarkan pada trait-trait situationalkarena mereka mengantisipasi interaksi dengan orang lain sementara Informan III mengalamiCA berdasarkan trait personal yaitu anxiety muncul dari adanya strong negative expectationterhadap idola yang nantinya hendak berinteraksi langsung dengan dirinya.Informan I dan IV seolah membentuk sebuat self protector dengan mengungkapkanjika mereka tidak berharap muluk-muluk akan idola yang mengenal mereka secara personaldan bahkan menjadi pasangan mereka. Informan II masih merasakan jarak antara dirinya danidola sehingga saat dirinya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan idola dirinya justrumembeku dan cenderung menghindari kontak atau interaksi yang mungkin timbul. InformanIII merasakan hal yang sama dengan Informan II, namun dirinya mampu mengatasi perasaantersebut pada saat Informan III berada di depan idolanya tepat dan melakukan interaksi yanglebih intens seperti percakapan singkat, kontak mata dan high-five serta jabatan tangan.Informan V mengaku dirinya sudah merasa biasa saat menghadiri konser karenasudah terhitung berkali-kali dia mengikuti konser idola Kpop kesukaannya. Informan Vmengatakan jika dirinya merasa deg-degan dan makin histeris justru ketika teriakannyaditanggapi oleh idolanya dan mereka melihat ke arah posisi Informan V dalam arena konsertersebut. PembahasanBerdasarkan temuan hasil penelitian, kecemasan komunikasi terjadi dalam faseperubahan interaksi antara fans terhadap idola yang berawal dari interaksi tak langsung danlangsung melalui media online ke interaksi langsung yang berupa komunikasi tatap mukadengan berbagai variasi.Informan I dan Informan IV menyaring segala informasi dan pengetahuan tentangidola yang diterimanya setiap hari dengan cara yang berbeda. Informan I menempatkanstandar humanis bagi idolanya, dalam artian dia menganggap idolanya sebagai seorangsaudara dan sahabat, bahwa seorang idola juga membutuhkan sosok pendamping hidupnantinya, dan bahwa dia hanya sebagai fans dan bukan kekasih mereka. Dengan pikiranpikirantersebut Informan I berusaha melindungi dirinya sendiri dari rasa kecewa dan jugamenunjukkan batas penerimaan penuh atas idolanya sebagai seorang manusia, bukan hanyaperformer di atas panggung. Leon Festinger (dalam West & Turner, 2009) menamakanperasaan yang tidak seimbang ini sebagai disonansi kognitif atau cognitive dissonance. Halini merupakan perasaan yang dimiliki oleh orang ketika mereka ‘menemukan diri merekasendiri melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ketahui, ataumempunyai pendapat yang tidak sesuai dengan pendapat lain yang mereka pegang’.Kecemasan komunikasi terjadi dalam interaksi Informan I terhadap idola dengan parameteryang dialami bahwa secara physiological aspect dirinya mengalami perasaan deg-degan,keringat dingin serta tiba-tiba menangis karena luapan emosi, sementara untuk behavioralmanifestation dan cognitive dimension tidak ditemukan. Informan I juga mengalamicommunicative disruption yang berupa stuttering atau berbicara dengan intonasi tidak jelas.Informan IV mengaku dirinya mengalami kecemasan komunikasi pada awalpertemuan pertama dengan idola. Communicative disruption berupa stuck for words sertatiba-tiba menangis dan mengulang kalimat yang sama ‘apakah ini mimpi?’ saat pertemuanpertama. Beberapa parameter kecemasan komunikasi yang mampu ditemukan dalampengalamannya adalah secara physiological aspect dirinya merasa deg-degan, dan histeris,tidak ditemukan adanya cognitive dimension namun dalam behavioral manifestation dirinyamembentuk sebuah self protector yang mendoktrin bahwa dia hanya akan menerima segalainformasi dan pengetahuan yang menurut dia baik dan menolak menerima pengetahuan yangmengancam dan membuatnya merasa tidak nyaman serta kecewa. Hal ini juga sesuai denganteori cognitive dissonance yang terdapat dalam diri Informan I, namun bedanya Informan IVmenggunakan cognitive dissonance justru sebagai penangkal kecemasan komunikasi. Denganadanya self protector Informan IV mengaku dirinya merasa lebih nyaman dalam beraktivitassebagai fans karena dia tahu semua idola itu memiliki sisi baik dan sisi buruk, sehingga yangdia butuhkan hanya menerima sisi baik dan membiarkan sisi buruk mereka tanpa merasatakut akan kecewa.Informan III juga mengalami kecemasan komunikasi dalam interaksi langsungnyadengan idola. Berdasarkan trait personal dari informan, anxiety muncul dari adanya strongnegative expectation yaitu pada saat fanmeet berlangsung dia histeris dan deg-degan karenaakan berhadapan langsung dengan idola dan sentuhan tangan, tapi saat berhadapan langsungjustru deg-degan hilang dan terasa biasa seperti menghadapi teman lama. Informan III tidakmengalami outcomes berupa communicative disruption yang jelas namun dia mengalamibeberapa parameter dari CA seperti physiological aspect berupa deg-degan, keringat dingin,panik dan cognitive dimension yang berupa merasa minder karena bentuk badannya yanglebih kecil dari fans lain, merasa idola tak akan memberi perhatian kepada dirinya. Sementarabehavioral manifestation tidak ada.Informan III merasa minder dengan fans lain yang memiliki penampilan lebih tinggidan dinilai lebih menarik dari dirinya, sehingga dia takut idolanya tidak akan menanggapiatau memberinya perhatian. Pertemuan pertama yang akan Informan III hadapi dengan idolajuga sarat dengan ketidakpastian, Informan III masih menduga-duga seperti apakahtanggapan dari idola yang akan dia terima nanti ketika sesi high-five dan jabat tanganberlangsung. Karena ketidakpastian tersebut kemudian timbul suatu kecemasan komunikasi,apakah nantinya idola yang dia hadapi ramah? Apakah dia bisa menerima perhatian dansegala perasaaan cintanya yang disampaikan melalui bingkisan serta ucapan dalam bahasainggris? Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat Informan III gugup dan berkeringatdingin.Namun kecemasan komunikasi tersebut mampu diatasi seiring dengan hilangnyaketidakpastian yang ditakutkan. Tanggapan bagus yang Informan III terima saat berkontakmata membuatnya merasa sedikit tenang sehingga segala kegugupan dan perasaan kacauyang dia alami sesaat sebelum sesi high-five pun sirna.Bentuk outcomes dari CA yang Informan II alami adalah communicative disruptionyang berupa stuck for words atau hanya bengong dan membeku di tempat sementara fansfanslain di sekitarnya berusaha menarik perhatian idola. CA muncul pada Informan II ketikadia berhadapan dengan seseorang yang dia anggap lebih tinggi posisinya dari dirinya, dalamhal ini Informan II selalu berpikir jika idolanya tersebut seolah adalah tokoh dunia khayalanyang hidup di dunia yang berbeda dengan dunia tempat dia hidup. Beberapa parameter CAyang dialami bisa dilihat dari physiological aspect berupa perasaan deg-degan, badanmembeku serta terasa kaku, dan tangan gemetar. Sementara parameter lain yang berupabehavioral manifestation bisa dilihat dari caranya menghindari interaksi dengan idola dengantidak menarik perhatian si idola tersebut (avoiding communication) dan parameter cognitivedimension tidak ditemukan.Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, menurut McCroskey (1977b) (dalamHoneycutt, Choi dan DeBerry, 2009), kecemasan komunikasi dapat didefinisikan sebagaisebuah level ketakutan atau kecemasan individu dengan komunikasi, yang terjadi serta yangsedang diantisipasi, dengan orang lain atau orang banyak. Kunci penting dalam pernyatantersebut adalah ‘komunikasi yang diantisipasi’, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwakecemasan yang disebabkan oleh komunikasi yang akan terjadi bisa sekuat interaksisebenarnya. Kalimat pengandaian, perasaan mengantisipasi, kesan pertama, merupakankualitas-kualitas dari Imagined interaction (IIs). Honeycutt (2003) mendefinisikan ImagineInteraction sebagai proses kognisi sosial di mana seseorang membayangkan dan oleh karenaitu secara tidak langsung telah memiliki pengalaman dalam mengantisipasi ataupun interaksikomunikasi dengan orang lain. Dalam definisi tersebut, dapat dilihat bahwa kecemasankomunikasi dapat memiliki hubungan dengan Imagined Interaction, karena seseorang mamputerpengaruh secara langsung oleh pengalamannya sendiri dalam mengantisipasi sebuahinteraksi melalui imajinasinya atau imajinasi orang lain. Jika Honeycutt mengungkapkanbahwa interaksi yang dibayangkan mampu mengurangi tingkat kecemasan yang terjadisehubungan dengan interaksi nyata yang akan terjadi, maka dalam pengalaman Informan IIsemua itu justru berbanding terbalik. Semua proses-proses Imagined Interactions yangInforman II alami tak mampu mengurangi kecemasannya ketika hendak bertemu denganidolanya. Nyatanya kecemasan komunikasi yang Informan II alami justru terlihat paling kuatsehingga dirinya hanya bisa membeku dan cenderung menghindari kontak mata atauperhatian si idola.Informan V telah berulang kali bertemu dengan idolanya dalam suatu konser.Bahakan Informan V juga mengikuti konser artis lain yang bukan idolanya karena ajakanteman atau promosi harga yang murah. Kecemasan komunikasi terjadi pada saat awalpertemuan pertama dengan parameter kecemasan komunikasi yang dialami Informan V untukphysiological aspect berupa histeris. Untuk behavioral manifestation dan cognitive dimensiontidak ditemukan. Communicative disruption terjadi saat teriakannya ditanggapi oleh idoladengan tatapan mata atau senyuman ke arahnya, biasanya berupa gagap dan menjadi semakinberteriak histeris. Informan V telah berkali-kali mengikuti konser sehingga perasaan degdegankarena cemas berganti dengan perasaan deg-degan karena antusias dan terbawakehebohan suasana konser. Dari sini dapat ditarik kesimpulan jika ternyata kecemasankomunikasi tidak hanya terjadi pada interaksi yang sedang terjadi atau yang diantisipasi,melainkan terjadi variasi kecemasan komunikasi dalam penerimaan feedback.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa beberapa penyebab munculnya kecemasankomunikasi dalam interaksi langsung antara fans terhadap idola adalah sebagai berikut:a) Perubahan media interaksi yang dilakukan dari computer mediated communicationmenjadi interaksi tatap muka menyebabkan adanya perasaan yang awalnya dekatnamun tiba-tiba merasa seolah menjadi sosok anonim yang asing.b) Meskipun Honeycutt (2003) telah mengemukakan hasil riset bahwa imaginedinteraction mampu mengurangi adanya kecemasan komunikasi yang timbul, namunternyata justru imagined interaction yang berlebihan pun juga mampu menjadipenyebab seseorang mengalami kecemasan komunikasi.c) Adanya perasaan ketidakpastian yang timbul terhadap sosok idola yang akan ditemuiatau ketidakpastian akan komunikasi yang sedang diantisipasi oleh fans.d) Adanya kasus istimewa, bahwa sosok idola memberi feedback terhadap umpanumpanyang dilontarkan juga memicu adanya kecemasan komunikasi.Dari semua kecemasan komunikasi yang terjadi, dapat dikelompokkan menjadi duatipe kecemasan komunikasi. Informan I, II, III, dan IV mengalami kecemasan komunikasikarena siapa yang mereka hadapi sementara Informan V mengalami kecemasan komunikasikarena apa yang dia dapatkan dari idola, yaitu adanya perhatian yang tidak biasa dari oranglain. Jadi bisa dikatakan Informan I, II, III, dan IV mengalami audience-based CA, bahwakecemasan komunikasi yang dialami terjadi karena dia berkomunikasi dengan tipe-tipe orangtertentu (idola) tanpa memandang waktu atau konteks. Sementara Informan V mengalamisituational CA, karena kecemasan komunikasi yang dia alami berhubungan dengan situasiketika dirinya mendapatkan perhatian yang tidak biasa (unusual) dari orang lain (idola). Darisemua deskripsi tersebut, mampu dirangkum pernyataan jika ternyata tipe media interaksi danperbedaan pola interaksi langsung yang dilakukan tidak berpengaruh pada adanya tipe-tipekecemasan komunikasi yang terjadi.PenutupPembahasan tentang temuan studi ini menghasilkan beberapa hal yang dapatdisimpulkan, yaitu:1) Communication apprehension atau kecemasan komunikasi, yangdidefinisikan sebagai ketakutan atau kecemasan terkait dengan komunikasilangsung atau komunikasi yang akan dan sedang dilakukan dengan oranglain, pada kenyataannya dialami oleh siapa saja tak terkecuali oleh fans.Perubahan media interaksi yang dilakukan dari computer mediatedcommunication menjadi interaksi tatap muka menyebabkan adanya perasaanyang awalnya dekat namun tiba-tiba merasa seolah menjadi sosok anonimyang asing.2) Kecemasan komunikasi yang terjadi dalam interaksi fans cenderungdisebabkan oleh adanya ketidakpastian yang terjadi terkait dengankomunikasi yang sedang berlangsung atau yang sedang diantisipasi. Ketikaketidakpastian di antara fans dan idola tersebut mampu diatasi makakecemasan komunikasi yang dialami juga mampu teratasi dengan lancar.3) Beberapa poin khusus yang terjadi mampu menggeser titik penyebabkecemasan komunikasi tak lagi karena ketidakpastian, namun justru karenadisonansi kognitif dan imagine interaction yang mereka ciptakan dalambenak individu itu sendiri. Hal menarik lainnya adalah, dalam beberapapenelitian terdahulu, imagine interaction justru dimunculkan sebagai salahsatu cara untuk mengatasi kecemasan komunikasi yang terjadi sementaradalam studi ini ditemukan bahwa imagined interaction merupakan salah satupenyebab munculnya kecemasan yang terjadi. Dalam studi ini jugaditemukan jika disonansi kognitif, selain menjadi salah satu penyebab adanyakecemasan komuniaksi yang terjadi, juga mampu digunakan sebagai solusiuntuk mengurangi kecemasan yang dialami.4) Kecemasan komunikasi tak hanya terjadi pada komunikasi yang diantisipasiatau sedang berlangsung, namun juga pada saat timbul feedback dari umpanumpanyang diberikan oleh fans.5) Perbedaan media interaksi yang digunakan, dari computer mediatedcommunication menjadi interaksi langsung tatap muka, bisa memicutimbulnya kecemasan namun tidak berpengaruh terhadap tipe-tipekecemasan komunikasi yang terjadi.Daftar RujukanBuku dan E-BookGriffin, EM. (2012). A First Look at Communication Theory, Eighth Edition. New York: Mc GrawHill.Hills, Matt. (2002). Fan Cultures. New york: Routledge.Honeycutt, J. M. (2003). Imagined Interactions: Daydreaming About Communication. Cresskill, NewJersey: Hampton.Husserl, Edmund. (1970). Logical Investigations (J.N. Findlay. Trans.) (vol. 1). New York:Humanities press.Jenkins, Henry. (1992). Textual Poachers: Television Fans and Participatory Culture. New York:Routledge, Chapman and Hall.Lewis, Glen and Christina Slade. (1994). Critical Communication. Australia: Prentice Hall Australia.Littlejohn, Stephen W and Karen A. Foss. (2008). Theories of Human Communication: InternationalStudent Edition. USA: Thomson Wadsworth.Moleong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Morreale, Sherwyn P. Brian H. Spitzberg, J. Kevin Barge. Julia T. Wood, Sarah J. Tracy. (2004).Introduction to Human Communication: the Hugh Down School of Human Communication. Arizona,USA: Wadsworth Group.Moustakas, Clark. (1994). Phenomenological Research Method. Beverly Hills, CA: SAGEPublications.Artikel atau Bab dalam BukuHoneycutt, James M, Charles W. Choi, and John R. DeBerry (2009). Communication Apprehensionand Imagined Interactions. Dalam Communication Research Reports vol.26, No. 3 (228-236). NewYork: Routledge.McCroskey, J.C. (1982a). Oral Communication Apprehension: A Reconceptualization. Dalam M.Burgoon (Ed.), Communication Yearbook 6 (136-170). Beverly Hills, CA: Sage Publishers.McCroskey, James C. (1984). The communication apprehension perspective. dalam J. A. Daly, andJ. C. McCroskey (Eds.), Avoiding communication: Shyness, reticence, and communication, (pp. 13-38). Beverly Hills, CA: SAGE Publications.McCroskey, J. C. And Beatty, M. J. (1986). Oral Communication Apprehension. Dalam W. H. Jones,J. M. Cheek, & S. R. Briggs (Eds.), Shyness: Perspectives on Research and Treatment (279-293).New York : Plenum Press.Jurnal dan Artikel Media MassaMcCroskey,J.C. (1977). Oral Communication Apprehension: A summary of Recent Theory andResearch. Human Communication Research, 4,(78-96).McCroskey J.C. (2009). Communication Apprehension: What We Have Learned in the Last FourDecades. Human Communication Research 12(2), (179-187).
Last update:
Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.