skip to main content

HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI DOSEN DAN INTENSITAS KOMUNIKASI DALAM PEER GROUP, TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FEB UNDIP

*Yunie Kartika Sari Binti Choirul  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip
Hedi Pudjo Santoso  -  Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip

Citation Format:
Abstract
Latar belakang penelitian ini di dasari oleh pentingnya prestasi belajar yang di dapat oleh mahasiswa selama proses belajar mengajar, namun masih di dapati 41 mahasiswa FEB Undip yang mempunyai IPK dengan angka < 2,25. Membuat peneliti tertarik untuk mengkaji hubungan pola komunikasi dosen (X1) dan intensitas komunikasi dalam peer group (X2) terhadap prestasi belajar mahasiswa FEB Undip (Y) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola komunikasi dosen dan intensitas komunikasi dalam peer group terhadap pretasi belajar mahasiswa FEB Undip. Teori matematis dan teori kelompok rujukan digunakan untuk menjelaskan hubungan pola komunikasi dosen, intensitas komunikasi dalam peer group, terhadap prestasi belajar mahasiswa FEB Undip. Penelitian ini merupakan penelititian kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Sampel yang digunakan berjumlah 88 mahasiswa S1 FEB Undip angkatan 2016, dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian dari analisis Kendall Tau_b menjelaskan bahwa pola komunikasi dosen dan prestasi mahasiswa FEB Undip menghasilkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi 0,501. Hal ini dapat diartikan kedua variable tersebut memiliki hubungan yang positif dengan keeratan kuat. Sedangkan, hasil intensitas komunikasi dalam peer group dengan prestasi belajar mahasiswa FEB Undip memiliki nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasi 0,416. Hal ini dapat diartikan kedua variable tersebut memiliki hubungan yang positif dengan keeratan kuat. Dengan hasil tersebut penelitian ini kemudian memberikan saran kepada dosen dan kelompok pertemanan mahasiswa untuk dapat lebih meningkatkan dan memberikan motivasi dalam mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik.
Fulltext View|Download
Keywords: pola komunikasi dosen, intensitas komunikasi, peer group, pretasi belajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.