SIKAP MEDIA ONLINE KOMPAS.COM TERHADAP PEMBERITAAN BASUKI TJAHAJA PURNAMA

Indra Adi Anggoro, Drs. Joyo Nur Suryanto Gono, M.Si

Abstract


Kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah menjadi sorotan media massa nasional. Banyak sekali polemik yang terjadi sepanjang peristiwa ini. Berbagai media massa nasional ikut memberitakan kasus ini dengan berbagai macam sudut pandang begitu juga dengan Kompas.com. Setiap media adalah agen konstruksi realitas, mereka mengemas dan menyajikan sebuah peristiwa sesuai dengan kepentingan masing-masing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui realitas sosial seperti apa yang ingin disajikan Kompas.com terkait pemberitaan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Analisis yang digunakan adalah analisis framing oleh Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki. Analisis ini mempunyai empat perangkat framing yaitu Sintaksis, Skrip, Tematis dan Retoris. Sementara teori yang digunakan adalah Teori Konstruksi Sosial oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori agenda setting untuk menjelaskan fenomena pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama oleh Kompas.com ini. Hasil dari penelitian ini ialah Kompas.com cenderung memberitakan bahwa kasus dugaan penistaan agama ini hanyalah salah satu upaya untuk menjegal Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. Di sisi lain terdapat juga pemberitaan mengenai banyaknya masyarakat yang masih menaruh simpati dan dukungan kepada Basuki meski ia telah ditetapkan sebagai tersangka.

Keywords


Ahok, Basuki Tjahaja Purnama, Framing, Media Massa, Penistaan Agama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Interaksi Online, is published by Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Jln. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275; Telp. (024)7460056, Fax: (024)7460055


Creative Commons License
Interaksi Online by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/interaksi-online is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



Lihat Statistik Pengunjung